Sukses

Fakta Terbaru yang Perlu Diketahui Soal IKN

Pembangunan IKN terus dilanjutkan, di dalam tulisan ini membahas mengenai fakta terbaru mengenai pembangunan Ibu Kota Nusantara, termasuk rencana rapat kabinet, pembangunan bandara, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlangsung dengan progres yang signifikan. Presiden Joko Widodo telah mengungkapkan bahwa alasan utama dibangunnya IKN adalah pemerataan baik dari sisi ekonomi, penduduk, maupun pembangunan.

Pembangunan IKN dilaksanakan dalam 5 tahap sesuai UU Ibu Kota Negara yang akan berlangsung dari 2022 hingga 2045. Otorita Ibu Kota Nusantara bertanggung jawab pada kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, serta penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus lbu Kota Nusantara.

Pembangunan Bandara IKN telah resmi dimulai pada November 2023. Bandara ini terletak di Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur dan berjarak 23 KM dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan.

Bandara ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik dan semakin mudah dijangkau dari manapun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah mengecek progres pembangunan Bandara IKN dan menilai bahwa progres berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Bandara ini ditargetkan dapat melayani minimal operasi penerbangan pada Juli 2024 dan melayani operasi penuh penerbangan pada Desember 2024.

Pembangunan IKN juga melibatkan peran swasta dalam pengembangan transportasi udara. Konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

IKN akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045. Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia.

Pembangunan IKN juga diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kalimantan Timur. Bandara IKN akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik dan semakin mudah dijangkau dari manapun.

Dalam kesempatan lain, Presiden Joko Widodo juga menekankan bahwa pemindahan ibu kota bukan sekedar pemindahan fisik terkait bangunan atau gedung-gedung pemerintahan. Melainkan, pemindahan budaya kerja dan pola pikir baru disertai dengan sistem dan sumber daya manusia yang dipersiapkan dengan baik.

Dengan demikian, pembangunan IKN diharapkan dapat menjadi kota yang inklusif, hijau, dan berkelanjutan, serta menjadi kota yang layak huni dan humanis.

Di dalam tulisan ini dijabarkan fakta-fakta terbaru mengenai pembangunan IKN:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jokowi Akan Kukuhkan Paskibraka HUT ke-79 RI di IKN pada 12 Agustus 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 12 Agustus 2024. Berbeda dari tahun sebelumnya, pusat upacara HUT ke-79 RI akan digelar di IKN.

"Pengukuhan (Paskibraka) di Nusantara Tanggal 12 Agustus," dikutip dari keterangan resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Jumat (2/8/2024).

Adapun personel Paskibraka HUT ke-79 RI tetap berjumlah 76 orang, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Mereka berasal dari 38 provinsi di Indonesia.

"Sama seperti tahun sebelumnya, 76 orang (putera-puteri pelajar dari 38 provinsi)," ujarnya.

Nantinya, empat orang pembawa baki Paskibraka 2023 akan bertugas untuk kirab duplikat bendera pusaka dari Jakarta ke Nusantara.

"Tapi yang bertugas mengibarkan bendera adalah Paskibraka 2024 yang akan dikukuhkan," ujar BPIP.

3 dari 5 halaman

Bandara IKN Akhirnya Tak Cuma Buat Tamu VVIP, Menhub: Biar Maksimal

Pemerintah berencana mengubah fungsi Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) tak hanya bagi tamu penting atau VVIP. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, perubahan tersebut untuk memaksimalkan fungsi Bandara IKN.

Menhub Budi mengatakan, sudah ada diskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengubah Bandara IKN.

"Jadi gini, memang dalam diskusi dengan pak Presiden ada wacana bahwa kita itu memikirkan bahwa ini digunakan tidak hanya untuk VIP dan VVIP," ungkap Menhuh Budi, ditemui di Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Menurutnya, perubahan status Bandara IKN itu untuk memaksimalkan fungsi bandara. Tak cuma tamu penting, tapi juga masyarakat luas.

Perubahan status ini memerlukan adanya revisi Peraturan Presiden (Perpres). Saat ini landasan aturan itu masih digodok pemerintah.

"Supaya apa? Supaya satu, distribusi pergerakan itu lebih merata. Yang kedua juga secara ekonomis, utilisasi daripada bandara itu lebih maksimal. Nah untuk itu, kita tentu akan mereview Perpres yang sudah ada. Nah Perpres yang ada sekarang ini untuk VIP," tuturnya.

 "Satu hal yang baik menurut saya, kalau bandara itu lebih maksimal jumlah pergerakannya, dan untuk menambah jumlah pergerakan itu tidak berbatas untuk kepentingan kegiatannya," sambung Budi Karya Sumadi.

4 dari 5 halaman

Relawan Batal Kunjungi IKN Bareng Jokowi Pada 11 Agustus 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi batal mengajak ratusan relawan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 11 Agustus 2024.

Hal ini agar Jokowi dan relawan sama-sama fokus untuk acara HUT ke-79 RI yang akan digelar di IKN dan Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

"Tadi pagi Pak Sesneg komunikasi dengan saya, Pak Pratikno biar konsentrasi kita 17 Agustus-an dulu. Saya juga udah komunikasi dengan teman-teman relawan, udah kita jangan terpecah fokusnya," kata Ketua Umum Relawan Pro Jokowi, Budi Arie Setiadi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Menurut dia, para relawan Jokowi direncanakan berkunjung ke IKN, usai pelaksanaan HUT ke-79 RI. Budi menyebut para relawan akan ikut ke IKN bersama Jokowi pada 24 dan 25 Agustus 2024.

"Ini kan 17 agustusan dulu, sampai upacara 17 Agustus, baru kita ke sana. Jadi mungkin tanggal 24-25 (Agustus), relawan (ke IKN)," jelasnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika itu menuturkan,total ada 500 relawan yang akan berkunjung ke IKN. Budi menjelaskan penundaan jadwal kunjungan tersebut agar tak menganggu persiapan HUT ke-79 RI.

"Biar enggak ganggu prosesi 17 Agustus-an. Ini kan kita fokus upacara pertama di IKN 17 Agustus supaya jangan terganggu persiapannya apanya teknisnya," tutur Budi.

Kendati begitu, Presiden Jokowi tetap berkunjung ke IKN pada 11 Agustus 2024. Jokowi diagendakan menggelar sidang kabinet perdana di IKN pada 12 Agustus 2024.

"(Presiden) Tetapi tetap (ke IKN)," ucap dia.

5 dari 5 halaman

Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN pada 12 Agustus 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 11 Agustus 2024.

Jokowi dijadwalkan akan menggelar sidang kabinet paripurna perdana di IKN pada 12 Agustus 2024.

"(Sidang kabinet) Tanggal 12 (Agustus). Ya tanggal 11 beliau (Presiden) ke sana (IKN), 12 direncanakan sidang kabinet di sana," ucap Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Menurut dia, Jokowi akan kembali berkantor di IKN pada 11 hingga 14 Agustus 2024. Selain sidang kabinet, Jokowi juga akan menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek di IKN.

"Ya di antara itu, kan beliau di sana 11, 12, 13. 14 pulang (ke Jakarta). Jadi di hari-hari itu ada groundbreaking karena tanggal 13 (Agustus), enggak tahu ini bocoran atau enggak ya. Mudah-mudahan ya open, tanggal 13 ngundang gubernur juga," ujarnya.

Basuki sendiri akan terlebih dulu berangkat ke IKN pada 9 Agustus 2024. Sedangkan, menteri-menteri kabinet lain nantinya ada yang bermalam di IKN.

"(Menteri) Ada yang menginap, kalau saya tanggal 9 sudah di sana. Tergantung beliau beliau (menteri menteri)," kata Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini