Sukses

Pupuk Kaltim Salurkan Rp1,3 Miliar Demi Ketahanan Pangan

Pupuk Kaltim menjalankan amanah untuk mendukung ketahanan pangan nasional dilakukan sembari terus terlibat secara langsung dalam berbagai inisiasi tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai produsen pupuk dan petrokimia, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tak hanya berfokus pada operasional dan produksi.

Menjalankan amanah untuk mendukung ketahanan pangan nasional dilakukan sembari terus terlibat secara langsung dalam berbagai inisiasi tanggung jawab lingkungan dan sosial. Terutama di sekitar wilayah operasional Pupuk Kaltim, baik di Bontang maupun di Fakfak, lokasi pembangunan pabrik terbaru Pupuk Kaltim nantinya.

Inisiasi pemberdayaan masyarakat ini pun dilakukan melalui berbagai program. Mulai dari yang terkait pendidikan, sosial, pemeliharaan lingkungan hingga aktivitas keagamaan.

Bertepatan dengan momen Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024, Pupuk Kaltim pun kembali menggagas agenda rutin tahunan berupa penyerahan hewan kurban kepada masyarakat di lingkup wilayah Bontang dan Fakfak.

Idul Adha tahun ini, Pupuk Kaltim menyalurkan total 31 ekor sapi untuk hewan kurban kepada masyarakat dengan rincian 20 ekor sapi di Bontang dan 11 ekor sapi di Fakfak.

Secara khusus, Pupuk Kaltim juga memberikan bantuan lain untuk menunjang kebutuhan dan kesehatan masyarakat Fakfak. Bantuan tersebut berupa 11 unit genset dengan kapasitas 6.000 watt dan 4 unit alat kesehatan ventilator. Seluruh bantuan hewan kurban dan alat kesehatan tersebut bernilai total Rp1,3 miliar.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo berharap, penyaluran kurban yang dilakukan Pupuk Kaltim tahun ini dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, serta dapat mempererat hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat sekitar, khususnya di Bontang dan Fakfak.

Dia mengatakan, komitmen untuk terus memberdayakan dan memberi keberkahan serta manfaat kepada masyarakat menjadi prioritas bagi Pupuk Kaltim.

"Semua upaya yang kami lakukan ini adalah bentuk komitmen kami untuk berjalan bersama dengan masyarakat, menjaga silaturahmi dan semangat saling menolong. Karena dalam mencapai tujuannya, kami tidak bisa berjalan sendiri. Sinergi dengan masyarakat tentu jadi salah satu penopang keberhasilan Pupuk Kaltim kedepannya," katanya.

 Agenda rutin perayaan hari besar keagamaan memang menjadi salah satu agenda rutin yang selalu dijalankan oleh Pupuk Kaltim. Sebelumnya, di momen Idul Fitri, Pupuk Kaltim juga menggagas kegiatan yang secara langsung memberi keberkahan pada masyarakat seperti program Safari Ramadan dan Mudik Gratis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tripatra Remajakan Pabrik Tertua Pupuk Kaltim

PT Tripatra Engineers and Constructors (Tripatra) menandatangani pejanjian kerja sama dengan Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim). Dalam kerja sama ini, Tripatra sebagai penyedia solusi berbasis rekayasa teknik akan melakukan proses pembaruan (revamping) Pabrik Amonia-2 milik Pupuk Kaltim. 

Proses pembaruan (revamping) Pabrik Amonia-2 ini sangat penting dilakukan saat ini karena merupakan pabrik tertua milik Pupuk Kaltim yang telah beroperasi sejak 1984. Dengan revamping ini Tripatra akan membuat pabrik Pupuk Kaltim jauh lebih efisien sehingga dapat menekan emisi karbon dan menerapkan teknologi ramah lingkungan.

Kemitraan ini telah dimulai dan pemasangan tiang pancang perdana (first piling) di Bontang, Kalimantan Timur serta penandatanganan komitmen keselamatan (Safety Commitment Ceremony) dilakukan pada tanggal 3 Mei 2024.

President Director & CEO Tripatra, Raymond Naldi Rasfuldi menjelaskan, Tripatra mengucapkan syukur dan terhormat karena telah diberikan kesempatan dan dipercaya oleh PT Pupuk Kaltim dan juga PT Pupuk Indonesia melalui proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2 ini.

"Dengan pemasangan tiang pancang perdana ini, proyek ini sudah memasuki tahap eksekusi. Semua perencanaan telah selesai dan sekarang kita mulai melaksanakan proses pembangunan. Dalam pelaksanaan pembangunan, kami senantiasa menerapkan standar keamanan tertinggi untuk menjamin keselamatan semua pihak yang terlibat dalam proyek ini.” kata dia. 

 

3 dari 3 halaman

Efisiensi Produksi

Jika telah beroperasi penuh setelah revamping, Pabrik 2 ini diperkirakan bisa meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi konsumsi gas yang berdampak pada penurunan emisi CO2.

Nantinya Pabrik 2 juga dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 4 MMBtu/ton amonia, sehingga turut menekan emisi CO2 setara dengan penurunan emisi sebesar 110.000 ton CO2 per tahun.

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industri, Tripatra terus bertransformasi dan beradaptasi untuk menyediakan berbagai solusi berbasis rekayasa teknik.

Tripatra menghadirkan beberapa unit bisnis baru seperti solusi aset yang berfokus pada pemeliharaan dan peningkatan produktivitas fasilitas, dan juga solusi pengadaan yang menjadikan Tripatra sebagai mitra terpercaya dalam hal pengadaan sumber daya dan material yang dibutuhkan untuk pada pengembangan proyek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini