Sukses

Yunani Tambah Jam Kerja Karyawan Jadi 6 Hari Kerja Sepekan

Perubahan jam kerja tradisional 40 jam seminggu di Yunani dapat diperpanjang menjadi 48 jam per minggu untuk beberapa bisnis. Namun, pekerja jasa makanan dan pariwisata tidak termasuk dalam kebijakan enam hari kerja dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta - Yunani mengumumkan penerapan enam hari kerja dalam seminggu untuk beberapa bisnis, dalam upaya meningkatkan produktivitas dan lapangan kerja di negara tersebut.

Peraturan enam hari kerja yang mulai berlaku sejak 1 Juli itu berlawanan dengan tren global dimana perusahaan-perusahaan menerapkan minggu kerja yang lebih pendek.

Mengutip CNBC International, Rabu (3/7/2024) berdasarkan undang-undang baru yang disahkan sebagai bagian dari undang-undang ketenagakerjaan tahun lalu, karyawan perusahaan swasta di Yunani yang menyediakan layanan sepanjang waktu dilaporkan akan memiliki pilihan untuk bekerja tambahan dua jam per hari, atau tambahan delapan jam per hari. 

Perubahan ini berarti jam kerja tradisional 40 jam seminggu di Yunani dapat diperpanjang menjadi 48 jam per minggu untuk beberapa bisnis. Namun, pekerja jasa makanan dan pariwisata tidak termasuk dalam kebijakan enam hari kerja dalam seminggu.

Pemerintahan Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis mengatakan langkah tersebut "ramah pekerja" dan berorientasi pada pertumbuhan.

Namun, Dosen ilmu politik Eropa dan internasional di Universitas Loughborough, Inggris, Giorgos Katsambekis mengkritik kebijakan enam hari kerja di Yunani.

Dia menilai, pemberlakuan undang-undang ketenagakerjaan di negara itu merupakan kemunduran yang besar bagi angkatan kerja yang sudah bekerja dengan jam kerja terpanjang diEropa.

Diketahui, pekerja di Yunani bekerja lebih lama dibandingkan pekerja di AS, Jepang, dan negara lain di 27 negara anggota Uni Eropa, menurut data dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yunani Punya Jam Kerja Terpanjang di Eropa

Karyawan di Yunani diketahui telah bekerja rata-rata 1.886 jam pada tahun 2022, lebih tinggi dari rata-rata AS sebesar 1.811 jam dan rata-rata Uni Eropa sebesar 1.571 jam.

"Masyarakat di Yunani sudah bekerja dengan jam kerja terlama per minggu di Eropa. Sekarang mereka mungkin terpaksa bekerja pada hari keenam, setelah keputusan (pemerintah) Yunani ini,” kata John O’Brennan, profesor Hukum UE dari Universitas Maynooth, Irlandia, dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

"Ini bertentangan dengan kebijakan empat hari seminggu di sebagian besar negara," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Kebijakan Empat Hari Kerja Beri Dampak Lebih Positif?

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh lembaga pemikir Autonomy awal tahun ini menemukan bahwa sebagian besar perusahaan yang terlibat dalam uji coba terbesar di dunia yaitu empat hari kerja dalam seminggu telah menjadikan kebijakan tersebut permanen.

Semua manajer proyek dan CEO perusahaan yang terlibat dalam uji coba ini mengatakan bahwa empat hari kerja dalam seminggu mempunyai dampak positif terhadap organisasi mereka, dengan lebih dari setengahnya menggambarkan dampak tersebut sebagai "sangat positif."

Namun laporan tersebut menemukan bahwa para staf di perusahaan-perusahaan yang jaminan hari libur tambahannya lemah, atau diberikan dengan syarat memenuhi target tertentu mempunyai kekhawatiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini