Sukses

Hari Kedua Berkantor di IKN, Intip Menu Sarapan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijamu dengan menu sarapan pagi soto banjar hingga minuman wedang sereh pada hari kedua berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijamu dengan menu sarapan pagi soto banjar hingga minuman wedang sereh pada hari kedua berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Menu makan pagi nasi putih, soto banjar, nasi kuning, ayam habang, daging kalio, telur, ikan asin, mi goreng," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana terkait menu sarapan Jokowi di IKN Nusantara dikutip dari Antara, Selasa (30/7/2024).

Selain menu makan utama, kata Yusuf, Presiden dan Iriana Joko Widodo juga dihidangkan aneka varian telur, aneka roti, bubur kacang hijau, bubur sumsum, cenil, serta aneka rebusan.

Sebagai makanan penutup, Sekretariat Presiden juga menyediakan buah, jeruk madu, pepaya California, jus jeruk, dan wedang sereh.

Agenda Kegiatan Jokowi Hari Ini

Adapun agenda kegiatan Presiden hari ini, di antaranya menerima pengusaha lokal di sekitar IKN sekitar pukul 09.30 WITA di Istana Garuda IKN.

"Presiden ingin mengajak dan memberi kesempatan kepada pengusaha lokal sekitar IKN untuk ikut berperan serta dan bersama-sama menjemput masa depan di IKN," kata Yusuf.

Adapun, pengusaha lokal tersebut terdiri atas Kadin Daerah Provinsi Kaltim, Kadin Daerah Balikpapan, Kadin Daerah Samarinda, Kadin Daerah Penajam Paser Utara, Hipmi Provinsi Kaltim, Hipmi Balikpapan, Hipmi Samarinda, dan Hipmi Penajam Paser Utara.

Setelah menerima pengusaha lokal, Kepala Negara lanjut menerima jajaran pengamanan dari unsur TNI dan Polri.

"Bapak Presiden ingin Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali," katanya.

Yusuf menyampaikan, Presiden Jokowi akan menerima jajaran pengamanan yang terdiri atas Pangdam VI/MLW, Kapolda Kaltim, Danrem 091/ASN, Dandim 0913/Penajam Paser Utara, ⁠Kapolres Penajam untuk mendapatkan laporan atas keamanan pada pukul 10.15 WITA.

Presiden Jokowi mulai berkantor di Istana Garuda, IKN, mulai Senin (29/7) ini. Pada hari pertama berkantor, Jokowi melakukan rapat dengan Otorita IKN dan Menteri Perhubungan serta menerima jajaran pemerintah daerah di Kaltim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Hanya Influencer, Jokowi Bakal Ajak Sekitar 500 Relawan ke IKN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mengajak para relawan untuk berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada awal Agustus 2024.

Rencana tersebut, disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan, Sabtu, 27 Juli 2024.

Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Utje Gustav, mengungkapkan tanggal keberangkatan relawan ke IKN pada awal Agustus masih tentatif.

“Bisa tanggal 4 Agustus, bisa tanggal 11 Agustus, bisa juga setelah tanggal itu. Tapi yang pasti bukan di hari kerja. Lebih kurang 500 relawan," kata Utje, saat dikonfirmasi, Senin (29/7/2024).

Utje menjelaskan, agenda relawan berkunjung ke IKN, lantaran IKN salah satu warisan pemerintahan Presiden Jokowi.

“IKN itu salah satu legacy pemerintahan pak Jokowi, itu berarti legacy relawan juga," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Umum Jokowi Mania Immanuel Ebenezer (Noel) mengatakan, tujuan berkunjung ke IKN untuk mengkomunikasikan pesan khusus seperti persiapan Upacara 17 Agustus hingga transisi pemerintahan ke Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

“Setiap pertemuan tuh kan pasti akan ada yang dikomunikasikan. Pesan yang disampaikan presiden. Mungkin persiapan 17 Agustus, transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo. banyak lah pasti," kata Noel.

 

3 dari 3 halaman

IKN Tetap Berjalan

Selain itu, kata Noel, untuk membangun narasi bahwa IKN tetap berjalan dan tak mungkin ditinggalkan.

"Udah pasti lah itu. sekarang opini kan seakan akan IKN tidak ada. IKN ditinggalkan. Enggak lah. Lanjut itu IKN," ujar dia.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi sudah berada di kawasan IKN sejak, Minggu (28/7). Presiden Jokowi juga telah meresmikan jembatan Pulau Balang di Kaltim yang akan mempercepat akses jalur darat dari Balikpapan ke kawasan IKN.

Usai meresmikan jembatan, Presiden Jokowi didampingi Iriana Jokowi dan beberapa influencer media sosial Tanah Air juga menginap di kawasan IKN.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini