Sukses

Bank DKI Terus Memperluas Inklusi Keuangan Digital, Begini Caranya

Bank DKI berkomitmen untuk memperluas inklusi keuangan digital dengan berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024 yang diadakan di Jakarta Convention Centre dari tanggal 1 hingga 4 Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta Bank DKI berkomitmen untuk memperluas inklusi keuangan digital dengan berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024 yang diadakan di Jakarta Convention Centre dari tanggal 1 hingga 4 Agustus 2024. Kehadiran Bank DKI di acara ini menekankan perannya dalam memperluas akses ke layanan keuangan bagi masyarakat luas melalui digitalisasi.

FEKDI, yang diprakarsai oleh Bank Indonesia bersama Kementerian Perekonomian serta didukung oleh berbagai Kementerian/Lembaga terkait dan asosiasi industri, mengusung tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital serta Inklusif untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan”.

Tema ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah untuk memperkuat stabilitas sistem pembayaran dan mempercepat ekonomi dan keuangan digital nasional guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

FEKDI menjadi ajang pameran berbagai produk, inovasi kebijakan, serta pencapaian dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (01/08) menyatakan, partisipasi di FEKDI 2024 adalah bukti nyata komitmen Bank DKI untuk mempercepat digitalisasi sektor keuangan dan memperluas inklusi keuangan.

"Kami berupaya memastikan layanan keuangan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan lebih mudah dan efisien melalui berbagai inovasi digital," katanya, Sabtu (3/8/2024).

Perluas Digitalisasi Keuangan

Sementara itu, Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, menambahkan, dengan hadir di FEKDI 2024, dirinya berharap dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya digitalisasi keuangan.

"Bank DKI berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak guna memperluas ekosistem keuangan digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” tambahnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenalkan Aplikasi Mobile Banking

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menjelaskan bahwa dalam kesempatan ini, Bank DKI memperkenalkan beberapa produk digital unggulannya, termasuk aplikasi JakOne Mobile.

Aplikasi ini merupakan mobile banking sekaligus mobile wallet yang menyediakan berbagai layanan mulai dari transaksi perbankan, pembayaran tagihan, belanja online, transaksi dengan scan QRIS, top up saldo uang elektronik, berdonasi, pembayaran pajak dan retribusi, hingga pembukaan deposito dan rekening tabungan secara online. Fitur mobile cash memungkinkan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank DKI maupun ATM bank lain yang bekerja sama, seperti BCA dan BNI berlogo Prima.

“Selain itu, Bank DKI juga menampilkan berbagai inisiatif yang mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengadopsi teknologi digital, di antaranya aplikasi JakOne Abank. Aplikasi ini memungkinkan UMKM memperoleh penghasilan tambahan dengan menjadi agen layanan keuangan Bank DKI,” tutup Arie.

Dengan partisipasi aktif dalam FEKDI 2024, Bank DKI menunjukkan komitmennya untuk memperluas inklusi keuangan digital dan memastikan bahwa layanan keuangan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini