Sukses

Transportasi Canggih Trem Otonom Ditarget Tiba di IKN Akhir Juli 2024

Setelah sampai di IKN, komponen Trem Otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. Kemudian, akan dilakukan pula persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap kabar terbaru penyediaan rangkaian Autonomous Rail Transit (ART) atau trem otonom. Terbaru, rangkaian trem otonom sudah dikirim dari China dan dijadwalkan tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli 2024.

Dia mengatakan, jika berjalan sesuai rencana, makan trem otonom bisa beroperasi pada Agustus 2024 nanti. Hal ini disampaikan Menhub saat meninjau lokasi jalur Trem Otonom di Jalan Sumbu Kebangsaan pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

“Rangkaian Trem Otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Menurut perhitungan, kapal ekspedisi yang mengangkut Trem otonom tersebut akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai. Dengan demikian, Trem Otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024,” ujar Menhub Budi dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

Dia menjelaskan, setelah sampai di IKN, komponen Trem Otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. Kemudian, akan dilakukan pula persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024.

Adapun rencana showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

“Semoga jadwal ini dapat terealisasi sesuai rencana, dan Trem Otonom di IKN benar-benar bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” tuturnya.

Dia menambahkan, Trem Otonom merupakan lompatan penggunaan teknologi baru dalam dunia transportasi di Indonesia, yakni kereta api tanpa rel. Trem Otonom akan beroperasi menggunakan baterai dengan pengoperasian dipandu melalui pembacaan marka jalan melalui sensor, sehingga kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi fosil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Halte Trem Dibangun Kementerian PUPR

Guna mendukung operasional itu, nantinya dibangun halte di sekitar Jalan Sumbu Kebangsaan. Halte ini akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menhub menerangkan Jalan Sumbu Kebangsaan yang akan dilalui Trem Otonom punya tekstur sangat halus. Hal ini tentu akan membuat nyaman para pengendara dan penumpang yang melintas.

“Menariknya, halte yang akan dibangun ini nantinya tak hanya berguna sebagai tempat menaik-turunkan penumpang, namun juga akan berfungsi sebagai tempat melakukan charging (pengisian daya),” pungkasnya.

Untuk diketahui, Trem Otonom yang didatangkan ke Indonesia berjumlah satu trainset yang terdiri atas tiga kereta. Menurut Menhub, Trem Otonom yang dihadirkan ini sudah terbukti keandalannya, sebab telah diakui di beberapa negara.

 

3 dari 4 halaman

Menhub Budi Karya Mulai Berkantor di IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Beberapa tugasnya dijalankan dari lokasi tersebut.

Menhub Budi diketahui mulai berkantor di IKN sejak Kamis, 11 Juli 2024. Dia menempati Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) atau rumah dinasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Beberapa rapat pun dilakukan di rumah dinasnya.

“Sudah dua hari ini saya berdinas di rumah jabatan Menteri di IKN," ungkap Menhub Budi dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

"Selama itu pula, saya telah melakukan sejumlah rapat dan koordinasi dengan beberapa pihak untuk membahas isu-isu terkait kesiapan infrastruktur transportasi di IKN,” imbuhnya.

Misalnya, rapat dengan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim dan Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR Wida Nurfaida, pada Jumat (12/7) sore. Rapat tersebut membahas sejumlah isu, mulai dari progres pembangunan infrastruktur ART, rencana uji coba ART.

Kemudian, rencana implementasi manajemen lalu lintas saat upacara Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024, hingga dukungan Ditjen Perhubungan Darat dalam pembangunan IKN.

 

4 dari 4 halaman

Transportasi Cerdas Masa Depan

Terkait pembahasan Autonomous Rapid Transit (ART), Menhub Budi bilang itu akan menjadi transportasi masa depan. Menurutnya, ini yang akan jadi salah satu transportasi unggulan di IKN.

"ART atau Trem Otonom ini akan menjadi model transportasi cerdas yang akan beroperasi di Kawasan Inti Pemerintahan IKN Nusantara," ucap Menhub lewat akun Instagram resminya, @budikaryas.

"Sudah enggak sabar ya untuk mencoba langsung di IKN," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini