Sukses

10 Universitas Ini Punya Biaya UKT Termahal di AS, Apa Saja?

National Center for Education Statistics mencatat total biaya tahunan untuk biaya kuliah dan biaya tambahan di perguruan tinggi naik lebih dari tiga kali lipat selama 60 tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan gelar sarjana bisa menjadi pencapaian yang bermanfaat, tetapi biayanya seringkali tidak murah.

Total biaya tahunan untuk biaya kuliah dan biaya tambahan di institusi perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS) meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam 60 tahun terakhir. National Center for Education Statistics mencatat biaya tersebut meningkat dari rata-rata USD 5.369 atau sekitar Rp 88,23 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.434) per tahun pada 1963 (disesuaikan dengan inflasi) menjadi USD 17.709 atau Rp 290,91 juta pada 2023.

Biaya kuliah bukanlah satu-satunya biaya. Mahasiswa juga membutuhkan buku dan perlengkapan seperti komputer, serta makanan dan tempat tinggal.

Self Financial memperkirakan empat tahun kuliah di Universitas Columbia, misalnya, total tagihan bisa mencapai USD 500.000 (Rp8,21 miliar) atau lebih

Sebagian besar dari total tersebut berasal dari biaya kuliah itu sendiri. Universitas Columbia mencantumkan biaya sebesar USD 89.587 atau Rp 1,47 miliar (untuk biaya kuliah, tempat tinggal, dan biaya lainnya untuk tahun ajaran 2023-24)

Meskipun harga di Universitas Columbia sudah termasuk tempat tinggal di dalam kampus dan paket makan, mahasiswa yang memilih untuk tinggal di luar kampus, atau berpartisipasi dalam kehidupan di kota yang terkenal mahal, dapat dengan mudah mengumpulkan biaya tambahan.

Self Financial mengamati semua perguruan tinggi yang terdaftar di peringkat perguruan tinggi U.S. News & World Report untuk menentukan sekolah termahal untuk mendapatkan gelar sarjana.

Perusahaan fintech ini memperhitungkan uang sekolah dan biaya untuk setiap universitas bersama dengan data biaya hidup seperti pengeluaran makanan rata-rata dari Biro Statistik Tenaga Kerja dan rata-rata sewa lokal serta data biaya hidup yang dilaporkan sendiri yang dikumpulkan oleh Numbeo. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daftar 10 Universitas Termahal di Amerika Serikat

Berikut adalah 10 universitas dengan total biaya tertinggi se-antero Amerika Serikat selama empat tahun bagi mahasiswanya. 

1. Universitas Columbia-New York

Total biaya: USD 514.442 (Rp 8,4 miliar)

2. Universitas New York-New York

Total biaya: USD 497.402 (Rp 8,1 miliar)

3. Universitas Georgetown-Washington, D.C.

Total biaya: USD 472.817 (Rp 7,77 miliar)

4. Universitas Harvard-Cambridge, Massachusetts

Total biaya: USD 472.027 (Rp 7,75 miliar)

5. Institut Teknologi California-Pasadena, California

Total biaya: USD 458.330 (Rp 7,53 miliar)

6. Universitas California Selatan-Los Angeles

Total biaya: USD 457.650 (Rp 7,51 miliar)

7. Universitas Chicago-Chicago

Total biaya: USD 455.257 (Rp 7,47 miliar)

8. Universitas George Washington-Washington, D.C.

Total biaya: USD 454.377 ( Rp 7,46 miliar)

9. Universitas Yale-New Haven, Connecticut

Total biaya: USD 451.516 (Rp 7,41 miliar)

10. Institut Teknologi Massachusetts-Cambridge, Massachusetts

Total biaya: USD 441.948 (Rp 7,26 miliar)

3 dari 5 halaman

Biaya di Universitas Swasta AS Memang Tinggi, tapi....

Semua dari 10 sekolah termahal yang diidentifikasi Self Financial adalah sekolah swasta, dan ini masuk akal mengingat lembaga-lembaga tersebut biasanya mengenakan biaya kuliah yang lebih tinggi daripada sekolah negeri.

Namun, perguruan tinggi swasta sering menawarkan paket bantuan keuangan dan beasiswa yang berlimpah, sehingga biaya kuliah bahkan bisa lebih rendah daripada di universitas negeri.

