Sukses

Australia Lirik Stasiun Pengisian Energi Hidrogen PLN

PLN Indonesia Power (PLN IP) melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan penggunaan energi bersih pada sektor transportasi, dengan mengadirkan stasiun pengisian kendaraan hidrogen atau Hydrogen Refuelling Stastion (HRS). Aksi korporasi ini pun mendapat perhatian Pemerintah Australia.

Liputan6.com, Jakarta PLN Indonesia Power (PLN IP) melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan penggunaan energi bersih pada sektor transportasi, dengan mengadirkan stasiun pengisian kendaraan hidrogen atau Hydrogen Refuelling Stastion (HRS). Aksi korporasi ini pun mendapat perhatian Pemerintah Australia.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, fasilitas HRS untuk kendaraan dengan sumber energi hidrogen ini merupakan bentuk komitmen PLN Indonesia Power dalam mendukung transisi energi, dengan menyediakan energi alternatif yang minim emisi.

"Hidrogen ini merupakan energi yang minim emisi, jadi dengan adanya HRS kita mendukung transisi energi yang menjadi penunjang Indonesia mencapai target Net Zero Emission pada 2060," kata Edwin.

Penggunaan energi hidrogen pada kendaraan diyakini dapat menekan emisi karbon dari sektor transportasi. Pasalnya, sektor transportasi berkontribusi 44 persen dari total emisi karbon di Indonesia.

HRS pertama di Indonesia milik PLN Indonesia Power ini pun menjadi objek studi delegasi dari Department of Climate Change, Energy, the Environment and Water (DCCEEW) Kedutaan Besar Australia.

Selain mengunjungi Hydrogen Refuelling Station, delegasi DCCEEW juga berkesempatan mendapatkan wawasan tentang Hydrogen Generator dan Hydrogen Center yang menjadi pusat pelatihan terkait hidrogen.

Edwin yang hadir saat kunjungan delegasi Kedubes Australia menjelaskan, HRS di Senayan Jakarta telah dibangun dengan teknologi yang mutakhir. Teknologi HRS menjamin proses pengisian aman dan efisien bagi kendaraan hidrogen.

"Sistem ini dilengkapi dengan sensor canggih yang dapat mendeteksi kebocoran dan memutus aliran gas secara otomatis jika terdeteksi ada masalah," tuturnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keberhasilan PLN

Secretary Department of Climate Change, Energy,The Environment, and Water (DCCEEW) Mr. David Fredericks menunjukkan kekagumannya atas keberhasilan PLN Indonesia Power dalam membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen pertama di Indonesia. Menurutnya, pemanfaatan hidrogen untuk kendaraan menjadi pencapaian luar biasa PLN IP jadi masa depan EBT di Indonesia.

"Ini pencapaian yang sangat luar biasa, kami pikir PLN IP seharunya sangat bangga dengan seberapa cepatnya berhasil membangun fasilitas ini dan sungguh berkomitmen untuk menjadikan hidrogen sebagai bagian dari masa depan energi terbarukan Indonesia," kata Fredericks.

Hidrogen untuk HRS Senayan ini dipasok dari 22 GHP milik PLN. Selain 21 GHP eksisting, saat ini PLN telah menambah 1 GHP di PLTP Kamojang. Total GHP tersebut mampu memproduksi 203 ton/tahun green hydrogen. Dimana 75 ton hidrogen ini digunakan untuk kebutuhan operasional pembangkit. Sementara, 128 ton digunakan untuk mendukung kendaraan hidrogen.

 

3 dari 3 halaman

Poduksi Green Hydrogen

Total kapasitas produksi green hydrogen tersebut bisa digunakan untuk 438 mobil dalam setahun, dengan asumsi setiap mobil menempuh jarak 100 km/hari.Penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar bersih juga dapat menghemat impor BBM hingga 1,59 juta liter per tahun dan mampu mereduksi emisi hingga 4,15 juta ton CO2 per tahun.

Kisah sukses ini menjadi satu dari sekian banyak keberhasilan transformasi PLN IP di masa kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir. Kedepan PLN IP terus berfokus pada energi baru terbarukan dan upaya pengurangan emisi karbon untuk mencapai target Net Zero Emissions 2060. Hal ini sejalan dengan visi PLN untuk menjadi perusahaan berkelas dunia menuju Top Fortune Global 500.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini