Sukses

2 Hari Berkantor di IKN, Jokowi Balik ke Jakarta Hari Ini

Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertolak ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa hari ini, setelah berkantor dan menerima sejumlah tamu di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan bertolak ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa hari ini, setelah berkantor dan menerima sejumlah tamu di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Rencananya hari ini Presiden (Jokowi) kembali ke Jakarta," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dikutip dari Antara, Selasa (30/7/2024).

Ari menyampaikan sampai hari ini belum ada informasi Presiden Joko Widodo akan menggelar sidang kabinet paripurna baik di IKN maupun di Istana Jakarta.

Menurutnya hal itu masih akan dijadwalkan nanti. Presiden Joko Widodo berada di IKN sejak Minggu (28/7) dan mulai berkantor di Istana Garuda IKN, sejak Senin (29/7) hingga Selasa hari ini.

Pada Senin, Presiden menerima sejumlah tamu di Istana Garuda IKN, antara lain Otoritas IKN dan Menteri Perhubungan, serta jajaran pemerintah daerah Kalimantan Timur.

Sementara Selasa hari ini, Presiden menerima para pengusaha daerah di Kalimantan Timur, serta jajaran pihak pengamanan di Kalimantan Timur.

Presiden diperkirakan akan beberapa kali melakukan perjalanan Jakarta-IKN selama Agustus 2024 nanti.

Karena berdasarkan informasi, Kepala Negara ingin menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Istana IKN, serta akan memimpin upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus di Istana Presiden IKN.

Sementara tugas-tugas di Jakarta juga harus dilakukan selama bulan kemerdekaan Agustus 2024, antara lain mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional hingga memberikan pidato kenegaraan dan nota keuangan di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Kedua Berkantor di IKN, Intip Menu Sarapan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijamu dengan menu sarapan pagi soto banjar hingga minuman wedang sereh pada hari kedua berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Menu makan pagi nasi putih, soto banjar, nasi kuning, ayam habang, daging kalio, telur, ikan asin, mi goreng," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana terkait menu sarapan Jokowi di IKN Nusantara dikutip dari Antara, Selasa (30/7/2024).Selain menu makan utama, kata Yusuf, Presiden dan Iriana Joko Widodo juga dihidangkan aneka varian telur, aneka roti, bubur kacang hijau, bubur sumsum, cenil, serta aneka rebusan.

Sebagai makanan penutup, Sekretariat Presiden juga menyediakan buah, jeruk madu, pepaya California, jus jeruk, dan wedang sereh.

Agenda Kegiatan Jokowi Hari Ini

Adapun agenda kegiatan Presiden hari ini, di antaranya menerima pengusaha lokal di sekitar IKN sekitar pukul 09.30 WITA di Istana Garuda IKN.

"Presiden ingin mengajak dan memberi kesempatan kepada pengusaha lokal sekitar IKN untuk ikut berperan serta dan bersama-sama menjemput masa depan di IKN," kata Yusuf.

 

3 dari 3 halaman

Pengusaha Lokal

Adapun, pengusaha lokal tersebut terdiri atas Kadin Daerah Provinsi Kaltim, Kadin Daerah Balikpapan, Kadin Daerah Samarinda, Kadin Daerah Penajam Paser Utara, Hipmi Provinsi Kaltim, Hipmi Balikpapan, Hipmi Samarinda, dan Hipmi Penajam Paser Utara.

Setelah menerima pengusaha lokal, Kepala Negara lanjut menerima jajaran pengamanan dari unsur TNI dan Polri.

"Bapak Presiden ingin Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali," katanya.

Yusuf menyampaikan, Presiden Jokowi akan menerima jajaran pengamanan yang terdiri atas Pangdam VI/MLW, Kapolda Kaltim, Danrem 091/ASN, Dandim 0913/Penajam Paser Utara, ⁠Kapolres Penajam untuk mendapatkan laporan atas keamanan pada pukul 10.15 WITA.

Presiden Jokowi mulai berkantor di Istana Garuda, IKN, mulai Senin (29/7) ini. Pada hari pertama berkantor, Jokowi melakukan rapat dengan Otorita IKN dan Menteri Perhubungan serta menerima jajaran pemerintah daerah di Kaltim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.