Sukses

IKN Siapkan 2 Mini ICU dan 18 Ambulance untuk Upacara HUT RI ke-79

Kementerian Kesehatan telah melakukan persiapan matang untuk memastikan semua fasilitas kesehatan siap melayani kebutuhan selama peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke-79, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) dan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) memastikan kesiapan layanan kesehatan di IKN. 

Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kemenkes, sebagai Koordinator Bidang Kesehatan untuk persiapan acara ini, telah melaksanakan beberapa rapat koordinasi dan survei lapangan ke IKN serta rumah sakit rujukan.

Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni mengatakan, secara umum, persiapan pelayanan kesehatan di bawah koordinasi Kemenkes sudah terkoordinasi dengan baik dengan semua stakeholder terkait.

"Kami bersama dengan Kemenkes berkomitmen memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan kesehatan bagi para tamu dan seluruh pihak yang terlibat pada peringatan HUT RI ke-79," ujarnya, Rabu (31/7/2024).

Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Sunarto menjelaskan, pihaknya telah melakukan persiapan matang untuk memastikan semua fasilitas kesehatan siap melayani kebutuhan selama peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Sunarto menyampaikan, fasilitas kesehatan yang disiapkan meliputi penyediaan 2 set mini ICU dan tim medis spesialistik untuk VVIP, serta 2 set mini ICU dan tim medis spesialistik untuk VIP. Selain itu, disediakan 5 pos kesehatan di sekitar tenda undangan dan peserta upacara. 

"Selain itu, disiapkan juga 18 ambulans Advanced Life Support (ALS) dan Basic Life Support (BLS) untuk mendukung evakuasi pasien di mini ICU dan pos kesehatan," terang Sunarto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Sakit Rujukan

Adapun rumah sakit rujukan yang ditunjuk yakni RSUD Kanujoso Djatiwibowo, RSUD AW Sjachranie, RS TNI AD dr. Hardjanto, RS Pertamina Balikpapan, RS Bhayangkara, RSUD Beriman, RSUD Ratu Aji Putri Botung, RSUD Sepaku, dan RS Siloam Balikpapan. 

RSUP vertikal di IKN rencananya juga akan dimanfaatkan khusus untuk layanan IGD dan ruang intensif care untuk observasi.

Selain itu, tim medis dan fasilitas kesehatan akan menginap di IKN mulai tanggal 14 hingga 18 Agustus 2024. 

"Mereka akan melakukan loading peralatan, instalasi, dan uji fungsi peralatan mini ICU serta pos kesehatan. Simulasi dan gladi bersama tim Kemensetneg, Sekpres, dan Paspampres akan dilaksanakan pada 10-15 Agustus 2024," jelas Sunarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.