Sukses

CIMB Niaga Bakal Sasar Nasabah Millenial dan Gen Z Pasarkan KPR Hijau

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan nasabah millenial dan Gen Z untuk program pembiayaan hijau

Liputan6.com, Jakarta PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan nasabah millenial dan Gen Z untuk program pembiayaan hijau, salah satunya melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijau atau Green Mortgage.

Head of Non Branch Channel CIMB Niaga Heintje Mogil, mengatakan CIMB Niaga telah menyalurkan KPR mencapai Rp43 triliun hingga kuartal I-2024. Dari jumlah tersebut, nasabah yang mengambil KPR umumnya generasi Millenial yang rata-rata diusia 26-35 tahun.

 

"Secara database saya baca ya, portfolio kita sekarang ada hampir Rp 43 triliun. Itu sebagian besar umur yang ngambil KPR yang udah mapan di usia range 26-35 tahun. Artinya apa? Kalau kita lihat animo nanti anak-anak milenial, gen Z ya sekarang ini, akan makin sadar," kata Heintje dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga bertema Tren Properti dan Green Mortgage 2024 di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Bahkan, ia melihat kesadaran gen Z terhadap kebutuhan hunian sudah meningkat. Mereka mulai mempertimbangkan hunian yang berkelanjutan. Artinya, ini peluang yang besar bagi CIMB Niaga mengembangkan KPR hijau,

"Kita lihat generasi yang akan ngambil KPR itu umumnya 5-10 tahun ke depan. Ini peluang yang saya baca sangat besar. Mereka ini saya yakin, 70-60 persen udah sangat sadar dengan lingkungan hidup," ujarnya.

Apa Untungnya?

Heintje menyebut, Green Mortgage memiliki banyak keuntungan bagi nasabah. Selain menghemat energi, rumah yang ramah lingkungan juga dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya karena dibuat dari bahan-bahan bangunan yang lebih sehat dan aman serta memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.

"Green Mortgage itu intinya adalah pembelian untuk properti rumah, apartemen yang punya spesifikasi green. Spesifikasi green itu seperti apa? Sepengetahuan saya ada 3 kategori, hemat energi, hemat air, dan menggunakan bahan yang sustainability. Itu kira-kira," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimisme

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menghadirkan produk dan program pembiayaan hijau, salah satunya melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijau atau Green Mortgage.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen CIMB Niaga sebagai bank yang aktif mengimplementasikan Stainability (keberlanjutan) di Indonesia.

Head of Secured Lending Business & Consumer Credit Underwriting CIMB Niaga Djojo Boentoro menjelaskan, Green Mortgage merupakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian properti dari pengembang (developer) yang telah memenuhi standar prinsip keberlanjutan atau sertifikasi bangunan hijau dari lembaga yang diakui. Di antaranya menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan, memiliki pengelolaan air yang baik, dan efisiensi energi melalui pemanfaatan solar panel.

Dia menuturkan, selain fasilitas Green Mortgage, nasabah CIMB Niaga juga memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam gerakan penanaman 1 pohon untuk keberlanjutan bumi melalui KPR One House One Tree.

 

3 dari 3 halaman

Bekerja Sama dengan Yayasan

Program ini bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) dalam bentuk pelestarian tanaman bambu, kopi, dan cengkeh di NTT

“Kalau bicara KPR hijau, itu juga sama dalam mendukung komitmen kita yang berkelanjutan kita menyediakan fasilitas-fasilitas menuju sustainability. Kami juga memberikan komitmen kepada nasabah, semua KPR dikita komitmen tanam satu pohon. Kita ada kerjasama dengan yayasan KEHATI untuk penanaman pohon,” ujar Djojo dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga bertema Tren Properti dan Green Mortgage 2024 di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Djojo Boentoro, menegaskan untuk Green Mortgage dan KPR One House One Tree yang dihadirkan bukan semata-mata untuk mengejar profit, namun juga wujud dukungan nyata untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pelestarian lingkungan. 

“Dengan memilih pembiayaan rumah ramah lingkungan, nasabah telah berkontribusi mengurangi emisi karbon sehingga dapat menciptakan bumi yang lebih lestari atau The Cooler Earth," kata Djojo Boentoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.