Mahasiswa yang menerima bantuan keuangan di Harvard, misalnya, membayar rata-rata USD 19.500 (Rp319 juta) per tahun, dibandingkan dengan mahasiswa di University of Massachusetts, Amherst, yang membayar USD 21.846 (Rp357 juta) per tahun, menurut Kartu Penilaian Perguruan Tinggi dari Departemen Pendidikan.

Biaya kuliah yang sebenarnya dapat sangat bervariasi tergantung pada sekolah yang diikuti, bantuan keuangan yang mungkin tersedia, dan berbagai pilihan lain yang akan Anda ambil, seperti tinggal di kampus, memiliki mobil, tempat berbelanja buku, dan banyak lagi. 

 

4 dari 5 halaman

Taylor Swift Bisa Bikin Bank Sentral Eropa Tunda Pangkas Suku Bunga, Kok Bisa?

Sebelumnya, konser Eras Tour yang digelar musisi ternama dunia, Taylor Swift terus meningkatkan belanja konsumen di Inggris. Namun, eforia tersebut datang di tengah perjuangan bank of England (BOE) meredam inflasi.

Dikutip dari CNBC International, Selasa (18/6/2024) Bank investasi TD Securities, memperkirakan bahwa dorongan ekonomi dari konser Taylor Swift di Inggris mungkin cukup untuk menunda kemungkinan penurunan suku bunga Bank of England pada September.

"Kami masih mengantisipasi pemotongan BoE pada bulan Agustus, namun data inflasi pada bulan tersebut mungkin akan membuat MPC (Komite Kebijakan Moneter) menahan diri pada bulan September," kata ahli strategi makro TD Securities, Lucas Krishan, dan kepala strategi makro global TD Securities, James Rossiter.

Bank of England diperkirakan segera mulai menurunkan suku bunga banknya dari tingkat tertinggi dalam 16 tahun sebesar 5,25%, dengan hanya dua dari 65 ekonom yang disurvei oleh Reuters mengantisipasi penurunan suku bunga pada bulan Agustus 2024.

Sementara pasar keuangan memperkirakan penurunan suku bunga pada bulan September.

Namun, kemungkinan bentrokan antara salah satu tanggal tur Swift di bulan Agustus dan hari indeks inflasi yang penting dapat membuat data tersebut cukup menyimpang sehingga BOE dapat memikirkan kembali keputusannya,menurut para analis.

"Lonjakan harga hotel bisa menjadi hal yang signifikan, dan untuk sementara menambah inflasi jasa sebanyak 30bps (+15bps pada headline)," beber Krishan dan Rossiter.

Sementara itu, pihak BOE tidak menanggapi komentar tersebut secara spesifik terhadap dampak konser Taylor Swift terhadap perekonomian Inggris.

Namun, bank sentral Inggris tersebut mengatakan bahwa MPC melihat berbagai indikator ekonomi ketika mereka membuat keputusan mengenai suku bunga.

 

 

5 dari 5 halaman

Dampak Ekonomi yang Besar

Edinburgh, Skotlandia, tempat Taylor Swift memulai konsernya di Inggris awal bulan ini, mengatakan bahwa konser dan pengeluaran terkait telah menambah sekitar 77 juta poundsterling terhadap perekonomian lokal.

Dalam catatan terpisah, bank Barclays juga memperkirakan tur Swift ke Inggris dapat menambah sekitar 1 miliar poundsterling atau sekitara Rp. 20,8 triliun pada perekonomian Inggris.

TD Securities menyoroti data terbaru yang menunjukkan kenaikan harga hotel yang lebih besar dari biasanya di ibukota Skotlandia selama kunjungan Swift akhir pekan lalu, sementara tekanan kenaikan tidak terlalu terasa di Liverpool, di mana ia mencapai puncaknya di barat laut Inggris pekan lalu.

Swift juga dijadwalkan tampil di Cardiff, Wales, dan London akhir bulan ini.

Meskipun tanggal pertunjukan Swift di Cardiff mungkin bertepatan dengan hari indeks inflasi bulan Juni, para analis mengatakan dampaknya kemungkinan kecil mengingat ukuran kota yang relatif kecil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.