Sukses

KB Bank Pelopori Mekanisme Penilaian Kredit Berbasis AI di Indonesia

KB Bank berkolaborasi dengan PFC Technologies membangun dan meningkatkan mekanisme penilaian pada penyaluran kredit pensiunan dan UMKM, dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI).

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi, sektor perbankan terus berupaya menciptakan operasional bisnis yang seamless dengan manajemen risiko yang tepat. 

Untuk melengkapi transformasi digital perbankan, PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (IDX: BBKP) menggandeng PFC Technologies dari Korea Selatan untuk membangun dan meningkatkan mekanisme penilaian pada penyaluran kredit pensiunan dan UMKM, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Kolaborasi inovatif melalui implementasi model penyaluran kredit berbasis AI pertama di Indonesia ini, ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara KB Bank dan PFC Technologies pada hari Jum’at tanggal 19 Juli 2024 bertempat di Banking Hall, Kantor Pusat KB Bank. 

Turut hadir dalam penandatanganan MoU ini, Direktur KB Bank; Dodi Widjajanto, CEO PFC Technologies; Soohwan Lee, dan CIO PFC Technologies; Nathan Na.

Direktur KB Bank, Dodi Widjajanto menyampaikan pihaknya sangat senang bermitra dengan PFC Technologies untuk membawa model kredit berbasis AI ke Indonesia.

"Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen kami terhadap inovasi dan keunggulan dalam layanan keuangan. Kami mengantisipasi pertumbuhan yang signifikan dalam portofolio pinjaman kami dengan manajemen risiko yang lebih baik," kata Dodi Widjajanto.

Kolaborasi antara KB Bank dan PFC Technologies ini diharapkan dapat merevolusi proses penilaian kredit, dengan target pengurangan debitur berisiko tinggi sebesar 2%-3%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Pinjaman yang Inovatif dan Efisien

Dengan memanfaatkan algoritma canggih dan analitik data berbasis AI, kolaborasi KB Bank dan PFC Technologies ini menawarkan solusi pemberian pinjaman yang inovatif dan efisien melalui proses pengambilan keputusan yang berbasis data holistik, optimalisasi proses penilaian risiko kredit, dan personalisasi pengalaman bagi nasabah.

CEO PFC Technologies, Soohwan Lee mengatakan pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan KB Bank di Indonesia untuk memungkinkan FC Technologies menawarkan solusi berbasis AI kami yang telah diadopsi oleh institusi keuangan terkemuka di Korea.

"Melalui kemitraan ini, harapan kami adalah untuk memajukan teknologi manajemen risiko di Indonesia dan berkontribusi pada kehidupan finansial yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia," kata Soohwan Lee.

PFC Technologies adalah perusahaan asal Korea Selatan yang mengkhususkan diri di bidang pengembangan AI. Bekerja sama dengan sejumlah institusi keuangan global, seperti Bain Capital, Goldman Sachs Korea dan lainnya, PFC Technologies Inc memiliki pengalaman dalam menyederhanakan proses penilaian untuk penyaluran kredit sehingga meningkatkan efisiensi, dan membuat keputusan pemberian pinjaman yang lebih akurat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini