Sukses

Menko Airlangga Tak Tahu Ada Rencana Reshuffle Kabinet

Santer beredar kabar yang menyebutkan nama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akan dilantik menjadi Menteri ESDM hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ramai isu rencana perombakan kabinet (reshuffle) yang akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Selasa ini. Kabar ini langsung dibantah oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Airlangga mengaku belum memperoleh informasi terkait rencana reshuffle ini. Salah satu menteri yang akan digeser adalah Menteri ESDM.

"Wah, saya belum tahu itu (reshuffle)," kata Airlangga kepada awak media di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Lebih lanjut, Ketum Golkar ini juga mengaku belum memperoleh undangan resmi terkait isu pelantikan menteri di Istana.

"Belum ada undangannya juga," imbuh Airlangga.

Sebelumnya, santer beredar kabar yang menyebutkan nama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akan dilantik menjadi Menteri ESDM hari ini. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan melantik sejumlah menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu dekat.

"Tidak ada agenda pelantikan menteri baru di IKN seperti isu-isu yang beredar," tegas Ari, Selasa (30/7/2024).

Ari kembali menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada rencana agenda perombakan (reshuffle) kabinet.

"Tidak betul. Sampai saat ini belum ada rencana/agenda reshuffle kabinet" kata Ari.

Jokowi sendiri saat ini masih melanjutkan agenda kegiatan pada hari kedua berkantor di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Reshuffle Kabinet hingga jadi Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia Bilang Begini

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia buka suara terkait isu pergantian posisi menteri atau reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia tak mengamini maupun membantah kabar tersebut.

Beredar kabar, kalau Bahlil Lahadalia akan menggantikan posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Menanggapi kabar itu, Bahlil hanya mengaku sedang bekerja di Kementerian Investasi.

 "Saya hari ini kerja di Kementerian Investasi kan," ujar Bahlil, ditemui di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Ketika ditanya kembali soal kepastian pergantian posisi menteri, dia menegaskan masih sibuk dengan agenda di BKPM. Begitupun ketika ditanya mengenai opsi penggantinya di kursi Menteri Investasi/Kepala BKPM.

"Saya padat di Kementerian Investasi, lagi kerja yaa. Lagi banyak kerjaan di Kementerian Investasi saya, mau rapat lagi saya," ungkapnya.

"Saya gak tau (kabar Rosan Roeslani masuk kabinet), saya lagi ada rapat soalnya ya," sambungnya.

Kendati penuhnya agenda Bahlil, dia mengatakan belum ada rencana untuk terbang ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Menyusul, rencana Jokowi menggelar sidang kabinet perdana di ibu kota baru tersebut. "Enggak saya kerja banyak hari ini, agenda saya hari ini," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini