Sukses

Mengenal Sosok Haji Isam, Crazy Rich Kalsel yang Kirim 2.000 Excavator ke Merauke

Haji Isam mengirimkan ribuan excavator ke di Distrik Ilwayab Wanam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Andi Syamsudin Arsyad alias Haji Isam kembali menarik perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran Haji Isam mengirimkan ribuan excavator ke di Distrik Ilwayab Wanam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Crazy Rich Kalimantan Selatan (Kalssl) ini dipesan langsung dari China sebagai bentuk komitmen menjalankan tugas negara mengerjakan proyek lumbung pangan di Merauke, Papua Selatan.

Ribuan pesanan excavator datang menggunakan tongkang Liana LXXIX, puluhan alat berat bermerk Sany berhasil disandarkan di dermaga PT. Dwi Karya, Wanam.

Puluhan alat berat ini akan digunakan untuk mendukung progam pemerintah dalam hal Ketahanan Pangan Nasional, percetakan sawah, 1 juta hektare di Merauke.

Profil Haji Isam

Dilansir dari berbagai sumber, Haji Isam lahir pada 1 Januari 1977 di Batulicin, Kalimantan Selatan. Akan tetapi, keluarga besar Haji Isam berasal dari sebuah desa di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, daerah itu adalah daerah etnis Bugis.

Namun, tak banyak yang tahu jika Haji Isam pernah mengalami ekonomi sulit.  Profesi pertama Haji Isam adalah sopir pengangkut kayu sebelum membangun kerajaan bisnisnya. Selain itu, dia juga pernah bekerja serabutan, mulai dari dari tukang tebang pohon, tukang ojek, sampai jadi buruh angkut.

"Bermula dari sopir truk pengangkut kayu, Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam menjelma menjadi pengusaha yang bisnisnya tersebar di sektor darat, laut, dan udara," melansir kapanlagi.com.

Saat ini, Haji Isam asal tercatat sebagai pemilik Jhonlin Group (JG). Jhonlin Group merupakan induk perusahaan dari beberapa unit bisnis seperti pertambangan, jasa pelabuhan, jasa transportasi udara, bongkar-muat di laut lepas, agro bisnis, jasa keamanan, hingga infrastruktur dan manufaktur.

Gurita Bisnis Haji Isam

Di tangan Haji Isam, Grup Jhonlin mengembangkan gurita bisnis mulai dari tambang batu bara, penerbangan, kayu hingga gula, dari minyak sampai energi dengan pabrik biodiesel. Bahkan, ia mengembangkan grup Jhonlin yang memiliki sekitar 60 perusahaan.

Dengan sederet perusahaan yang dimiliki, taj heran jika dia memiliki kediaman mewah yang dibangun di atas lahan 10-20 hektar. Bahkan, rumahnya dilengkapi kolam renang mewah layaknya hotel bintang lima.

"Salah satu orang yang punya hobi senang banget off road, rumahnya itu sekitar 10-20 hektar," ungkap sang presenter dalam kanal YouTube TV Judi Online.

Selain itu, Haji Isam secara khusus membangun lahan offroad di sekitar kediamannya. Lahan offroad ini terletak tidak jauh dari kediaman Crazy Rich asal Kalsel ini. "Punya track off road sendiri, terus punya mobil banyak," ucap sang presenter.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesanan Excavator Haji Isam Tibda di Merauke

Didampingi Wakil Mentri Pertahanan, Letjen (Purn.) Muhammad Herindra, bersama pejabat Utama TNI-Polri Wilayah Merauke, Haji Isam memantau langsung proses bongkar puluhan alat berat tersebut.

Bagi Haji Isam keberhasilan program cetak sawah adalah tanggung jawab besar dari negara. Olehnya itu, proses bongkar alat berat yang menjadi sarana pendukung utama untuk program cetak sawah tersebut dipantaunya secara langsung.

“Ini adalah tugas negara yang diberikan kepada saya. Dalam benak saya, bagaimana gagasan cetak sawah satu juta hektare ini bisa terealisasi dan berhasil dalam tiga tahun tanpa berpikir untung rugi. Selain itu, saya berharap gagasan Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto ini juga bisa menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi masyarakat Papua,” ungkap Haji Isam dikutip Senin (29/7/2024).

Sebelumnya Haji Isam diberitakan memborong 2.000 unit excavator dari produsen alat berat dari China, Sany Group. Ribuan excavator tersebut akan digunakan untuk mendukung proyek pertanian dalam negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.