Sukses

Luhut Sesumbar Indonesia Salip China soal Produksi Anoda Baterai Litium

Menko Luhut memproyeksikan Indonesia berpotensi mengalahkan China dalam hal produksi anoda baterai litium, menjadikan Indonesia sebagai produsen terbesar di dunia

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa Indonesia berpotensi mengalahkan China dalam hal produksi anoda baterai litium, menjadikan Indonesia sebagai produsen terbesar di dunia.

"Kita akan bisa melewati China dalam produksi anoda baterai litium dalam beberapa waktu ke depan," ujar Luhut dikutip dari Antara, Kamis (8/8/2024).

Saat ini, beberapa negara lain seperti Jepang hanya memiliki kapasitas produksi anoda baterai sebesar 10 ribu ton per tahun, sementara Korea Selatan mencapai 40 ribu ton per tahun.

Produksi terbesar saat ini berada di China dengan kapasitas 100 ribu ton per tahun. Namun, kapasitas produksi PT Indonesia BTR New Energy Material di Kendal akan mencapai 80 ribu ton per tahun pada tahap awal.

Indonesia Salip China

Luhut optimistis bahwa Indonesia dapat melampaui China karena PT Indonesia BTR New Energy Material akan melanjutkan pembangunan fase kedua pada akhir tahun 2024.

Pembangunan ini diharapkan selesai pada Maret 2025, yang akan meningkatkan total produksi anoda baterai litium di Indonesia menjadi 160 ribu ton per tahun, melampaui produksi China yang saat ini hanya 100 ribu ton per tahun.

Namun, sebelum fase kedua selesai, Indonesia masih akan berada di posisi kedua setelah China dalam hal produksi anoda baterai litium.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Fase Kedua

Luhut menyebutkan bahwa PT Indonesia BTR New Energy Material akan memulai pembangunan fase kedua pada awal kuartal IV tahun 2024 dan diproyeksikan selesai pada 1 Maret 2025. Dengan demikian, total produksi anoda baterai litium di Indonesia akan mencapai 160 ribu ton per tahun.

Sebagai pembanding, Luhut menyatakan bahwa kapasitas produksi anoda baterai di Jepang hanya sebesar 10 ribu ton, dan Korea Selatan sebesar 40 ribu ton.

Sementara itu, pabrik terbesar di China saat ini memiliki kapasitas 100 ribu ton. "Jadi, kita akan bisa melewati China dalam beberapa waktu ke depan," tegas Luhut.

Dengan langkah-langkah strategis ini, Indonesia tidak hanya akan meningkatkan kapasitas produksinya, tetapi juga memperkuat posisinya di pasar global sebagai produsen utama anoda baterai litium.

Ini merupakan langkah penting dalam mendorong pertumbuhan industri energi terbarukan dan memperkuat ekonomi nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini