Sukses

Rekomendasi Wisata hingga Acara Meriahkan Ulang Tahun Jakarta

Berikut sejumlah wisata dan acara yang dapat dikunjungi dalam rangka Ulang Tahun Jakarta yang dirayakan setiap 22 Juni.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta ada sejumlah rekomendasi wisata dan acara pada Sabtu, (22/6/2024).

Apalagi akhir pekan menjadi waktu yang tepat bagi warga Jakarta untuk habiskan malam minggu untuk pergi bersama keluarga dan orang terdekat dan terkasih. Mengutip Antara, Sabtu, 22 Juni 2024, berikut sejumlah wisata dan acara yang dapat dikunjungi saat ulang tahun Jakarta.

1. Jakarta Light Festival

Kota menjadi lokasi festival yang akan digelar selama dua hari itu, yakni mulai Sabtu hingga Minggu, 23 Juni 2024 yang dimulai pukul 19.00 WIB. Sebagaimana namanya, festival itu akan diisi oleh berbagai pertunjukan cahaya, mulai dari video mapping hingga pesta kembang api.

Selain pertunjukan cahaya, sejumlah musisi kondang Tanah Air juga akan meramaikan festival itu, seperti Sigit Wardana, Hasband, Rio Adi Wardhana, Anissa Nurfauzi dan masih banyak musisi lainnya.

2. Malam Jaya Raya

Khusus pada momen ulang tahun Jakarta, pemerintah setempat menghadirkan Malam Jaya Raya di Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu pukul 18.00-23.00 WIB.

Pemerintah setempat menyajikan banyak acara dalam kemeriahan di Monas tersebut, seperti wahana permainan pasar malam, karnaval mobil hias, pesta kembang api, Abang-None Jakarta dan masih banyak lagi.

Selain itu, sejumlah musisi Tanah Air juga akan turut meramaikan acara itu, seperti Wali, Nella Kharisma, Siti Badriah, Gigi dan banyak musisi lainnya.

3. Festival Kampung Bocah

Masih dalam rangkaian acara untuk memeriahkan HUT ke-497 Jakarta, festival ini akan menampilkan berbagai acara seperti Natsu Matsuri (Festival Musim Panas Jepang) yang menghadirkan Bon Odori (Tarian Tradisional Jepang), Penampilan Taiko (Tabuh Drum) dan Parade Omikoshi (Arak-arakan Kuil Portabel).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Budaya Betawi

Selanjutnya, Festival Kumpul Bocah ini ju​​​​​​ga akan menyuguhkan Festival Anak, Pertunjukan Budaya dan masih banyak lagi kegiatan yang akan membuat seru liburan Anda. ​​ Festival itu dimulai 22 Juni-7 Juli 2024.

4. Gebyar Seni Budaya Betawi

Bagi warga yang tertarik dengan penampilan khas Budaya Betawi, acara ini dapat menjadi pilihan di akhir pekan.Acara ini diadakan pada Sabtu dari pagi hingga malam hari. Berbagai gelaran seni seperti Tari Betawi, Musik Keroncong, Gambang Keromong, dan Lenong Betawi akan ditampilkan dalam acara itu.

3 dari 5 halaman

Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Cuma Rp 1 Mulai Hari Ini Sambut HUT ke-497 Jakarta

Sebelumnya, DKI Jakarta menerapkan tarif khusus penggunaan transportasi publik untuk MRT, TransJakarta, dan LRT Jakarta sebesar Rp1 yang berlaku pada 22-23 Juni 2024 mulai pukul 00.00 sampai 23.59 WIB dalam rangka HUT ke-497 Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan tarif MRT, TransJakarta, dan LRT Jakarta Rp1 ini berlaku selama dua hari penuh sebagai hadiah istimewa bagi pelanggan transportasi publik di Jakarta.

“Merayakan pertambahan usia kota Jakarta, Pemprov DKI memberikan hadiah istimewa untuk warga yang ingin bepergian menggunakan transportasi publik hanya dikenakan tarif Rp1,” kata dia.

Khusus Layanan Mikrotrans, TransJakarta Cares, Layanan Penugasan TransJakarta​​​​​​ lainnya dan Layanan Gratis bagi masyarakat tertentu tetap berlaku tarif Rp0 atau sesuai tarif awal berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 133 tahun 2018 tentang Pelayanan TransJakarta Gratis dan Bus Gratis Bagi Masyarakat.

“Tarif Rp1 ini sekaligus mendorong masyarakat untuk terbiasa menggunakan transportasi publik dalam mendukung mobilitas atau aktivitas mereka sehari-hari,” kata dia.

Terkait HUT Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) membuka empat rute menuju Jakarta Fair Kemayoran dan berlangsung selama 33 hari mulai 12 Juni hingga 14 Juli 2024.

Empat rute yang disediakan TransJakarta menuju Jakarta Fair Kemayoran yakni Balaikota-JIEXPO Kemayoran (2C), Cililitan-JIEXPO Kemayoran (PRJ 1), Kampung Melayu-JIEXPO Kemayoran (PRJ 2) dan Pulogadung-JIEXPO Kemayoran (PRJ 3).

Keempat rute ini beroperasi setiap Senin-Jumat mulai pukul 15.00 hingga 24.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan (Sabtu-Minggu), layanan tersedia pukul 09.00-24.00 WIB.

 

4 dari 5 halaman

LRT Jakarta

Sebelumnya, PT LRT Jakarta memberlakukan tarif khusus Rp1 dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 Jakarta selama dua hari, yakni 22-23 Juni 2024.

“Pemberlakuan tarif ini mulai pukul 05.30 hingga 23.00 WIB pada 22 Juni dan 23 Juni 2024," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Aris Rizal Arafahdikutip dari Antara.

Ia mengatakan, LRT Jakarta turut memberlakukan tarif khusus hanya Rp1 sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0051 Tahun 2024.

Pada perayaan HUT Kota Jakarta tahun 2023, LRT Jakarta mencatat lebih dari 6.100 penumpang menikmati tarif Rp1 yang diberlakukan dalam perayaan saat itu.

Pada tahun ini, LRT Jakarta optimis jumlah penumpang akan meningkat dan dengan adanya penerapan tarif Rp1 dalam dua hari pelaksanaan.

“LRT Jakarta berharap dapat memberikan kontribusi nyata mendukung program pemerintah untuk semakin memanfaatkan transportasi publik sebagai alat mobilisasi serta hal ini juga menjadi apresiasi bagi pengguna transportasi publik,” kata dia.

PT LRT Jakarta merupakan anak usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang bertugas sebagai operator moda transportasi publik Jakarta yang ramah lingkungan, aman dan nyaman.

 

 

5 dari 5 halaman

MRT Jakarta

Sebelumnya, PT MRT Jakarta (Perseroda) memberlakukan tarif layanan khusus Rp1 selama dua hari penuh pada Sabtu (22/6) dan Minggu (23/6) dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 Jakarta.

"Sebagai bentuk apresiasi bagi pengguna transportasi publik di Jakarta yang didukung oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jakarta, kami menerapkan tarif layanan khusus Rp1 ini,” kata Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo di Jakarta, Selasa.

Ahmad menuturkan pemberlakuan tarif ini efektif mulai jadwal operasional pukul 05.00 hingga berakhir pukul 23.59 WIB. Nantinya pengguna jasa tetap melakukan "tap" kartu elektronik di pintu sentuh (passenger gate) saat masuk maupun keluar (tap in/tap out).

​​Tarif berlaku untuk semua jenis pembayaran seperti kartu jelajah berganda atau Multi Trip Ticket (MTT), kartu uang elektronik bank dan pembelian melalui aplikasi MRT-J.

“Jadi, pengguna jasa tetap melakukan pengetapan atau pemindaian di 'passenger gate' saat masuk dan keluar seperti biasa, hanya saja kali ini tarifnya cukup Rp1," katanya.

Diharapkan penerapan tarif layanan khusus ini dapat mendorong peningkatan angka keterangkutan masyarakat dalam memeriahkan dan merayakan HUT Kota Jakarta tahun ini. Pemberlakuan tarif ini sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jakarta e-0051 Tahun 2024 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Layanan TransJakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT ke-497 Kota Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini