Sukses

Ekonomi Melambat, Orang Kaya China Simpan Kekayaan di Aset Ini

Saat ekonomi China hadapi hambatan dan pertumbuhan melambat, jumlah orang superkaya di China akan meningkat jadi 144.897 pada 2028.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan laporan kekayaan dari Knight Frank, populasi orang super kaya di China dengan kekayaan minimal USD 30 juta atau sekitar Rp 489,49 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.316). Jumlah populasi orang superkaya di China itu diprediksi naik hampir 50 persen dalam beberapa tahun.

Mengutip CNBC, ditulis Rabu (31/7/2024), pada saat ekonomi China hadapi hambatan dan pertumbuhan melambat, jumlah orang superkaya di China akan bertambah jadi 144.897 pada 2028 dari posisi 2023 sebesar 98.551 orang.

Lalu bagaimana orang super kaya di China simpan kekayaannya?

Arah investasi orang-orang kaya China  saat ini adalah "konservatif", dengan dana mereka mengalir ke aset internasional dengan latar belakang ekonomi China yang melambat akibat sektor properti yang terkepung, kata para manajer kekayaan kepada CNBC.

Namun, pasar properti kelas atas negara itu tetap menjadi aset yang disukai.

Properti mewah

"Terjadi peningkatan transaksi yang nyata dalam sektor properti mewah di Shanghai," kata Head of China Research di Savills James MacDonald, yang mengaitkannya dengan pelonggaran kebijakan terbaru oleh pemerintah.

China telah melonggarkan beberapa pembatasan pembelian properti, yang telah menyebabkan peningkatan peluncuran properti antara lain rumah mewah baru di lokasi pusat kota, untuk mengatasi permintaan yang terpendam, tambahnya.

Pada Mei, pemerintah mengurangi jumlah tahun orang diharuskan membayar pajak di Shanghai sebelum mereka dapat membeli properti menjadi tiga tahun dari lima tahun. Rasio uang muka untuk pembeli pertama kali juga telah dipotong menjadi 20% dari 30%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumah Mewah di Shanghai

CIO Stephen Pau di Hefeng Family Office menuturkan, dalam situasi saat ini, rumah mewah di Shanghai merupakan aset berharga untuk menjaga kekayaan dan likuiditas, khususnya bagi individu dengan kekayaan bersih yang sangat tinggi.

Sementara itu, CBRE Head of Research, Sam Xie menuturkan, hunian mewah, khususnya di Shanghai, telah menjadi investasi yang bagus bagi individu lokal dengan kekayaan bersih tinggi dan keluarga kaya dalam beberapa tahun terakhir karena kelangkaannya.

Menurut data yang diberikan oleh Xie, volume transaksi untuk hunian baru dengan harga minimal USD 2,75 juta per unit tumbuh 38% tahun ke tahun pada kuartal pertama tahun 2024. Xie mencatat, 40% dari pembeli ini adalah penduduk lokal Shanghai.

Proyek-proyek mewah seperti Arbour di distrik perbelanjaan mewah Xin Tian Di di Shanghai, The Bund Garden di Greentown, dan Shanghai Arch di distrik keuangan Lujiazui, langsung terjual habis saat diluncurkan, kata Kepala Penelitian Asia-Pasifik Knight Frank Christine Li. Meski begitu, pasar real estat mewah Tiongkok masih terkonsentrasi di area inti kota-kota lapis pertama, kata Li.

"Dalam lanskap saat ini, rumah mewah di Shanghai merupakan aset berharga untuk menjaga kekayaan dan likuiditas, khususnya bagi individu dengan kekayaan bersih sangat tinggi," kata CIO di Hefeng Family Office Stephen Pau.

3 dari 4 halaman

Aset Lainnya

Kelas investasi lokal lainnya, seperti pasar properti yang lebih luas dan saham yang terdaftar di China tidak sepopuler di kalangan orang super kaya, kata para ahli kepada CNBC.

Aset luar negeri

"Klien China secara tradisional lebih mementingkan real estat dan pasar saham domestik," kata CEO Hywin International Nick Xiao.

Namun, investor China yang kaya ini mulai merangkul berbagai kelas aset yang semakin berkembang dan lebih beragam, termasuk mata uang, kredit swasta, ekuitas swasta, obligasi pemerintah AS, dan sahampasar berkembang, kata Xiao kepada CNBC.

"Bagi banyak klien China, ekuitas AS dan Jepang menawarkan partisipasi dalam sektor dengan pertumbuhan tinggi dan tren sekuler yang tidak akan berbalik dalam waktu dekat," ujar dia.

Obligasi pemerintah AS membantu mereka mengunci imbal hasil yang tinggi secara historis, dan ekuitas swasta global menyediakan lapisan diversifikasi di atas eksposur pasar publik, tambah Xiao.

 

4 dari 4 halaman

Memilih Produk Investasi

Demikian pula, Pau mencatat, aliran uang ke aset internasional oleh orang-orang kaya China tercermin dalam peningkatan alokasi melalui Qualified Domestic Institutional Investors dan Qualified Domestic Limited Partnership. QDII adalah skema yang memungkinkan lembaga keuangan untuk berinvestasi dalam sekuritas di luar Tiongkok. QDLP adalah program yang memungkinkan yuan lokal dikonversi ke mata uang asing untuk investasi luar negeri.

"Hal ini konsisten dengan tren keseluruhan sikap defensif investor," kata Pau, seraya menambahkan orang-orang kaya Tiongkok bersikap konservatif karena ketidakpastian dalam ekonomi domestik serta lingkungan geopolitik yang lebih luas.

Pau mencatat orang-orang kaya China beralih ke produk-produk dengan imbal hasil lebih tinggi dan risiko rendah seperti obligasi pemerintah AS, terutama setelah mengalami kerugian dalam real estat dan saham domestik.

"Hal ini berbeda dengan pendekatan investasi yang lebih beragam dari individu kaya di belahan dunia lain, yang sering kali bersedia mengalokasikan dana ke reksa dana dan portofolio multi-aset,” ujar dia.

Dibandingkan dengan rekan-rekan global, Xiao melihat, investor kaya China memiliki kekayaan yang tersebar di terlalu banyak bank dan pialang, tanpa gambaran umum yang terkonsolidasi untuk mengukur kinerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini