Sukses

Harga Emas Dunia Masih Melambung Tinggi, Ini Gara-garanya

Harga emas naik sekitar 1% pada hari Selasa (Rabu waktu Jakarta). Harga emas dunia naik karena investor tetap optimis bahwa Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) dapat memberikan petunjuk tentang penurunan suku bunga pada bulan September di akhir pertemuan kebijakan minggu ini.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas naik sekitar 1% pada hari Selasa (Rabu waktu Jakarta). Harga emas dunia naik karena investor tetap optimis bahwa Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) dapat memberikan petunjuk tentang penurunan suku bunga pada bulan September di akhir pertemuan kebijakan minggu ini.

Dikutip dari CNBC, Rabu (31/7/2024, harga emas di pasar spot naik 0,8% menjadi USD 2.403,47 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 1% ke level USD 2.451,9.

“Eropa menunjukkan beberapa keretakan dalam perekonomiannya dan mereka bersiap untuk memangkas suku bunga pada bulan September dan AS diperkirakan juga akan memangkas suku bunga, hal itu telah mendukung pasar emas,” kata Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures Phillip Streible dikutip Rabu (31/7/2024).

Pada akhir pertemuan dua hari pada hari Rabu, The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga saat ini tetapi mungkin mengisyaratkan potensi pelonggaran kebijakan secepatnya pada bulan September.

Pasar suku bunga berjangka AS telah memperhitungkan sepenuhnya penurunan suku bunga pada bulan September. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Pedagang juga menunggu serangkaian data ketenagakerjaan AS yang dijadwalkan akan dirilis minggu ini, termasuk laporan penting penggajian nonpertanian yang akan dirilis pada hari Jumat.

Lowongan kerja di AS turun sedikit pada bulan Juni dan data untuk bulan sebelumnya direvisi lebih tinggi, menunjukkan ketahanan tenaga kerja yang berkelanjutan yang menopang perekonomian.

“Beberapa kekecewaan jangka pendek tidak dapat dikesampingkan (dalam emas), tetapi secara keseluruhan arah menuju harga yang lebih tinggi dalam beberapa bulan dan kuartal mendatang tetap ada,” kata Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank Ole Hansen.

Sementara itu, permintaan emas India pada kuartal Juni turun 5% dari tahun sebelumnya, tetapi konsumsi pada paruh kedua tahun 2024 akan membaik karena koreksi harga lokal menyusul pengurangan tajam pajak impor, kata World Gold Council.

Selain harga emas, harga perak juga naik 1,6% menjadi USD 28,31 per ons, harga platinum naik 1,7% menjadi USD 965,00, dan harga paladium turun 1,4% menjadi USD 890,93. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Merosot Dampak Penguatan Dolar AS

Harga emas turun pada perdagangan Senin, tertekan oleh kenaikan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Investor saat ini tengah menanti pertemuan Dewan Gubernur Bank Sentral AS yang diperkirakan akan menurunkan suku bunga acuan.

Mengutip CNBC, Selasa (30/7/2024), harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi USD 2.382,40 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus turun kurang dari 0,1% menjadi USD 2.379,9 per ons.

“Dolar AS menguat dan kami mendapat angka dari China bahwa konsumsi emas di sana turun jadi itu sangat negatif,” kata analis Marex Edward Meir.

Dolar AS naik sekitar 0,3% ke puncak lebih dari dua minggu terhadap para pesaingnya, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Konsumsi emas di China, pengguna terbesar di dunia, turun 5,6% pada paruh pertama tahun 2024 karena permintaan perhiasan emas anjlok. Namun, pembelian emas batangan dan koin melonjak.

Namun, yang mendukung permintaan emas sebagai lindung nilai terhadap risiko geopolitik adalah kekhawatiran akan meluasnya konflik di Timur Tengah menyusul serangan roket di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

 

3 dari 3 halaman

Pertemuan The Fed

Pelaku pasar bertaruh bahwa Fed akan meletakkan dasar untuk pemotongan suku bunga September pada pertemuan kebijakannya pada hari Rabu.

"Jika Fed mengonfirmasi sikap dovish, prediksi dapat meningkat menjadi tiga kali pemotongan sebelum akhir tahun," kata analis pasar di Forex.com Fawad Razaqzada dalam sebuah catatan.

World Gold Council melaporkan bahwa ETF emas, yang menyimpan emas batangan untuk investor, mengalami arus masuk bersih minggu lalu sebesar 9,8 metrik ton. ETF emas menuju bulan ketiga berturut-turut dengan arus masuk bersih sebesar 39 ton pada bulan Juli.

World Gold Council mengungkapkan bahwa di India, konsumen emas utama lainnya, permintaan perhiasan dan batangan serta koin dapat mengalami peningkatan sebesar 50 metrik ton pada paruh kedua tahun 2024 dari pengurangan pajak impor emas negara bagian minggu lalu ke level terendah dalam 11 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini