Sukses

Mau Gelar Resepsi Pernikahan Megah Ala Anant Ambani? Ini 5 Tips Biar Tak Terlalu Boncos

Pernikahan yang indah tidak harus mahal dan ada cara untuk menampilkan pertunjukan spektakuler dengan anggaran yang jauh lebih kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Acara resepsi pernikahan mewah Anant Ambani dan Radhika Merchant tengah menjadi perbincangan saat ini, yang akan berlangsung di akhir pekan ini sampai Senin besok. Seperti diketahui, Anant Ambani adalah putra bungsu dari miliarder Mukesh Ambani, bos konglomerat India Reliance Industries.

Mengutip CNBC International, Minggu (14/7/2024) total biaya pernikahan Anant Ambani diperkirakan antara USD 132 juta (Rp 2,1 triliun) hingga USD 156 juta (Rp 2,5 triliun). Angka ini menurut hitungan BBC meskipun keluarga tersebut belum mengungkapkan angkanya.

Kemewahan termasuk acara pra-pernikahan selama tiga hari sejak Maret itu berlangsung di kampung halaman keluarga Ambani di Jamnagar, negara bagian Gujarat, India.

1.200 tamu yang terdiri dari pesohor dunia hadir dalam acara itu, termasuk Mark Zuckerberg (CEO Meta) dan bintang Bollywood Shah Rukh Khan.

Karishma Manwani, seorang perencana pernikahan mewah di London yang bekerja dengan keluarga kaya, mengungkapkan bahwa kliennya biasanya menghabiskan antara 200.000 poundsterling (Rp 4,1 miliar) dan 1 juta poundsterling (Rp 20,9 miliar).

Sementara itu, klien Priya Suglani, pendiri perusahaan acara dan perencanaan pernikahan Pristine Events, cenderung menghabiskan antara 40.000 poundsterling (Rp 836,6 juta) hingga 130.000 poundsterling (Rp 2,7 miliar).

Namun menurut Manwani dan Suglani, pernikahan yang indah tidak harus mahal dan ada cara untuk menampilkan pertunjukan spektakuler dengan anggaran yang jauh lebih kecil.

 

"Saya selalu berkata kepada pasangan, pilihlah lima hal yang tidak dapat dinegosiasikan, jadi pilihlah lima hal yang paling berarti bagi Anda di pesta pernikahan," kata Suglani.

 

"Habiskan sebagian besar uang Anda untuk itu, sehingga Anda tetap bisa mendapatkan pernikahan pribadi yang sangat bagus dan barang yang Anda pesan memiliki kualitas yang sangat bagus," bebernya.

Berikut adalah enam tips menyelenggarakan pernikahan mewah tanpa mengeluarkan banyak uang:

Sempurnakan daftar tamu

Menyempurnakan daftar tamu akan memangkas biaya dan memungkinkan Anda membelanjakan lebih banyak untuk area lain.

"Cobalah dan hadirkan orang-orang yang benar-benar Anda inginkan di sana dan orang-orang yang akan Anda rindukan jika Anda tidak melihat mereka di lantai dansa malam itu," kata Karishma Manwani. 

Faktanya, ada tren yang berkembang dalam perayaan pernikahan yang mengundang lebih sedikit orang, namun menyebar ke area lain, menurut Priya Suglani.

"(Orang-orang) sekarang memiliki daftar tamu sebanyak 200 orang sehingga mereka dapat melakukan hal-hal lain yang tidak akan mereka dapatkan sebelumnya jika mengundang 500 orang," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat Sendiri

Priya Suglani menyarankan untuk leboh kreatif dalam hal efektivitas biaya, dan hal ini bisa melibatkan pembuatan sendiri di rumah.

"Saat ini Anda dapat melakukan hal-hal seperti membuat alat tulis sendiri dan mencetaknya," kata dia.

Pertimbangkan Mengadakan Resepsi di Luar Akhir Pekan

Karishma Manwani menyarankan pasangan untuk sefleksibel mungkin dengan tanggal pernikahan mereka untuk menghemat banyak uang.

"Pertimbangkan pernikahan di hari kerja. Jangan pergi pada puncak hari libur bank pada hari Sabtu di Inggris, karena harga tempat akan jauh lebih mahal. Pemasok akan lebih banyak diminati. Jadi tidak ada yang mau bernegosiasi. Tidak ada seorang pun yang mau memberi Anda banyak hal," jelas dia.

"Tetapi jika Anda pergi di luar jam sibuk, pada hari kerja… pemasok bebas pada hari itu. Mereka akan dengan senang hati memberi Anda penawaran bagus yang cocok untuk Anda. Jadi, Anda akan mendapatkan pemasok terbaik, Anda akan mendapatkan tempat yang diinginkan dengan harga yang wajar tanpa membayar mahal," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Selenggarakan Beberapa Acara di Rumah

Jika Anda merencanakan berbagai acara prewedding seperti keluarga Ambani, mengadakannya di rumah adalah cara yang nyaman dan murah, menurut Karishma Manwani.

"Lakukan di halaman belakang rumah daripada mengadakan keseluruhan acara, karena setiap kali Anda punya tempat, ada minimum pengeluaran di sana dan Anda harus menyediakan banyak barang dan Anda ingin mendapat lebih banyak tamu karena tempat tersebut bisa menampung 100 tamu jadi Anda akhirnya akan mengundang 100 tamu," jelasnya.

"Tetapi jika Anda melakukannya di rumah dan hanya dapat menampung 25 tamu, Anda akan tetap mengikuti daftar itu," jelas dia.

Gunakan Hiasan Bunga Palsu

Rangkaian bunga dapat membuat pernyataan besar di acara pernikahan, namun bunga segar bukanlah satu-satunya pilihan, menurut Priya Suglani.

"Saat ini kami memiliki pilihan bunga palsu yang menakjubkan yang masih memberikan kesan dramatis dan menarik, namun harganya jauh lebih murah," ungkap Suglani.

Jika bunga segar adalah suatu keharusan untuk pernikahan Anda, maka pertimbangkan musimnya, kata Karishma Manwani.

"Beberapa pengantin datang kepada saya, dan mereka memiliki bunga favorit, tetapi ini bukan musimnya. Jadi kita harus impor dari Belanda atau dari negara lain. Namun jika Anda bermain-main dengan apa yang tersedia pada waktu itu, Anda akan mendapatkan tampilan yang indah tanpa harus membayar mahal untuk logistik yang tidak dilihat oleh siapa pun," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.