Sukses

Bursa Calon Menteri Ekonomi Prabowo-Gibran Mencuat, Siapa Paling Pantas?

Diketahui, ada sejumlah nama yang mendukung Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kabinet saat ini. Dan ini bisa menjadi pilihan menteri kabinetnya nanti,

Liputan6.com, Jakarta Nama-nama yang akan menempati posisi menteri sektor ekonomi di kabinet baru nanti masih menjadi tanda tanya. Apakah akan diisi figur baru di Kabinet Prabowo atau orang lama yang menduduki posisi saat ini.

Diketahui, ada sejumlah nama yang mendukung Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kabinet saat ini. Sebut saja, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pengamat Politik dari Aljabat Strategic, Arifki Chaniago menilai tidak tertutup kemungkinan ada figur baru di menteri ekonomi kabinet Prabowo-Gibran. Menurutnya, banyak figur lain yang potensial mengisi posisi tersebut.

"Kalau kita membaca figur-figur yang akan menjadi Menko Perekonomian, Menteri perdagangan, itu berkemungkinan figur-figur baru," ucap Arifki, dihubungi Liputan6.com, Senin (12/8/2024).

"Karena ada banyak kemungkinan yang akan diambil oleh figur-figur lainnya," sambung dia.

Banyak Pilihan

Menurutnya, banyak orang di Indonesia yang dinilai pantas untuk mengisi posisi menteri sektor ekonomi.

"Karena tidak banyak kekurangan stok negara ini untuk mengisi Menteri perekonomian, menteri perdagangan dan juga menteri perindustrian," paparnya.

Arifki tidak mengambil pusing jika posisi menteri ekonomi diberikan ke sosok dari partai politik. Meski, banyak permintaan menteri ekonomi diisi oleh orang-orang profesional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa yang Jadi Pertimbangan Menteri Prabowo?

Dia bilang, sosok politik sekalipun akan memiliki perjalanan karir yang sejalan dengan kursi menteri ekonomi nantinya. Hal ini akan jadi pertimbangan Prabowo-Gibran dalam menentukan porsi menteri tersebut.

"Dan saya rasa ya meskipun terkait dengan parpol, tentu dia memiliki garis personal yang akan bisa di banggakan apakah pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya," ucapnya.

"Yang jelas soal skema ekonomi dan lainnya juga akan berbeda narasi yang akan dibentuk oleh Prabowo-Gibran," imbuh Arifki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.