Sukses

Viral Keponakan Jokowi Jadi Manajer di Pertamina, Lewat Orang Dalem atau Profesional?

Viral keponakan Presiden Jokowi atas nama Bagaskara Ikhlasulla Arif bekerja di PT Pertamina dengan jabatan manajer. Berikut artikel mengenai kronologi masuknya keponakan Jokowi di Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) membenarkan kabar yang menyebutkan bahwa Bagaskara Ikhlasulla Arif selaku saudara Presiden Joko Widodo atau keponakan Jokowi, memperoleh jabatan sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, Bagaskara Ikhlasulla Arif diangkat sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero) melalui jalur profesional.

Keponakan Jokowi tersebut bergabung ke Pertamina pada Maret 2024 silam.

"Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional," kata Fadjar saat dihubungi Merdeka.com di Jakarta, Kamis (6/6/2024)

Fadjar menyebut, bahwa Pertamina secara rutin membuka rekrutmen bagi calon tenaga kerja berpengalaman. Rekrutmen jalur profesional ini akan memprioritaskan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan Perseroan.

"Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya," urainya.

Bagaskara Viral

Sebelumnya, tulisan Bagaskara di akun LinkedIn menjadi viral. Ini setelah keponakan Presiden Jokowi tersebut menuliskan pesan atas jabatan baru di Pertamina. 

"I’m happy to share that I’m starting a new position as Manager Non Government Relation at PT Pertamina (Persero)!," tulis Bagaskara.

Dalam akun LinkedIn, Bagaskara pernah menduduki posisi Asisten Manajer di PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI pada November sampai hingga Oktober 2021 lalu.

Akan tetapi, profil Bagaskara di LinkedIn kini sudah tidak tersedia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Gaji Manajer di Pertamina?

Gaji Manager di Pertamina bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Jabatan/Posisi Manager: Ada berbagai tingkatan Manager di Pertamina, seperti Manager Operasional, Manager Keuangan, Manager Marketing, dan lain-lain. Tiap tingkatan memiliki gaji yang berbeda.
  • Lokasi Kerja: Gaji Manager di Pertamina di kota besar seperti Jakarta, biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan gaji Manager di daerah lain.
  • Pengalaman dan Kompetensi: Manager dengan pengalaman dan kompetensi yang lebih tinggi, umumnya mendapatkan gaji yang lebih besar.
  • Kinerja: Kinerja Manager yang dinilai baik, biasanya mendapatkan bonus dan tunjangan yang meningkatkan gaji total.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kisaran gaji Manager di Pertamina adalah:

  • Manager: Rp 15 juta - Rp 21,1 juta per bulan
  • Field Manager: Rp 20 juta per bulan
3 dari 3 halaman

PT Pertamina Milik Siapa?

Pertamina adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga pemerintah Indonesia-lah yang memilikinya.

Secara lebih jelasnya, 100% saham Pertamina dimiliki oleh pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Sebagai BUMN, Menteri BUMN bertindak sebagai Kuasa Pemegang Saham dan memiliki kewenangan untuk menunjuk Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina.

Pemilihan Dewan Komisaris dan Direksi didasarkan pada kompetensi dan prestasi, serta diatur dalam Anggaran Dasar PT Pertamina (Persero) dan arahan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 

 

 

 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini