Sukses

Kamala Harris Sudah Punya Donor Jumbo untuk Maju Pilpres AS

Di antara penggalang dana partai terkemuka yang sekarang berencana membantu kampanye Kamala Harris adalah eksekutif lama Wall Street, Marc Lasry.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Kamala Harris dikabarkan sudah mendapat dukungan pendanaan dalam jumlah besar untuk pencalonan presiden dalam Pilpres AS 2024.

Sejumlah sumber menyebut, pendanaan tersebut berasal dari bantuan para pendonor yang telah membantunya dalam pilpres AS sebelumnya.

"Saya telah berhubungan dengan banyak pendukungnya dari New York hingga California dan kami sedang bersiap untuk memulai mesin penggalangan dana," kata Jon Henes, ketua keuangan nasional Kamala Harris selama pencalonannya dalam Pilpres 2020, dikutip dari CNBC International, Senin (22/7/2024).

"Saya menerima lebih dari 200 SMS, telepon, dan email hari ini tentang orang-orang yang ingin mengadakan acara dan memberikan donasi," bebernya.

Di antara penggalang dana partai terkemuka yang sekarang berencana membantu kampanye Kamala Harris adalah eksekutif lama Wall Street, Marc Lasry, menurut seseorang sumber.

Sebelumnya, Lasry telah membantu mengumpulkan dana untuk Harris ketika dia mencalonkan diri di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat tahun 2020.

Lasry kemudian mengumpulkan uang kampanye untuk Biden ketika dia mengalahkan Trump selama siklus pemilu tersebut

Namun bukan hanya para donatur besar yang mengungkapkan dukungan pada Harris.

Platform donasi progresif ActBlue awalnya mengatakan bahwa mereka mengumpulkan USD 27,5 juta atau Rp.446,2 miliar dari donatur dalam jumlah kecil setelah Biden mencalonkan Harris.

Kemudian, perusahaan mengumumkan telah mengumpulkan lebih dari USD 45 juta atau Rp.730,1 miliar.

Tak lama setelah dukungan tersebut, tim kampanye Biden untuk Presiden mengajukan dokumen kepada Komisi Pemilihan Umum Federal untuk mengubah namanya menjadi "Harris untuk Presiden."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kumpulan Dana Lainnya

Pemodal ventura Reid Hoffman juga berencana untuk menyumbang pencalonan Harris dalam Pilpres AS 2024, menurut seseorang SUMBER.

Hoffman sendiri telah menyumbangkan setidaknya USD 10 juta untuk mendukung komite aksi politik Biden sejauh pemilu ini, menurut catatan Komisi Pemilihan Federal.

Hoffman mendukung Harris dalam postingan media sosial. Juru bicara Hoffman menolak berkomentar.

Adapun manajer investigasi di pusat penelitian keuangan kampanye OpenSecrets, Anna Massoglia menyebutkan bahwa Harris kemungkinan bisa mendapatkan akses langsung ke dana sumbangan kampanye Biden yang berjumlah sekitar USD 96 juta atau Rp.1,5 triliun.

"Konsensus umum di antara sebagian besar orang yang saya ajak bicara adalah bahwa dia dapat menggunakan dana tersebut," kata Massoglia.

Massoglia mencatat bahwa beberapa pengacara pemilu yang konservatif percaya bahwa Harris perlu secara resmi menjadi calon dari Partai Demokrat sebelum mendapatkan akses penuh ke dana kampanye, meskipun dia menambahkan bahwa hal tersebut hanya mewakili "sebagian kecil" pendapat para pengacara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.