Sukses

Intip Kesiapan Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN Besok 12 Agustus 2024

Presiden Jokowi akan memimpin sidang kabinet paripurna di IKN secara perdana besok 12 Agustus 2024

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan bahwa persiapan untuk perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti.

"Persiapannya tidak ada masalah. Semua berjalan dengan baik," kata Luhut setelah meninjau Gedung Kementerian Koordinator 1 di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,dikutipd ari Antara, pada hari Minggu (11/8/2024).

Meskipun masih terdapat beberapa kendala, seperti kondisi jalan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Luhut optimis bahwa semua permasalahan tersebut dapat diatasi seiring berjalannya waktu.

"Seiring waktu, semuanya akan beres," ungkapnya.

Menteri PUPR Paten!

Saat ditanya tentang pesan yang ingin disampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Luhut menegaskan bahwa dirinya tidak memberikan arahan khusus dan menyatakan kepuasannya terhadap kinerja Basuki.

“Sudah paten,” kata dia.

"Semua sudah berjalan dengan baik," ujarnya singkat.

Kesiapan Sidang Kabinet Paripurna

Lebih jauh, Luhut mengungkapkan bahwa kehadirannya di IKN bukan hanya untuk meninjau persiapan, tetapi juga dalam rangka menghadiri sidang kabinet paripurna yang untuk pertama kalinya akan digelar di IKN pada Senin, 12 Agustus 2024.

Dalam sidang paripurna tersebut, Basuki akan memberikan laporan terkait perkembangan pembangunan IKN serta persiapan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

"Urusan anggaran tidak perlu terlalu dibicarakan, kami cukup pintar untuk menghitung dengan cermat," kata Luhut sambil menegaskan bahwa semua aspek perencanaan sudah diperhitungkan dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunjau Pembangunan

Luhut juga menjelaskan bahwa ia sengaja datang sehari lebih awal sebelum sidang paripurna untuk meninjau progres pembangunan di IKN. Setelah sidang kabinet selesai, Luhut harus segera bertolak ke tempat lain untuk menghadiri rapat penting lainnya.

"Saya datang lebih awal untuk melihat perkembangan IKN sebelum sidang kabinet besok," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga ikut hadir. Basuki melakukan inspeksi terhadap berbagai infrastruktur di IKN menjelang upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus yang akan dilangsungkan di Istana Negara IKN.

 

3 dari 3 halaman

Kesiapan Infrastruktur Lainnya

Selain itu, Basuki mendampingi Luhut dalam meninjau Gedung Kementerian Koordinator 1. Sebelumnya, Basuki juga telah memeriksa kesiapan infrastruktur penting lainnya, termasuk kereta otonom, Embung MBH, dan Gedung Galeri Bukit Bumantara.

Artikel ini menggarisbawahi kesiapan IKN dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI serta pentingnya kolaborasi antar kementerian dalam mendukung proyek strategis nasional ini. Perkembangan IKN sebagai pusat pemerintahan baru terus dipantau oleh para pemangku kepentingan untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini