Sukses

Punggawa Satelit SATRIA 1 Dinobatkan Jadi Perempuan Hebat 2024 Kategori Teknologi

Punggawa satelit SATRIA-1, Adipratnia Satwika Asmady atau Nia, menerima penghargaan Anugerah Perempuan Hebat Kategori Teknologi yang diadakan Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Dalam lima tahun lalu, nama Adipratnia Satwika Asmady mungkin asing di masyarakat Indonesia. Lain dulu lain sekarang, kini, Adipratnia Satwika Asmady mulai banyak dikenal. Namanya melejit ketika Indonesia meluncurkan Satelit SATRIA 1 langsung dari markas SpaceX, Florida, Amerika Serikat.

SATRIA-1 mengantarkan Indonesia menjadi negara yang memiliki satelit multifungsi terbesar di Asia dan nomor lima di dunia. Ini karena kapasitas satelit SATRIA 1 adalah 150 Gbps. Satelit Indonesia sebelumnya, rata-rata memiliki kapasitas di bawah 100 Gbps.

Dalam peluncurannyapun, langsung disaksikan secara langsung oleh Presiden Jokowi dari Indonesia.

"Go Falcon, Go PSN"...siapa sangka, kalimat ini tidak hanya menjadi penentu roket Falcon 9 yang membawa SATRIA-1 lepas landas meninggalkan bumi, melainkan juga menjadi penentu karir Nia melesat hingga akhirnya menginspirasi banyak orang.

Perlu diketahui, Nia adalah Project Manager SATRIA 1. Dia juga menjadi Warga Negara Indonesia pertama yang menjadi Customer Launch Director di perusahaan milik orang terkaya di jagat raya ini, Elon Musk.

Dengan peran vitalnya di proyek strategis ini mengantarkan Nia meraih penghargaan dari Liputan6.com sebagi Perempuan Hebat Kategori Teknologi.

"Ini kenangan yang membanggakan dan saya berharap menjadi inspirasi anak muda Indonesia ke depannya untuk Indonesia lebih maju," kata Nia usai menerima penghargaan, Kamis (1/8/2024).

Penghargaan Anugerah Perempuan Hebat 2024 merupakan bagian dari acara Cita dan Cipta 2024 yang diadakan oleh Liputan6.com bersama dengan Fimela di Hotel Shangri-La Jakarta.

Penghargaan ini juga diberikan kepada sejumlah perempuan di berbagai bidang lainnya yang berhasil menginspirasi dan membuat karya berdampak untuk masyarakat.

Selain Nia, salah satu perempuan hebat yang juga menerima penghargaan adalah Menteri Ketenagakerjaan Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si untuk kategori Pionir Transformasi dan Kemitraan Ketenagakerjaan atas keberhasilannya mempimpin Kemnaker dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia dan menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Inspiratif Nia

Wanita yang akrab dipanggil Nia ini mendapat amanah dari PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) untuk mengerjakan proyek Satria-1, mulai dari perancangan, pembuatan, hingga pengoperasian nantinya.

Selama menjadi Project Manager Satria-1, Nia sering bolak-balik Indonesia-Prancis. Maklum saja, Satria-1 diproduksi oleh perusahaan asal Prancis, Thales Alenia Space (TAS). Satelit ini diproduksi mulai dari 2020 sebelum selesai produksi dan dikirim ke Florida, AS pada Juni 2023.

"Jadi saat awal produksi Satria-1, saya tinggal di Prancis kurang lebih satu tahun, setelah pandemi Covid-19 yaitu Juni 2022 hingga Mei 2023, " kata Nia saat berbincang dengan Liputan6.com beberap waktu lalu.

Nia sendiri merupakan wanita kelahiran Jakarta 24 Agustus 1993. Dia adalah anak kedua dari Asmady Parman dan Adiyatwati Adiwoso. Nia sendiri memiliki latar belakang pendidikan S1 dan S2 di Aerospace Engineering California Polytechnic State University.

Di PSN sendiri merupakan karir pertama Nia di dunia kerja. Masuk pada 2017, Nia langsung terlibat dalam proyek satelit yang ditangani PSN. Bahkan, pada 2019, Nia juga terlibat dalam pengerjaan satelit Nusantara-1 (N1). Hanya saja, kendala financial proyek membuat Nia dipindahkan untuk membuat Satria-1.

Jadi Kebanggaan Indonesia

Ada banyak cerita lika-liku Nia dalam mengerjakan proyek Satria-1 ini. Berada di lingkungan kerja yang mayoritas laki-laki, menjadikan dirinya harus bekerja keras dalam beradaptasi.

"Jadi banyak laki-laki memang kita harus menyesuaikan dengan cara kerja dan sosialisasi dengan semuanya. Saya lebih menjadikan mereka tempat belajar," tegas Nia.

Dunia satelit memang bukan keinginan Nia selama kuliah. Lulusan Aerospace Engineering, menjadikan Nia berkeinginan untuk bekerja di dunia pesawat terbang, lebih spesifiknya pesawat tanpa awak.

"Jadi dulu bayangannya dan pengen kerja desain pesawat tanpa awak, cuji coba pakai remote control, seperti itu. Cuma memang hidup membawa saya ke dunia yang tidak bisa saya perkirakan, dan saya harus bertanggung jawab dengan setiap keputusan yang sudah saya ambil," tegas Nia.

Dengan pengalaman Nia yang mengemban ilmu di Negeri Paman Sam, tidak membuat Nia untuk malu-malu kembali ke Indonesia. Biasanya, generasi muda yang malang melintang di luar negeri, mendambakan untuk bisa bekerja di perusahaan internasional di luar negeri.

Satu hal yang menjadi alasan Nia untuk kembali ke dalam negeri, dan terlibat dalam pembuatan satelit di Indonesia adalah nasionalismenya.

"Satelit ini adalah proyek untuk NKRI. Tidak banyak orang tahu siapa yang membuat satelit. Yang mereka tahu adalah layanan yang sudah beroperasi. Dan saya juga ingin PSN menjadi contoh jika Indonesia ternyata bisa," tegasnya.

Yang lebih membanggakan lagi, dalam Proyek Satria-1 ini, Di usianya yang masih 29 tahun, Nia menjadi wanita Indonesia pertama kalinya yang menjadi Customer Launch Director di SpaceX. Customer Launch Director merupakan pihak yang menentukan roket SapceX Falcon 9 ini mengangkasa atau tidak

3 dari 3 halaman

Tips Sukses ke Generasi Muda dari Nia

Nia sendiri berbagi tips kepada para generasi muda Indonesia yang ingin sukses di dunia kerja. Pertama, Nia ingin pemuda Indonesia tidak cepat puas. Bagi nia, banyak anak muda saat ini terjebak dalam zona nyaman.

"Jadi kita harus terbiasa dengan chalange, dengan begitu akan membawa kita lebih berkembang," ucapnya.

Kedua, jika generasi muda sudah memutuskan untuk berkarir di satu bidang, meskipun itu bukan yang diinginkan, Nia minta keputusan tersebut harus ditekuni.

"Seperti saya, nyemplung di dunia satelit, jadi kita harus terus belajar dan memberikan yang terbaik," pungkasnya.

Berbagai prinsip dan kegigihannya inilah yang kini menjadikan Nia sebagai salah satu putri kebanggan Indonesia dalam dunia satelit. Siapa yang ingin seperti Nia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini