Sukses

Artajasa Luncurkan Layanan QRIS NFC, Intip Keunggulannya

Artajasa menjalin kerja sama dengan Bank BNI, Bank Permata, DANA dan Gopay untuk menjalankan layanan QRIS Tap Berbasis NFC.

Liputan6.com, Jakarta - PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) meluncurkan layanan QRIS Tap Berbasis Near Field Communication (NFC), bekerja sama dengan dengan beberapa bank dan layanan pembayaran digital.

Langkah tersebut sejalan dengan sistem pembayaran yang dikembangkan Bank Indonesia (BI) melalui Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030.

"Artajasa menyambut soft launching QRIS Tap Berbasis NFC dan pada hari ini sebagai solusi pembayaran digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku sistem pembayaran nasional maupun masyarakat secara luas," kata Direktur Utama Artajasa, Armand Hermawan dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

"Dengan semangat baru untuk terobosan baru dalam sistem pembayaran digital, kami berkomitmen untuk bersinergi melalui kerja sama strategis dalam layanan-layanan tersebut sebagai bentuk dukungan penuh terhadap upaya Bank Indonesia memperkuat ekonomi dan keuangan digital serta inklusif untuk pertumbuhan yang berkelanjutan," ujarnya.

Artajasa menjalin kerja sama dengan Bank BNI, Bank Permata, DANA dan Gopay untuk menjalankan layanan QRIS Tap Berbasis NFC.

Layanan QRIS Tap Berbasis NFC ini merupakan metode pembayaran nirsentuh yang akan memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran via mobile, seperti merchant, transportasi, parkir dan kebutuhan lainnya.

Armand membeberkan, bahwa dalam layanan QRIS Tap berbasis NFC nasabah bisa melakukan pembayaran dengan sistem tap and pay melalui mobile banking yang tersedia di smartphone mereka, yang sudah memiliki fitur NFC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Multi Sumber Dana

QRIS Tap berbasis NFC ini juga memiliki fleksibilitas yang cukup besar, dengan mendukung multi sumber dana serta berbagai kanal pembayaran.

"Dalam pengembangan layanan-layanan tersebut, tentunya selain memperhatikan sisi operasional dari suatu layanan, baik Artajasa maupun pelaku sistem pembayaran juga tetap mengedepankan aspek perlindungan konsumen, keamanan bertransaksi dan biaya transaksi yang terjangkau bagi masyarakat. Hal ini penting untuk dilakukan agar masyarakat senantiasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi keuangan digital," jelas Armand.

 

3 dari 3 halaman

QRIS Antarnegara

Selain QRIS Tap berbasis NFC, Artajasa juga meluncurkan inisiatif layanan QRIS Antarnegara ke negara-negara yang sesuai dengan rencana Bank Indonesia.

Saat ini sebanyak delapan perbankan nasional berkolaborasi dengan Artajasa, terdiri dari Bank BNI, Bank Permata, DANA, Gopay, Bank CIMB Niaga, Bank BSI, Bank BPD Bali, dan Netzme.

Layanan ini merupakan perluasan dari QRIS Antarnegara yang saat ini telah beroperasi di Thailand, Malaysia, dan Singapura sebagai suatu metode pembayaran berbasis kode QR yang memungkinkan nasabah bisa bertransaksi di merchant luar negeri, begitupun sebaliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini