Sukses

Maung Pindad Bermesin Turbo Angkut Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN

Pindad menyampaikan apresiasi dan ungkapan rasa bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada PT Pindad, bahwa produk unggulannya Ranops MV3-Maung digunakan pada prosesi kirab bendera pusaka dan teks proklamasi.

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi kirab bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi dibawa oleh paskibraka menggunakan Kendaraan Operasional (Ranops) MV3-Maung Tangguh buatan PT Pindad. Kirab ini dari Monumen Nasional (Monas) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang prosesinya dimulai pada Sabtu, 10 Agustus 2024. 

Sebanyak 1 unit tambahan MV3-Maung Komando disiagakan di bagian belakang rangkaian kendaraan antisipasi terjadi hujan di perjalanan. 

Titik rangkaian kirab di Jakarta diawali dari Monas, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Soebroto, Cawang, kemudian ke Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah diterbangkan menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, duplikat bendera dan teks proklamasi kemudian dibawa menggunakan kendaraan Maung menuju IKN.

Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Dianing P Rahayu menyampaikan apresiasi dan ungkapan rasa bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada PT Pindad, bahwa produk unggulannya Ranops MV3-Maung digunakan pada prosesi kirab bendera pusaka dan teks proklamasi.

"Adalah suatu kehormatan bagi PT Pindad, bahwa kami dilibatkan secara langsung dalam prosesi kirab bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi menggunakan produk unggul MV3-Maung Pindad dari Monas hingga IKN. Ini tentu saja merupakan peristiwa sakral dan bersejarah yang akan diingat dalam perjalanan bangsa Indonesia," ujarnya dalam siaran pers resmi PT Pindad, Sabtu (10/8/2024).

Pakai Mesin Turbo

Adapun MV3-Maung Tangguh merupakan kendaraan produksi PT Pindad yang menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km per jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

MV3-Maung Tangguh yang digunakan merupakan varian dengan atap terbuka, dapat mengangkut 4 orang personel dan memiliki 5 pintu yang dapat diakses yakni 4 pintu samping dan 1 pintu belakang. 

Kendaraan ini juga tersedia dengan varian lainnya, yakni MV3-Maung Komando yang dilengkapi dengan atap Hard Top, dan MV3-Maung Jelajah yang dilengkapi dengan atap Soft Top.

MV3-Maung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Direktur Utama PT Pindad, Abraham mose pada Rapim Kemhan 2023 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kirab Tiba di Halim, Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Langsung Diterbangkan ke IKN

Sebelumnya, duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi diterbangkan dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Hal ini menyusul upacara militer HUT ke-79 Kemerdekaan RI digelar di IKN pada 17 Agustus 2024.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, iring-iringan kirab yang membawa duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi tiba di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada pukul 09.27 WIB.

 Purna Paskibaraka 2023 yang membawa bendera merah putih dan teks proklamasi pun memasuki pesawat boeing milik TNI AU. Pesawat tersebut akan membawa duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi menuju Bandara Sepinggan, Kalimantan Timur.

Bendera pusaka dibawa dengan menggunakan baki oleh Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, teks proklamasi dibawa Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

3 dari 3 halaman

Jalur Darat

Pesawat lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pukul 09.50 WIB. Kepala Sekretariat Presiden sekaligus Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartano juga ikut dalam penerbangan menuju IKN.

Setibanya di Bandara Sepinggan nanti, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN melalui jalur darat.

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih ke IKN yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.