Sukses

Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, D3 hingga S1, Cek Syaratnya

Ada kabar gembira bagi Anda sedang mencari pekerjaan terutama lulusan SMA/SMK, dan sederajat, D3 dan SI, berikut informasi lowongan kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menginformasikan lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK Sederajat, D3, dan S1. Hal itu disampaikan melalui akun instagram resmi @kemnaker.

"Kabar baik buat Rekanaker lulusan SMA/SMK Sederajat, D3, dan S1!Ada #InfoLoker menarik dari #LokerNaker yang bisa jadi peluang emas buat kariermu. Yuk, langsung cek informasi lengkapnya di https://karirhub.kemnaker.go.id/," tulis @kemnaker, dikutip Kamis (27/6/2024).

Berikut lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK sederajat, D3, dan S1:

Sales Merchandiser di Bali Maya Permai Food Canning Industry

- Minimal SMA/SMK Sederajat

- Pengalaman 1 tahun

- Lokasi penempatan kerja di Jakarta Utara

- Tugasnya mempromosikan produk ke konsumen dan membantu pesanan order toko dan membuat report harian penjualan

Operator CNC-EDM di PT Az Tecs Indonesia

- Minimal SMA/SMK Sederajat

- Pengalaman 1 tahun

- Penempatan kerja di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

- Mempunyai pengetahuan tentang cutting tools dan mempunyai pengalaman sebagai operator mesin wire

Juru tata usaha keuangan di Atri Distribusindo

- Minimal pendidikan S1

- Pengalaman 2 tahun

- Lokasi kerja di kota Tangerang, Banten

- Tugasnya mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan sesuai akun dan menganalisa jurnal keuangan dari semua departemen

Manajer Keuangan dari Infiniti Digital

- Minimal pendidikan D3

- Pengalaman kerja 5 tahun

- Lokasi kerja di Jakarta Selatan

- Tugasnya harus aktif melakukan strategi keuangan untuk perusahaan dan bertanggungjawab atas laporan keuangan dan akuntansi perusahaan

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Lulus Wawancara Kerja? Simak 4 Tips dari Kemnaker Ini

Sebelumnya, untuk lolos menjadi karyawan ada sejumlah proses seleksi yang harus dijalankan. Salah satunya tahap wawancara.

Pada tahap wawancara ini, salah satu proses penting untuk mengetahui dan mengenal calon karyawan. Selain itu, calon karyawan juga dapat mengetahui lebih jauh mengenai perusahaan yang sedang dituju sebagai tempat bekerja.

Seiring tahap wawancara ini pencari kerja diharuskan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang sesuai dengan kriteria perusahaan.

Melansir laman instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Jumat (10/5/2024), ada sejumlah hal yang perlu disiapkan para pencari kerja agar mampu menjawab berbagai pertanyaan pada tahap seleksi wawancara kerja. Berikut empat tips agar lulus wawancara kerja:

1. Print deskripsi pekerjaan 

Langkah pertama yang perlu Kamu siapkan sebelum mengikuti tes wawancara kerja ialah dengan mencetak atau print deskripsi pekerjaan. Bila perlu tandai dengan stabilo untuk mempermudah memahami tugas pekerjaan yang diperlukan.

"Misalnya, stabilo biru untuk kebutuhan manajemen dan stabilo hijau untuk keuangan," bunyi video tersebut.

 

 

3 dari 3 halaman

Ceritakan Pengalaman Kerja

2. Sesuaikan resume dengan kebutuhan pekerjaan

Selanjutnya Kamu perlu untuk menyesuaikan resume dengan kebutuhan pekerjaan yang dituju. Resume yang sesuai akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi HRD untuk kelulusan-mu.

3.Ceritakan pengalaman kerja yang relevan 

Saat ini, pertanyaan seputar pengalaman kerja masih menjadi poin penilaian utama bagi sebagian HRD perusahaan. Maka, sebaiknya Anda menceritakan pengalaman kerja saat menyelesaikan masalah yang relevan sesuai dengan tugas pekerjaan. 

"Ceritakan pengalamanmu menyelesaikan masalah serupa di pekerjaan sebelumnya, dan jelaskan apa yang bisa kalian lakukan untuk mereka di posisi ini dan mengapa mereka layak untuk mempekerjakan kamu," sebut Kemnaker.

4. Jangan sombong 

Langkah selanjutnya, hindari menjawab pernyataan dengan sombong. Sebaliknya, Anda perlu menjawab pekerjaan secara spesifik dalam berbagai hal untuk menunjukkan Anda sebagai pribadi yang detail.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini