Sukses

Stok Global Susut, Harga Minyak Mentah Naik ke USD 78 per Barel

Harga minyak mentah AS naik pada hari Rabu setelah stok domestik turun lebih dari yang diperkirakan.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah AS naik pada hari Rabu setelah stok domestik turun lebih dari yang diperkirakan.

Di AS, persediaan minyak mentah komersial, tidak termasuk cadangan minyak bumi strategis, turun 2,5 juta barel pada minggu lalu, menurut data yang dirilis oleh Badan Informasi Energi (EIA).

Angka ini dibandingkan dengan penurunan sebesar 543.000 barel yang diperkirakan berdasarkan jajak pendapat para analis oleh Reuters.

Harga minyak turun di awal sesi setelah Badan Energi Internasional (IEA) memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan global sebesar 140.000 barel per hari menjadi 1,1 juta barel per hari karena melemahnya permintaan di negara-negara maju pada kuartal pertama.

Minyak AS dan Brent masing-masing turun 4% dan 5,82% untuk bulan ini.

Berikut adalah harga energi penutupan hari Rabu dikutip dari CNBC, Kamis (16/5/2024):

  • Kontrak West Texas Intermediate Juni: USD 78,63 per barel, naik 61 sen, atau 0,78%. Sampai saat ini, minyak mentah AS telah naik 9,7%.
  • Kontrak Brent Juli: USD 82,75 per barel, naik 37 sen, atau 0,45%. Sampai saat ini, benchmark global telah menguat 7,4%.
  • Kontrak RBOB Bensin bulan Juni: USD 2,50 per galon, naik 1,51%. Sampai saat ini, harga minyak mentah berjangka telah naik sekitar 19%.
  • Kontrak Gas Alam bulan Juni: USD 2,41 per seribu kaki kubik, naik 3,07%. Sampai saat ini, gas telah hilang sekitar 4%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Minyak Global

Persediaan minyak mentah global melonjak pada bulan Maret sebesar 34,6 juta barel karena gangguan perdagangan mendorong minyak di perairan ke titik tertinggi pascapandemi, menurut IEA.

Pengiriman minyak telah dialihkan tahun ini karena serangan militan Houthi yang berbasis di Yaman terhadap pengiriman melalui Laut Merah.

Persediaan terus meningkat pada bulan April karena minyak di perairan dibuang ke darat, sehingga menyebabkan peningkatan stok di darat, menurut IEA.

OPEC+ kemungkinan akan mencermati persediaan global untuk mengukur keseimbangan antara pasokan dan permintaan pada pertemuan bulan Juni, menurut IEA.

Beberapa anggota OPEC+ telah menerapkan pengurangan produksi sukarela sebesar 2,2 juta barel per hari untuk mendukung harga minyak mentah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.