Sukses

Cara BNI Konsisten Kolaborasikan Program UMKM Go Global

UMKM juga berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Liputan6.com, Jakarta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. Produk UMKM yang relatif terjangkau dan berkualitas tinggi diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Lebih dari itu, UMKM juga berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja baru. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mendukung UMKM agar dapat berkembang dan naik kelas.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk membantu UMKM Indonesia menembus pasar global. Salah satu contohnya adalah pameran "Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia" yang diadakan di Ngee Ann City/Takashimaya, Orchard, Singapura. Pameran yang diadakan pada 17-21 April lalu tersebut dimeriahkan oleh berbagai UMKM Indonesia penghasil produk fashion dan aksesoris.

Selain itu, Bank Indonesia, KBRI Seoul, dan Kementerian Perdagangan juga berkolaborasi menyelenggarakan pameran "Indonesia in Korea - Seoul Food & Hotel (SFH) 2024" di Kintex, Seoul, Korea Selatan pada 11 hingga 14 Juni 2024. SFH merupakan pameran makanan terbesar di Korea Selatan yang menjadi platform strategis bagi UMKM Indonesia untuk menjangkau pasar global.

BNI melalui Program Xpora, turut mendukung penyelenggaraan acara-acara bertaraf internasional tersebut dengan mengirimkan UMKM terbaiknya untuk berpartisipasi.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengapresiasi upaya BNI dalam membantu UMKM Indonesia Go Global.

"Kementerian BUMN telah memberikan mandat kepada BNI untuk menjadi bank milik Indonesia yang Go Global. Memangnya sudah seharusnya BNI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah dan swasta untuk membuka jalan bagi UMKM kita agar bisa ekspor ke luar negeri," ujar Arya.

Arya juga yakin bahwa kualitas produk UMKM Indonesia sudah semakin meningkat dan layak untuk bersaing di pasar global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Dukungan

BNI pun telah menyediakan berbagai dukungan bagi UMKM di Indonesia dan di luar negeri, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Diaspora Loan.

"Kalau di Indonesia, BNI menjadi salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit dengan skema-skema lain bagi UMKM. Sedangkan untuk di luar negeri, BNI terus menggenjot penyaluran Diaspora Loan bagi para diaspora pengusaha di sana melalui Kantor Luar Negerinya," tutup Arya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI

Video Terkini