Sukses

Erick Thohir Pamer Banyak Jebolan Bank Mandiri Jadi Pejabat Negara

Menteri BUMN Erick Thohir menilai, Bank Mandiri memiliki talent pool yang bagus di antara BUMN lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengakui banyak talenta yang lahir dari Bank Mandiri dan menjabat posisi strategis di pemerintah maupun perusahaan lain. Dia menuturkan, ini jadi buah dari pengembangan talenta yang kuat.

Ada beberapa jebolan Bank Mandiri, antara lain Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo yang pernah menjabat jadi Direktur Utama Mandiri. Kemudian, Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Nugraha Mansury. Tak lupa, ada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang pernah menjabat bos Bank Mandiri.

"Memang sejak awal saya tidak segan-segan, tidak malu-malu ketika saya awal menjabat kok semua banyak orang Mandiri yang diangkat," kata Erick di Gedung Nawasena Mandiri Corporate University, Jakarta Barat, Selasa (30/7/2024).

Dia mengatakan, banyaknya pejabat jebolan Bank Mandiri itu merupakan dampak dari penguatan sumber daya manusia (SDM) yang munpuni. Hal tersebut masih dipegangnya hingga saat ini.

"Saya bilang waktu itu, dan hari ini tetap saya yakini, bahwa memang dari banyaknya perusahaan-perusahaan BUMN, Mandiri punya talent pool yang bagus. Nah disitulah kenapa banyak leadership daripada Mandiri berada di Kementerian ataupun ada di perusahaan BUMN lain, dan itu konsisten saya tidak malu karena memang mereka memiliki yang terbaik," paparnya.

Dia berharap, segala fasilitas yang dihadirkan di Mandiri Corporate University bisa menjadi faktor pendorong penguatan SDM di BUMN. Tak cuma itu, harapannya bisa diperluas tak sebatas di Mandiri tapi hingga insan Kementerian.

"Nah sekarang ini mau di-sharing ke semua BUMN supaya mereka jangan tadi, hanya bicara komplain 'oh ini Mandiri lagi' tapi mereka menjadi bagian dari sebuah keluarga besar dalam pembangunan itu," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ingin Jadi Sekadar Mewah

Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Gedung Nawasena Bank Mandiri sebagai lokasi pengembangan talenta. Dia ingin gedung itu tak sebatas jadi bangunan mewah, tapi juga mampu menghasilkan talenta mumpuni.

"Saya berharap ini tidak hanya menjadi sebuah kemewahan gedung, tetapi harus menjadi kemewahan bagaimana kita bisa memproduksi, menciptakan, membuat manusia-manusia baik di BUMN," kata Erick di Gedung Nawasena Bank Mandiri, Jakarta Barat, Selasa (30/7/2024).

Dia menuturkan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan BUMN menjadi suatu keharusan. 

"Nah di situlah saya tadi melihat Nawasena ini kebetulan juga artinya sangat bagus, masa depan yang cerah dan di sinilah kita harus menjadi fondasi dalam pembangunan sumber daya manusia yang kita miliki terutama di Bank Mandiri," tegasnya.

Menurut Erick, kehadiran Mandiri Corporate University ini menjadi modal penting. Mengingat kualitas SDM jadi tumpuan untuk meningkatkan kapasitas kedepannya. Jika tidak dilakukan, maka tidak akan menjadi sesuatu apapun.

"Ya kita harus benar-benar berani invest dan membangun daripada sumber daya manusianya, karena apa yang kita lakukan semua ini tanpa kapabilitas daripada sumber daya manusianya ya tidak akan jadi apa-apa, jadi lost of oportunity," tuturnya.

"Kita sering melakukan kesalahan itu sebagai bangsa ketika ada booming misal kayu, booming dan lain-lain kita belum bisa menjadi bagian daripada pertumbuhan dengan bagaimana manusianya siap berinovasi dan menjaga persaingan daripada pertumbuhan itu," Erick menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Digunakan Sejak 2022

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan gedung ini sejatinya sudah beroperasi sejak Agustus 2022 lalu. Ada beragam kegiatan yang dijalankan di aset tersebut.

"Walaupun baru akan diresmikan hari ini oleh Bapak Erick Thohir, teknis operasional sudah berjalan sejak Agustus 2022," kata dia.

Sejak saat itu telah dilaksanakan training internal sebanyak 335 kelas dengan jumlah peserta 12.470 pegawai. Kemudian, ada training sharing benchmarking oleh BUMN lain, instansi pemerintah dan lembaga daerah sebanyak 52 kelas dan event kegiatan dengan jumlah peserta 1.570 orang. 

"Kehadiran gedung Nawasena Ini juga menjadi tempat kelahiran BUMN leadership and management inatitute yang menjadi cikal bakal lahirnya BUMN School of Excellence pada tahun 2023 sesuai penugasan oleh Kementerian BUMN kepada Bank Mandiri untuk menjadi koordinator program pengembangan kepemimpinan BUMN," paparnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.