Sukses

Baru Dilantik jadi Dirjen Perhubungan Darat, Ini Misi Risyapudin Nursin

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Risyapudin Nursin menyampaikan, pihaknya akan fokus dalam mencegah kecelakaan lalu lintas, utamanya yang diakibatkan oleh angkutan bus pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Risyapudin Nursin menyampaikan, pihaknya akan fokus dalam mencegah kecelakaan lalu lintas, utamanya yang diakibatkan oleh angkutan bus pariwisata.

"Jadi, untuk kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh angkutan bus, ini memang menjadi konsen kita. Terutama kecelakaan bus angkutan pariwisata yang akhir-akhir ini menimbulkan korban cukup banyak," kata Risyapudin saat ditemui di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Rabau (3/7/2024).

Hal itu sejalan dengan misinya, lantaran ia baru dilantik oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai Dirjen Hubdar. Sebelumnya Risyapudin menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri sejak Oktober 2022 hingga Desember 2023.

Lebih lanjut, kata Risyapudin, untuk mencegah kecelakaan lalu lintas angkutan bus yakni dari satuan bawah harus giat melakukan pengecekan terhadap uji layak kendaraan maupun perizinan.

"Sehingga apabila uji berkala ini dilaksanakan, setiap saat atau setiap 6 bulan sekali kendaraan ini layak atau tidak, ini akan mencegah atau menurunkan angka kecelakaan," ujarnya.

Disamping itu, juga diperlukan peran aktif dari seluruh operator dan masyarakat untuk sama-sama peduli tentang keselamatan berlalu lintas.

Ia menegaskan bahwasannya keselamatan ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab dari Kemenhub sendiri, tapi memang perlu adanya suatu kerjasama dengan para stakeholder pemangku kepentingan termasuk juga operator dan masyarakat sebagai pengguna untuk sama-sama mengawasi dan memilih angkutan-angkutan yang memang uji layaknya sudah dilakukan termasuk memiliki suatu izin.

"Sehingga hal ini bisa kita cegah secara bersama-sama untuk tidak terjadinya suatu kecelakaan yang mengakibatkan korban masyarakat," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menhub Tunjuk Irjen Pol Risyapudin Nursin Jadi Dirjen Perhubungan Darat

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Kamis (6/6/2024) ini. Salah satu pejabat yang dilantik adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat.

Menhub Budi Karya menunjuk Irjen. Pol. Risyapudin Nursin menduduki posisi Dirjen Perhubungan Darat. Sebelumnya, jabatan ini diemban oleh Hendro Sugiatno.

Selain pelantikan Dirjen Perhubungan Darat, Menhub juga melakukan perombakan sejumlah pejabat lain seperti Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan Pejabat Fungsional, di lingkungan Kementerian Perhubungan.

“Selamat kepada Bapak Risyapudin Nursin yang telah dipercaya menjadi Dirjen Perhubungan Darat. Semoga dapat menyesuaikan diri, serta dapat segera berkomunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik di internal Kemenhub maupun dengan kementerian dan lembaga lain,” ujar Budi Karya.

Satuan kerja Kemenhub tersebar di berbagai daerah, dari Sabang sampai Merauke. Maka tak heran, jika insan perhubungan juga berasal dari beragam latar belakang yang berbeda, sehingga diharapkan bisa membawa perspektif yang unik dan memunculkan ide-ide baru dalam organisasi.

“Saya berharap perbedaan latar belakang ini menjadi sebuah kelebihan yang dapat mendorong kesetaraan peluang bagi semua insan perhubungan. Harapannya, hal ini bisa menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, adil, dan harmonis,” terang Menhub.

 

3 dari 3 halaman

Sampaikan Terima Kasih

Kepada Hendro Sugiatno, Menhub pun mengucapkan terima kasih atas kontribusinya selama menjadi bagian dari Kemenhub.

“Terima kasih untuk Bapak Hendro yang sudah bekerja keras selama mengemban tugas menjadi Dirjen Perhubungan Darat. Semoga selalu sehat dan dapat terus berkontribusi untuk kemajuan bangsa,” jelasnya.

Kemudian, Menhub juga menekankan pentingnya komitmen untuk menjaga amanah dan integritas kepada para pejabat yang dilantik. Ia pun meminta para pejabat tersebut untuk menumbuhkan semangat kerja baru dan prestasi yang membanggakan bagi unit kerja masing-masing.

Untuk diketahui, promosi dan mutasi jabatan merupakan hal yang lumrah dalam sebuah organisasi, termasuk bagi Kemenhub. Langkah ini dilakukan dalam rangka mencapai organisasi yang lebih efektif dan efisien, serta menjadi bukti berkembangnya suatu organisasi.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, serta para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan Kemenhub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini