Sukses

Tenang, Harga BBM Solar dan Pertalite Tak Naik 1 Juli 2024

Pemerintah memastikan harga BBM jenis solar dan pertalite tidak mengalami perubahan pada 1 Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian ESDM memberikan kabar gembira bagi pengguna BBM subsidi, yaitu Pertalite dan Solar. Harga kedua jenis BBM ini dipastikan tidak mengalami kenaikan pada bulan Juli 2024.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, menegaskan hal ini dalam keterangannya pada Minggu (30/6/2024).

"Pertalite yang termasuk JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan) belum mengalami penyesuaian, seperti Solar," jelasnya dikutip dari ANTARA.

Namun, untuk harga BBM nonsubsidi seperti Pertamax series dan Dex series, kemungkinan penyesuaian harga masih belum pasti. Agus menjelaskan bahwa penetapan harga BBM nonsubsidi diserahkan kepada badan usaha, dalam hal ini Pertamina, dengan memperhatikan kisaran harga formula yang telah ditetapkan.

Harga Minyak Mentah dan Kurs Rupiah Jadi Faktor Penentu

Dua faktor utama yang menjadi pertimbangan dalam penyesuaian harga BBM nonsubsidi adalah Harga Minyak Mentah Indonesia (ICP) dan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS.

Hingga 27 Juni 2024, harga ICP tercatat stagnan di level 79,12 dolar AS per barel. Di sisi lain, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS melemah di level Rp16.324.

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, Pertamina saat ini sedang meninjau kemungkinan penyesuaian harga BBM nonsubsidi untuk Juli 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Upayakan Stabilitas Harga BBM

Pemerintah telah menahan kenaikan harga BBM baik subsidi maupun nonsubsidi sejak awal tahun 2024. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, sebelumnya menjelaskan bahwa gejolak harga minyak dunia, konflik di Timur Tengah, dan pelemahan Rupiah berdampak pada membengkaknya kompensasi dan anggaran subsidi BBM.

Meskipun demikian, Arifin menegaskan bahwa belum ada keputusan terkait penyesuaian harga BBM nonsubsidi untuk Juli 2024. "BBM belum putus," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini