Sukses

AirAsia Buka Penerbangan Internasional Langsung Kuala Lumpur-Labuan Bajo

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine mengatakan, Konektivitas, pariwisata, dan ekonomi: tiga pilar utama yang memperkuat hubungan Labuan Bajo dan Kuala Lumpur.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia 15 kali berturut-turut versi skytrax, AirAsia akan memperkuat jaringan rutenya antara Malaysia dan Indonesia dengan rute langsung ke-21 sebagai Grup antara kedua negara.

Rute baru yang akan beroperasi tiga kali dalam seminggu ini sekaligus menandai penerbangan internasional pertama AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) ke Labuan Bajo, Indonesia.

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine menuturkan, Labuan Bajo dan Kuala Lumpur, dua kota yang berbeda negara tetapi terikat erat oleh keindahan alam, kekayaan budaya, dan peluang ekonomi yang menjanjikan.

Ia menuturkan, penerbangan langsung AirAsia membuka akses mudah bagi wisatawan Malaysia untuk menjelajahi Labuan Bajo. Taman Nasional Komodo dan Menara Kembar Petronas, ikon wisata yang memikat para pelancong dari berbagai penjuru dunia.

"Perpaduan budaya Melayu, India, Cina, dan Arab mencipta mozaik budaya yang mempesona di kedua kota. Konektivitas, pariwisata, dan ekonomi: tiga pilar utama yang memperkuat hubungan Labuan Bajo dan Kuala Lumpur,” kata Veranita, Jumat, 5 Juli 2024, seperti dikutip dari keterangan resmi,  Sabtu (6/7/2024).

"Bersama, Labuan Bajo dan Kuala Lumpur melangkah maju sebagai destinasi wisata unggulan di kawasan regional, Veranita menambahkan.

AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) saat ini melayani 13 rute di Indonesia dari Kuala Lumpur ke Kertajati, Banda Aceh, Jakarta, Bali (Denpasar), Medan, Padang, Pekanbaru, Makassar, Yogyakarta, Surabaya dan Balikpapan; serta dari Penang ke Jakarta dan Medan.

 

2 dari 4 halaman

Layani 11 Rute

Sementara itu, Indonesia AirAsia (kode penerbangan QZ) melayani 11 rute di Malaysia dari Jakarta ke Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru, Kota Kinabalu dan Kuching; Bali ke Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu; Medan ke Kuala Lumpur dan Penang; Lombok ke Kuala Lumpur; serta dari Surabaya ke Johor Bahru. Labuan Bajo, yang dulunya merupakan tempat pemancingan yang tenang, telah berkembang menjadi tujuan yang wajib dikunjungi bagi para pelancong yang mencari keindahan alam yang menakjubkan dan kekayaan budaya.

Ini adalah pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo terdekat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, rumah bagi komodo yang terkenal. Labuan Bajo juga dikenal dengan salah satu daya tarik taman nasional, Pink Beach, yang dinamai berdasarkan warnanya yang mencolok dan merupakan salah satu dari hanya tujuh pantai seperti itu di dunia.

Lanskap yang menakjubkan, air yang jernih, dan terumbu karang yang berwarna-warni menarik para pelancong yang mencari petualangan, pengalaman menyelam, dan pengalaman berkeliling pulau. Untuk merayakan rute baru yang dimulai pada 3 September 2024, AirAsia menawarkan Kursi GRATIS* dengan tarif all-in dan tersedia untuk pemesanan di AirAsia MOVE (sebelumnya airasia Superapp) dan airasia.com mulai hari ini hingga 14 Juli 2024 untuk periode perjalanan antara 3 September 2024 dan 29 Maret 2025.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Penerbangan

Jadwal Penerbangan Rute Kuala Lumpur (KUL) dan Labuan Bajo (LBJ)

Rute: Kuala Lumpur-Labuan Bajo, Nomor Penerbangan AK 336

Berangkat: 11:10

Sampai: 14:25

Frekuensi: Selasa, Kamis, Sabtu

 

Rute: Labuan Bajo-Kuala Lumpur, Nomor Penerbangan AK 337

Berangkat: 14:55

Sampai: 18:35

Frekuensi, Selasa, Kamis, Sabtu

Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya.

Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com. Indonesia AirAsia selalu mengedepankan standar keamanan dan keselamatan di setiap penerbangannya.

Indonesia AirAsia pun sudah diakui secara resmi sebagai operator yang telah menyelesaikan audit keselamatan operasional yang dilakukan oleh International Air Transport Association (IATA), atau yang dikenal dengan IATA Operational Safety Audit (IOSA). Indonesia AirAsia mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang.

Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan. Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.

4 dari 4 halaman

AirAsia X Buka Rute Penerbangan Antarbenua, Hubungkan Nairobi-Kuala Lumpur

Sebelumnya, AirAsia X (AAX) merayakan tonggak sejarah baru dengan meluncurkan rute penerbangan ke Afrika, menghubungkan wisatawan ke Nairobi, ibu kota Kenya yang terkenal dengan safarinya. Penerbangan AirAsia X pertama dijadwalkan pada 15 November 2024.

AAX menjadi maskapai berbiaya hemat pertama di Malaysia yang menyediakan penerbangan langsung ke Nairobi, sebuah langkah penting setelah mencatat pertumbuhan finansial yang kuat dengan tingkat keterisian penumpang yang tinggi. Pada Maret 2024, AAX juga meluncurkan penerbangan baru ke Almaty, Kazakhstan, menandai debutnya di Asia Tengah.

Rute baru ke Nairobi ini mempererat hubungan perdagangan, pariwisata, dan bisnis antara Asia dan Afrika, meningkatkan aksesibilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kedua wilayah.

Penumpang akan mendapatkan kemudahan koneksi Fly-Thru ke 130 destinasi di Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Utara, dan Australia, memperkuat komitmen AAX terhadap konektivitas global.

Kejar Target Kunjungan Wisatawan

YB Dato’ Sri Tiong King Sing, Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia, menyatakan, peluncuran penerbangan pertama AirAsia X ke Nairobi adalah pencapaian yang membanggakan.

"Kami berharap bisa menerima lebih banyak wisatawan dari Kenya untuk menikmati destinasi indah di Malaysia seperti Kuching, Kota Kinabalu, Penang, dan Langkawi, dengan target mencapai 35,6 juta wisatawan dan RM 147,1 miliar pada Visit Malaysia 2026," katanya seperti ditulis, Selasa (2/7/2024).

Tony Fernandes, CEO Capital A, menambahkan, dirinya sangat bersemangat mengumumkan rute baru ini yang menghubungkan Malaysia dan Kenya langsung.

"Pencapaian ini datang setelah kemenangan ke-15 kami sebagai Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia dari Skytrax. Rute baru ini mempererat hubungan pariwisata, bisnis, dan perdagangan antara Asia dan Afrika, dan mengukuhkan impian kami untuk menjadikan Kuala Lumpur sebagai pusat maskapai berbiaya hemat global," uajr Tony.