Sukses

Daftar E-Commerce Paling Memuaskan Konsumen, Siapa Jawaranya?

Pemain e-commerce utama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam perilaku belanja online masyarakat Indonesia. Pemain e-commerce utama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen.

Berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh IPSOS, Shopee unggul dalam memberikan pengalaman belanja online yang paling memuaskan.

Menurut riset berjudul "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce", yang melibatkan responden yang rutin berbelanja online di berbagai platform e-commerce di Indonesia, ditemukan bahwa Shopee menempati posisi teratas dalam hal kepuasan konsumen.

Dengan metode Online Panel, IPSOS menemukan bahwa 62% responden memilih Shopee sebagai platform yang paling mereka rekomendasikan kepada kerabat mereka, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%)​​.

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia, menjelaskan bahwa popularitas belanja online terus meningkat, dan platform e-commerce harus terus berinovasi untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang semakin tinggi.

“Beragam aspek yang diperhatikan konsumen dalam mengukur kepuasan belanja online menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menghadirkan pengalaman belanja yang holistik dan memuaskan,” ujar Andi Sukma​​, Jumat (21/6/2024).

Selain fitur belanja, kecepatan dan ketepatan pengiriman juga menjadi prioritas utama dalam memilih platform e-commerce.

Shopee juga unggul dalam aspek ini, dengan 60% responden memilih Shopee sebagai platform dengan pengiriman tercepat, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%), dan TikTok Shop (9%)​​.

Program "Garansi Tepat Waktu" dari Shopee dikenal oleh 71% responden, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan program serupa dari situs belanja online lainnya seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%)​​.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Pengembalian Barang

Pengalaman belanja yang holistik juga mencakup kemudahan dalam proses pengembalian barang. Shopee dikenal memiliki proses pengembalian barang tercepat, dengan 66% responden menyadari hal ini, dibandingkan dengan Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

Program "Garansi Bebas Pengembalian" dari Shopee dikenal oleh 77% responden, jauh lebih tinggi daripada program serupa dari Tokopedia (47%), Lazada (44%), dan TikTok Shop (31%)​​.

Fitur-fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek juga menjadi nilai tambah dalam menentukan pilihan berbelanja. Shopee kembali unggul dengan 63% responden menganggap Shopee sebagai platform dengan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%)​​.

Kesuksesan Shopee dalam memimpin tingkat kepuasan konsumen juga didukung oleh berbagai indikator lainnya, seperti layanan pembayaran Paylater terbaik (69%), pengiriman COD terbaik (66%), dan proses pengembalian barang termudah (65%)​​.

 

3 dari 3 halaman

E-Commerce Harus Inovasi

Riset IPSOS ini menunjukkan bahwa platform e-commerce harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan preferensi konsumen yang terus berkembang.

Dengan strategi yang tepat dan inovasi yang berkelanjutan, platform e-commerce dapat terus meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.

Andi Sukma menutup dengan mengatakan bahwa data riset ini mengungkapkan bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online yang holistik dan memuaskan dari awal hingga akhir.

Shopee tidak hanya menawarkan berbagai metode pembayaran, kelengkapan produk, harga yang kompetitif, dan layanan pengiriman cepat, tetapi juga fitur-fitur interaktif yang meningkatkan keterlibatan dan kepuasan konsumen. Hal ini menjadikan Shopee sebagai platform e-commerce yang paling diandalkan dan direkomendasikan oleh konsumen di Indonesia​​.  4o

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini