Sukses

Harga Beras Bakal Melonjak Jika Indonesia Tak Lakukan Hal Ini

Dirut Bulog mengkhawatirkan penurunan jumlah petani, di mana mayoritas petani yang tersisa adalah generasi tua.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah pangan di Indonesia sudah sangat serius. Perlu adanya kerja sama semua pihak agar Indonesia tidak masuk ke dalam krisis pangan. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi.

Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan besar dalam sektor pangan, terutama dalam konteks penurunan jumlah produksi dan ancaman penurunan jumlah penduduk yang signifikan dalam 20-25 tahun ke depan. Jika hal tersebut tidak diatasi maka bisa masuk ke dalam tahap krisis pangan.

"Dari sisi pangan Indonesia kita menghadapi masalah-masalah yang besar. Tentunya kita menyadari bahwa jumlah penurunan akan terus bertambah, baik penurunan dunia atau penurunan Indonesia," kata Bayu dalam acara Sarasehan Pertanian Berkelanjutan dan Adopsi Teknologi Modern, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Menurut Bayu, jika tidak ada perubahan signifikan dalam cara-cara produksi pangan saat ini, Indonesia diperkirakan akan mengalami penurunan produksi beras yang akan berdampak pada kenaikan harga. 

Meskipun Indonesia dan Vietnam dikenal memiliki produktivitas padi yang tinggi, Bayu menggarisbawahi dalam 10-15 tahun terakhir, produktivitas padi Indonesia mulai stagnan. 

Salah satu masalah utama adalah penurunan kesuburan tanah yang disebabkan oleh eksploitasi berlebihan. 

"Tanah-tanah kita menghadapi soal getik yang serius dan ini terjadi karena memang eksploitasi yang tinggi," jelasnya.

Tak hanya itu, Dirut Bulog ini juga mengkhawatirkan penurunan jumlah petani, di mana mayoritas petani yang tersisa adalah generasi tua. 

Kurangnya minat generasi muda untuk terlibat dalam pertanian memperburuk masalah ini dan menjadi ancaman bagi regenerasi sektor pertanian.

"Jumlah petani ini kita sudah semakin menurun dan di antara jumlah tanah yang masih tersisa, sebagian besar adalah petani yang telah berusia tua. Pertanian tidak lagi menjadi hal yang menarik atau semakin tidak menarik bagi generasi muda atau generasi-generasi yang akan datang," papar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bioteknologi

Dalam menghadapi tantangan ini, Bayu menekankan pentingnya pemanfaatan bioteknologi. 

Dia menyebut bioteknologi modern telah terbukti meningkatkan produktivitas pertanian secara signifikan. 

"Bioteknologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani. Dari tahun 1996 hingga 2018, bioteknologi telah berkontribusi pada peningkatan nilai produktivitas pertanian dengan kenaikan mencapai 222 miliar dollar," tuturnya.

 

Dia berharap inovasi teknologi dan kebijakan yang tepat dapat membantu Indonesia mengatasi tantangan pangan yang ada dan memastikan ketahanan pangan nasional di masa depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini