Sukses

Top 3: Jokowi Teken Perpres IKN, Pengusaha Bisa Kelola Lahan 190 Tahun

Berikut tiga artikel terpopuler di Kanal Bisnis Liputan6.com yang dirangkum pada Sabtu, 12 Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merilis Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2024 tentang Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu yang diatur adalah Hak Guna Usaha (HGU) lahan hingga 190 tahun.

Beleid yang diteken Jokowi pada 11 Juli 2024 itu salah satunya mengatur penggunaan atau pengelolaan lahan oleh pengusaha. Pelaku usaha di kawasan IKN bisa menggunakan lahan atas skema HGU dengan 2 kali perpanjangan.

Dalam Pasal 9 ayat (1) tertuang Otorita IKN bisa memberikan hak atas tanah kepada pelakubusaha dengan 2 siklus. Siklus pertama merupakan jaminan kepastian, dan siklus kedua merupakan perpanjangan yang diatur dalam perjanjian.

Lama waktu HGU yang didapat pengusaha bisa mencapai 190 tahun. Dengan rincian pemberian pada siklus pertama untuk pengelolaan 95 tahun, dan bisa diperpanjang dengan waktu yang sama.

Artikel Jokowi Teken Perpres IKN, Pengusaha Bisa Kelola Lahan 190 Tahun menyita perhatian pembaca di Kanal Bisnis Liputan6.com. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Kanal Bisnis Liputan6.com? Berikut tiga artikel terpopuler di Kanal Bisnis Liputan6.com yang dirangkum pada Sabtu (12/7/2024):

1.Jokowi Teken Perpres IKN, Pengusaha Bisa Kelola Lahan 190 Tahun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merilis Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2024 tentang Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu yang diatur adalah Hak Guna Usaha (HGU) lahan hingga 190 tahun.

Beleid yang diteken Jokowi pada 11 Juli 2024 itu salah satunya mengatur penggunaan atau pengelolaan lahan oleh pengusaha. Pelaku usaha di kawasan IKN bisa menggunakan lahan atas skema HGU dengan 2 kali perpanjangan.

Dalam Pasal 9 ayat (1) tertuang Otorita IKN bisa memberikan hak atas tanah kepada pelakubusaha dengan 2 siklus. Siklus pertama merupakan jaminan kepastian, dan siklus kedua merupakan perpanjangan yang diatur dalam perjanjian.

Lama waktu HGU yang didapat pengusaha bisa mencapai 190 tahun. Dengan rincian pemberian pada siklus pertama untuk pengelolaan 95 tahun, dan bisa diperpanjang dengan waktu yang sama.

Berita selengkapnya baca di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.Harga Emas Dunia Cetak Rekor Termahal

Harga emas melonjak lebih dari 1% pada perdagangan Kamis (Jumat waktu Jakarta) hingga menembus level USD 2.400 per ons. Harga emas dunia melonjak setelah data menunjukkan harga konsumen Amerika Serikat (AS) secara tak terduga turun bulan lalu, meningkatkan prediksi untuk penurunan suku bunga oleh Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed).

Dikutip dari CNBC, Jumat (12/7/2024), harga emas di pasat spot naik 1,8% menjadi USD 2.414,40 per ons, tertinggi sejak 22 Mei. Sedangkan harga emas berjangka AS naik sekitar 1,6% menjadi USD 2.418,70.

“Harga emas melonjak di atas USD 2.400 karena angka CPI yang bersahabat hampir memperkuat pemangkasan suku bunga pada bulan September. Para pegiat emas kemungkinan akan mencapai titik tertinggi baru minggu depan,” kata Pedagang Logam independen di New York Tai Wong.

Harga emas di pasar spot mencapai rekor tertinggi USD 2.449,89 per ons pada tanggal 20 Mei.

Harga konsumen AS turun secara tak terduga dan kenaikan tahunan tersebut merupakan yang terkecil dalam setahun, memperkuat pandangan bahwa tren deflasi kembali pada jalurnya dan membawa The Fed selangkah lebih dekat untuk memangkas suku bunga.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 3 halaman

3.Inggris Mulai Pulih dari Resesi, Ekonomi Tumbuh 0,4% pada Mei 2024

Perekonomian Inggris tumbuh sebesar 0,4% pada bulan Mei 2024, menurut angka awal yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Nasional Inggris.

Pertumbuhan ekonomi terjadi seiring lonjakan poundsterling ke level tertinggi dalam empat bulan terhadap dolar AS.

Melansir CNBC International, Jumat (12/7/2024) pertumbuhan produk domestik bruto Inggris menandai capaian negara itu keluar dari resesi dangkal pada kuartal pertama 2024.

Sektor jasa yang dominan di Inggris terus menunjukkan pertumbuhan sebesar 0,3% pada Mei 2024, karena output produksi dan konstruksi pulih dari kerugian, masing-masing meningkat sebesar 0,2% dan 1,9%.

Pound Sterling menguat 0,14% terhadap dolar AS pada level USD 1,2863 pada pukul 8:30 pagi waktu London, level tertinggi untuk mata uang Inggris sejak 8 Maret 2024, menurut data LSEG.

Pemulihan secara luas ini disambut baik oleh Partai Buruh yang baru terpilih, seiring Perdana Menteri baru Keir Starmer menjalani minggu pertamanya menjabat.

Berita selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini