Sukses

Jokowi Groundbreaking Nusantara International Convention Center dan Hotel di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking Nusantara International Convention Center and Hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8/2024). Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara Otorita IKN dengan Royal Golden Eagle milik konglomerat besar, Sukanto Tanoto.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking Nusantara International Convention Center and Hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8/2024). Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara Otorita IKN dengan Royal Golden Eagle milik konglomerat besar, Sukanto Tanoto.

Selain groundbreaking, dilakukan Penandatanganan Penandatangan Perjanjian Pemanfaatan Tanah Pengalokasian Lahan Aset Dalam Penguasaan Otorita IKN dan Akta Notariil Perjanjian antara Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan PT RGE Indonesia.

Pada kesempatan itu, Jokowi menegaskan pentingnya investasi di IKN sebagai investasi masa depan. Ia menyatakan bahwa Nusantara International Convention Center and Hotel diharapkan menjadi pusat pertemuan, konvensi, dan pameran internasional yang mendukung peran Nusantara sebagai kota yang mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan dan kecerdasan.

"Investasi di Nusantara adalah investasi masa depan. Tren hijau ke depan harus bisa kita kuasai, dan Nusantara International Convention Center and Hotel ini diharapkan bisa menjadi tempat pertemuan, konvensi, dan eksibisi bertaraf internasional yang akan mendukung Ibu Kota Nusantara sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan," kata Jokowi, Senin (12/8/2024).

Pembangunan Infrastruktur

Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono turut menyampaikan, pembangunan infrastruktur seperti Nusantara International Convention Center and Hotel adalah langkah strategis dalam memperkuat posisi IKN sebagai pusat kegiatan bisnis dan ekonomi.

"Pembangunan ini sejalan dengan visi kita untuk menciptakan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang mengutamakan keberlanjutan, dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif," ujar Basuki.

Berlokasi strategis di area 1B dan berluas 12 hektar, Nusantara International Convention Center and Hotel diharapkan menjadi icon dari Nusantara untuk menyelenggarakan acara-acara kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). Gedung Convention Center ini dirancang dengan kapasitas kurang lebih 10.000 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kualitas dan Daya Tarik IKN

Selain akan meningkatkan kualitas dan daya tarik IKN terhadap investor, proyek dengan nilai investasi Rp 2 triliun ini dianggap sejalan dengan pola pembangunan Nusantara yang mengusung prinsip cerdas, hijau dan berkelanjutan.

Deputi Presiden RGE Indonesia, Bernard Riedo menyampaikan, pihaknya berkomitmen penuh dalam mendukung pembangunan IKN. Sebagai langkah awal, komitmen RGE Group diwujudkan dalam groundbreaking untuk pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel.

“Kami harap pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai visi dan misi Nusantara sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan terutama dalam mendukung kelancaran kegiatan bisnis dan ekonomi di Nusantara,” ujar Bernard.

Adapun rencana pembangunan hotel berbintang lima yang terhubung dengan International Convention Center untuk menunjang kegiatan MICE. Hotel akan menyediakan kurang lebih 200 kamar tipe suites room yang didesain dengan konsep modern dan berkelanjutan.

3 dari 4 halaman

Jokowi Tetap Pantau IKN Meski Tak Lagi jadi Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sejumlah proses peletakan batu pertama (groubdbreaking) di beberapa proyek Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8/2024). Salah satunya pembangunan hotel Swis-BelHotel Nusantara.

Jokowi mengatakan, Ibu Kota Nusantara dirancang untuk dijadikan sebuah kota bernuansa hutan alias forrest city. RI 1 pun memuji hasil kurasi Ridwan Kamil sebagai kurator untuk menjadikan ibu kota baru bukan sebagai kota beton atau kota kaca.

"Saya lihat tadi desain dari hotel Swiss-BelHotel Nusantara sangat bagus, sudah menyesuaikan dengan konsep kota Nusantara yaitu Forrest City. Sudah selesai dari hasil kurasi pak Ridwan Kamil," ujar Jokowi, Senin (12/8/2024).Selain itu, Jokowi terus mendorong agar IKN dibangun dengan tema Smart City dengan teknologi terbaru, hingga Liveable City alias kota yang nyaman untuk ditinggali.

"Tadi saya bangun, keluar kamar, keluar rumah, udaranya sangat segar sekali. Fresh, bersih, air quality index-nya berada di angka 6. Artinya sangat bersih, karena kota-kota di Indonesia angkanya sudah banyak di atas 100," imbuh dia.

 

4 dari 4 halaman

Proses Pembangunan IKN

Oleh karena itu, Jokowi berjanji akan terus memantau proses pembangunan IKN meskipun masa jabatannya sebagai presiden tak lama lagi segera usai. Sebagai patokan, ia berjanji akan kembali datang ke Swis-BelHiotel Nusantara yang ditargetkan selesai dalam 15 bulan ke depan.

"Swiss-BelHotel ini akan dibangun 197 kamar, yang akan diselesaikan kurang lebih dikerjakan 15 bulan akan selesai. Jadi saya nginap ke sini bukan sebagai presiden, berarti akan jadi, 15 bulan. Akan saya lihat terus meskipun saya enggak jadi presiden, akan saya ikuti terus," tegasnya.

Selain kepada investor, Jokowi juga meminta pemerintah dan Otorita IKN (OIKN) tetap berpatokan pada konsep green city yang telah ditentukan dalam melanjutkan pembangunan IKN ke depan.

"Kita harapkan juga untuk fasilitas-fasilitas infrastruktur segera akan dikerjakan oleh OIKN, pemerintah, baik jalan akses, listrik, dan air akan segera disiapkan. Sehingga semuanya akan komplit ketika hotel ini selesai dibangun," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.