Sukses

Miliarder Elon Musk Dukung Donald Trump Jadi Bumerang Buat Tesla

Rossmann, perusahaan raksasa toko obat Eropa mengumumkan tidak akan lagi membeli kendaraan listrik Tesla.

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan Tesla kabur usai CEO Tesla Elon Musk memutuskan mendukung Donald Trump saat pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS).

Rossmann, perusahaan raksasa toko obat Eropa pada Selasa, 6 Agustus 2024 mengumumkan tidak akan lagi membeli kendaraan listrik Tesla untuk armadanya yang akan segera berlaku. Keputusan ini seiring dukungan politik CEO Elon Musk yang mendukung Donald Trump.

"Rossmann, yang berbasis di Jerman, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusannya didasarkan pada ketidaksesuaian antara pernyataan CEO Tesla Elon Musk dan nilai-nilai yang diwakili Tesla dengan produknya," ujar Juru Bicara Perusahaan, Raoul Rossmann dalam sebuah pernyataan dilansir CNBC  Jumat (9/8/2024).

Raoul menyayangkan sikap Elon Musk yang tidak merahasiakan dukungannya terhadap Donald Trump. Padahal, Trump telah berulang kali menggambarkan perubahan iklim sebagai tipuan, sikap ini sangat kontras dengan misi Tesla untuk berkontribusi terhadap perlindungan lingkungan melalui produksi mobil listrik.

Rossmann membeli sekitar 180 kendaraan listrik per tahun  dan hanya memiliki 38 Tesla di armadanya. Menurut Bloomberg, keputusan perusahaan untuk menghentikan semua pembelian Tesla EV menunjukkan keputusan politik Elon Musk mulai berdampak pada produsen mobil tersebut jauh di luar AS.

Musk secara resmi mendukung Trump pada bulan lalu, dan mengatakan dia menyumbangkan dana kepada kelompok pro-Trump yang dia bantu dirikan bernama America PAC. Musk juga dijadwalkan untuk mewawancarai mantan presiden tersebut, Trump mengumumkan pada hari Selasa.

Selama debat dengan Presiden Joe Biden pada Juni, Trump menghindari pertanyaan tentang apa yang akan dia lakukan, jika ada, untuk memerangi perubahan iklim. Dan Trump menyebut perubahan iklim sebagai sebuah “tipuan.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hadapi Protes dari Aktivis Lingkungan

Bahkan, Ia juga berjanji akan menarik AS dari perjanjian iklim Paris, seperti yang dilakukannya pada masa kepresidenannya, jika ia terpilih pada bulan November.

Di sisi lain, Tesla membuka pabrik pada 2022 di Brandenburg, Jerman, (di luar Berlin) dan mempekerjakan ribuan orang di negara tersebut. Pada akhir 2023, jaringan toko obat Rossmann melaporkan bahwa mereka memiliki lebih dari 4,700 toko dan lebih dari 60,000 karyawan dengan sekitar setengahnya berada di Jerman.

Tesla kini menghadapi protes dari aktivis lingkungan di Jerman yang mempermasalahkan rencana perusahaan untuk menebang sebagian hutan dan menggunakan air untuk produksi di Brandenburg.

Elon Musk mengecam para pengunjuk rasa di sana, dengan mengatakan di X pada bulan Maret bahwa mereka "adalah teroris lingkungan paling bodoh di dunia atau mereka adalah boneka dari mereka yang tidak memiliki tujuan lingkungan yang baik".

 

Reporter: Sulaeman

Sumber:Merdeka.com

3 dari 5 halaman

Elon Musk Rencana Investasi Tesla ke Startup xAI, Nilainya Sentuh Rp 81,4 Triliun

Sebelumnya, orang terkaya di dunia, Elon Musk mengungkapkan bahwa dewan direksi Tesla Inc. akan membahas investasi senilai USD 5 miliar atau sekitar Rp 81,4 triliun ke perusahaan rintisan kecerdasan buatan yang didirikan sang miliarder, xAI.

Melansir The Economic Times, Jumat (26/7/2024) Elon Musk membagikan sebuah jajak pendapat kepada pengguna media sosial X untuk mengetahui apakah mereka setuju dengan kesepakatan itu.

Setelah lebih dari dua pertiga responden memberikan suara setuju, Musk mengatakan bahwa tampaknya "publik mendukung" dan Tesla akan mempertimbangkan investasi tersebut.

Dalam jajak pendapat awal yang diunggah pada hari Selasa, Musk mengatakan bahwa persetujuan dewan direksi Tesla dan suara pemegang saham akan diperlukan sebelum investasi dilakukan.

Pertanyaan itu diajukan tak lama setelah Tesla melaporkan laba yang mengecewakan selama empat kuartal berturut-turut, dan Musk telah ditanya selama panggilan pendapatan apakah perusahaan akan berinvestasi di xAI atau mengintegrasikan bot obrolannya, yang disebut Grok, ke dalam perangkat lunak Tesla.

"Tesla belajar banyak dari xAI," ungkap Musk, seraya menambahkan bahwa hal itu telah membantu memajukan Full Self-Driving, serangkaian fitur bantuan pengemudi. Sebagai informasi, Musk mendirikan xAI pada awal tahun 2023 atau beberapa bulan setelah OpenAI mengawali ledakan AI dengan peluncuran ChatGPT.xAI.

xAI sendiri mengumumkan telah mengumpulkan modal sebesar USD 6 miliar dalam putaran pendanaan yang menilai perusahaan rintisan tersebut sekitar USD 18 miliar.

Sequoia Capital dan Andreessen Horowitz termasuk di antara perusahaan yang mengambil bagian dalam salah satu investasi terbesar sejauh ini dalam AI generatif.

 

 

4 dari 5 halaman

Peluncuran Robotaxi Ditunda, Saham Tesla Turun 8%

Sebelumnya, saham Tesla ditutup turun sekitar 8% pada hari Kamis, setelah laporan bahwa pembuat kendaraan listrik itu menunda peluncuran Robotaxi-nya selama dua bulan. Sebelumnya, Tesla mengumumkan akan memperkenalkan robotaxi pada 8 Agustus.

Namun Tesla telah menunda peluncurannya hingga Oktober untuk memberi tim yang mengerjakan proyek tersebut lebih banyak waktu untuk membuat prototipe.

Kemerosotan saham Tesla pada hari Kamis menyusul reli 11 hari yang dipicu oleh laporan pengiriman yang lebih baik dari perkiraan untuk kuartal kedua. Lompatan itu menghapus kerugian saham tahun ini.

Namun, saham-saham tersebut kini kembali berada di wilayah negatif pada tahun 2024, tahun yang dirusak oleh PHK besar-besaran dan penurunan penjualan yang sebagian disebabkan oleh penuaan jajaran kendaraan listrik dan meningkatnya persaingan di Tiongkok.

Melansir CNBC International, Jumat (12/7/2024), CEO Tesla Elon Musk telah menjanjikan robotaxi kepada pemegang saham selama bertahun-tahun. Pada 2015, dia mengatakan mobil Tesla akan mencapai “otonomi penuh” dalam waktu tiga tahun.

Pada 2016, Musk mengatakan Tesla akan dapat mengirim salah satu mobilnya untuk berkendara lintas alam tanpa memerlukan campur tangan manusia pada akhir tahun berikutnya.

 

5 dari 5 halaman

Visi Tesla

Janji-janji kosong tersebut berlanjut hingga 2019, ketika Musk mengatakan melalui telepon dengan investor institusional bahwa Tesla akan memiliki satu juta kendaraan siap robotaxi di jalan pada tahun 2020. Namun, perusahaan tersebut belum menghadirkan robotaxi, kendaraan otonom, atau teknologi yang dapat mengubah arah. mobilnya menjadi kendaraan otomatis “level 3”. Sedangkan perusahaan seperti Alphabet's Waymo dan Cruise yang dimiliki oleh General Motors, telah melampaui Tesla.

Menyusul laporan pendapatan kuartal pertama yang suram pada April, Musk menegaskan kembali visinya tentang Tesla sebagai perusahaan yang berdedikasi untuk mengembangkan robotaxis yang akan menghasilkan uang bagi pemiliknya dan jaringan transportasi tanpa pengemudi.

“Jika seseorang tidak percaya Tesla akan menyelesaikan otonomi, saya pikir mereka tidak boleh menjadi investor di perusahaan tersebut,” kata Musk dalam laporan pendapatannya. Perusahaan dijadwalkan melaporkan hasil kuartal kedua akhir bulan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.