Sukses

Kereta Otonom Tiba di IKN Pekan Ini, Menhub Langsung Cek

Kereta otonom tanpa rel telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Lapal ekspedisi yang mengangkut Trem otonom tersebut akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan rangkaian Autonomous Rapid Transit (ART) atau kereta otonom tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pekan ini. Dia akan langsung mengecek dalam waktu dekat.

Diketahui, ada sekitar satu rangkaian dengan 3 kereta yang dikirim langsung dari China sekitar 2 pekan lalu. Akhirnya, kereta otonom tanpa rel itu akan tiba di IKN.

"Ya, semua sektor sedang menindaklanjuti apa yang menjadi kereta api kita mempunyai suatu ide teknologi baru, kereta tanpa rel," ucap Menhub Budi, ditemui di Jakarta, dikutip Sabtu (27/7/2024).

Dia mengatakan, akhir pekan ini akan mengecek kedatangan rangkaian kereta otonom tadi. Harapannya, dalam waktu dekat bisa dilakukan uji coba.

"InsyaaAllah hari-hari ini ART-nya sudah datang ke IKN. Nanti hari Minggu saya ke sana, sudah melihat ada di sana," paparnya.

Selain kereta otonom tadi, Menhub tengah mempersiapkan moda transportasi darat. Nantinya sebagian besar operasionalnya ditopang kendaraan listrik.

"Lalu di sektor udara kita lagi membangun dan mempersiapkan Bandara International Nusantara ini sedang kita finalisasi," ucapnya.

"Lalu yang terakhir, tidak kalah pentingnya bahwa di laut kita juga menyediakan kapal-kapal phinisi yang bisa digunakan oleh masyarakat. Sehingga atmosfer di IKN itu menjadi lebih cantik, bermakna, dan kita tahu bahwa teluk Balikpapan itu indah sekali. Jadi bisa dilihat," imbuh Menhub Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kereta Otonom

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap kabar terbaru penyediaan rangkaian Autonomous Rail Transit (ART) atau trem otonom. Terbaru, rangkaian trem otonom sudah dikirim dari China dan dijadwalkan tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli 2024.

Dia mengatakan, jika berjalan sesuai rencana, trem otonom bisa beroperasi pada Agustus 2024 nanti. Hal ini disampaikan Menhub saat meninjau lokasi jalur Trem Otonom di Jalan Sumbu Kebangsaan pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

“Rangkaian Trem Otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Menurut perhitungan, kapal ekspedisi yang mengangkut Trem otonom tersebut akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai. Dengan demikian, Trem Otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024,” ujar Menhub Budi dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

 

3 dari 3 halaman

Uji Coba Agustus 2024

Dia menjelaskan, setelah sampai di IKN, komponen Trem Otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. Kemudian, akan dilakukan pula persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024.

Adapun rencana showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

“Semoga jadwal ini dapat terealisasi sesuai rencana, dan Trem Otonom di IKN benar-benar bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” tuturnya.

Dia menambahkan, Trem Otonom merupakan lompatan penggunaan teknologi baru dalam dunia transportasi di Indonesia, yakni kereta api tanpa rel. Trem Otonom akan beroperasi menggunakan baterai dengan pengoperasian dipandu melalui pembacaan marka jalan melalui sensor, sehingga kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi fosil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.