Sukses

5 Cara Cepat Jadi Orang Kaya

Para perencana keuangan sepakat bahwa seseorang harus mengelola keuangan dengan baik sejak menerima gaji pertama mereka. Diharapkan dengan langkah ini seseorang mampu merdeka secara finansial.

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur keuangan harus diajarkan sedini mungkin. Selama ini para miliarder tidak mendapatkan harta mereka secara kilat tetapi berjuang bekerja keras dan mengelola kekayaan dengan baik. 

Para perencana keuangan sepakat bahwa seseorang harus mengelola keuangan dengan baik sejak menerima gaji pertama mereka. Diharapkan dengan langkah ini seseorang mampu merdeka secara finansial.

Dengan begitu, kunci sukses dari finansial orang kaya ialah mengatur keuangan secara baik dan bijaksana.

Berikut beberapa cara orang kaya dalam mengatur uang:

1. Tidak Berhutang

Melansir laman DBS, bagi kebanyakan orang masih menganggap hutang merupakan solusi masalah keuangan, padahal tidak demikian. Bagi orang kaya, hutang berpotensi menggerus pendapatan karena beban bunga yang harus dibayar setiap tanggal jatuh tempo.

"Bagi orang kaya, hutang hanya akan membuat menderita. Prinsip ini yang menjadikannya lebih berhati-hati dalam berbelanja, apalagi harus menggunakan uang pihak lain," tulis DBS dikutip Selasa (30/7/2024).

2. Mempunyai dana darurat

Acap kali pengeluaran tidak terduga bisa menjadikan kondisi keuangan berantakan, bahkan sampai terpaksa utang. Sementara jenis pengeluaran ini bisa kapan saja terjadi.

Sebagai antisipasi, orang kaya selalu menyiapkan dana darurat dalam rekening tabungan. Dengan demikian, jika Anda membutuhkannya bisa langsung mengambilnya.

Umumnya jumlah dana darurat yang harus tersedia bervariasi, tergantung pengeluaran bulanan masing-masing orang. Namun, ada baiknya menyiapkan dana darurat hingga 6, bahkan 12 bulan dari pengeluaran bulanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Fokus menambah sumber penghasilan

Rahasia lainnya, orang kaya tidak pernah puas dengan satu sumber penghasilan. Dengan ini, mereka acap kali menambah usaha atau bisnis. Tanpa disadari cara inilah yang menjadikan orang kaya terus bertambah kekayaannya.

Selain itu, salah satu rahasia yang menjadikan seseorang bisa menjadi kaya adalah karena mempunyai semangat kerja tinggi dan memanfaatkan semua potensi untuk mendapatkan pemasukan.

Selanjutnya, ketika pemasukan bertambah orang kaya ini akan memanfaatkan pendapatan mereka untuk hal-hal yang menjadi prioritas dan menyimpan kelebihan dananya untuk tabungan.

"Ini merupakan prinsip yang seharusnya dijadikan contoh agar semua orang bisa menjadi kaya dan mendapatkan kebebasan finansial," ungkap DBS.

4. Membeli produk investasi

Kebiasaan lain orang kaya dalam mengelola keuangan ialah selalu mengutamakan untuk membeli produk investasi. Instrumen keuangan ini bukan hanya bisa sebagai alat untuk menyimpan aset tetapi juga mengembangkannya secara maksimal.

Keuntungan lainnya, mempunyai banyak aset dalam bentuk investasi, pemasukannya pun terus bertambah. Apalagi bagi individu yang mempunyai banyak jenis usaha.

 

3 dari 3 halaman

5. Tidak belanja secara berlebihan

Secara umum prinsip orang kaya ketika memiliki uang ialah fokus menambah tabungan sehingga saldonya semakin banyak.

Sebaliknya, mereka sebisa mungkin menghindari kegiatan belanja secara berlebihan yang hanya akan mengurangi saldo tabungan.

Ingat, ciri orang kaya selalu berpikir untung rugi sebelum membeli suatu barang. Mereka akan memikirkan manfaat yang bisa diperoleh dari barang tersebut. Fokus mereka bukan pada benda, tetapi kebebasan finansial sehingga selalu memprioritaskan untuk menambah isi rekening tabungan.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini