Sukses

Bank Mandiri Gandeng PT SGN Guna Bangun Ekosistem Pertanian Berkelanjutan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) guna membangun ekosistem pertanian nasional yang berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) guna membangun ekosistem pertanian nasional yang berkelanjutan. Kedua perusahaan akan berkolaborasi menyediakan solusi finansial terintegrasi untuk mendukung ekosistem SGN, khususnya bagi para petani tebu yang menjadi mitra utama.

Executive Vice President Corporate Banking VI Bank Mandiri, Budi Purwanto, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari strategi besar Bank Mandiri dalam memperluas ekosistem pertanian melalui digitalisasi dan inovasi layanan keuangan.

“Kami melihat bahwa sektor pertanian memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," jelasnya.

"Melalui digitalisasi dan kemitraan strategis seperti yang kami lakukan dengan SGN, kami berupaya menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan, di mana para petani memiliki akses lebih mudah terhadap pembiayaan sesuai dengan kebutuhan mereka,” imbuh Budi.

Ia pun mengungkapkan, selain memberikan dukungan pembiayaan kepada petani, kerja sama ini mencakup penyediaan pembiayaan untuk supplier dan vendor melalui mekanisme Accepted Invoice Financing.

"Langkah ini diharapkan dapat memperkuat rantai pasokan atau value chain ekosistem SGN, sehingga operasional bisnis dapat berjalan lebih efisien dan efektif," ungkap Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Layanan Lainnya

Budi membeberkan, Bank Mandiri juga menawarkan Layanan Payroll Package untuk mempermudah pengelolaan gaji bagi pegawai SGN. Dalam layanan ini, pegawai SGN dapat mengakses berbagai produk perbankan seperti tabungan, asuransi, dan pinjaman dengan lebih mudah.

"Fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan dan kesejahteraan ekonomi pegawai, serta mendukung pencapaian tujuan keuangan mereka," bebernya.

Budi pun berharap, kerja sama itu dapat memberikan manfaat nyata bagi para petani tebu yang menjadi mitra SGN serta mendukung ekosistem pertanian yang lebih maju dan berkelanjutan di Indonesia.

“Kami optimis bahwa kolaborasi ini akan membawa dampak positif bagi seluruh pihak yang terlibat dan kami ingin menjadi mitra strategis dalam membangun ekosistem pertanian yang modern dan berdaya saing tinggi, sejalan dengan visi Bank Mandiri untuk mendorong inklusi keuangan di berbagai sektor,” ujarnya.

Di sisi lain, Budi menyebut, kerja sama itu merupakan langkah lanjutan dari berbagai inisiatif yang telah dilakukan Bank Mandiri dalam mendukung sektor pertanian dan pemberdayaan ekonomi di Indonesia.

"Dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi, Bank Mandiri terus berkomitmen untuk memperluas jangkauan layanan keuangan kepada berbagai segmen masyarakat, termasuk petani, pelaku UMKM, dan sektor informal lainnya," sebutnya.

"Dengan adanya digitalisasi dan inovasi layanan keuangan yang terus dikembangkan, Bank Mandiri berharap dapat menjadi katalisator dalam menciptakan ekosistem bisnis yang lebih kuat dan inklusif, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan," jelas Budi.

3 dari 3 halaman

Dirancang Khusus untuk Petani Tebu

Dalam kerja sama antara Bank Mandiri dengan SGN, Bank Mandiri menyediakan fasilitas Kredit Usaha Mikro (KUR/KUM) yang dirancang khusus untuk petani tebu dengan skema bayar panen. Fasilitas ini menawarkan skema bayar panen yang memungkinkan petani untuk mengatur arus kas mereka dengan lebih fleksibel.

Dengan demikian, kewajiban pembayaran dapat disesuaikan dengan waktu panen, yang kerap menjadi tantangan dalam pengelolaan usaha pertanian.

Selain itu, Bank Mandiri juga menawarkan solusi digital inovatif bagi para petani dengan Livin' by Mandiri. Super app andalan Bank Mandiri itu dirancang untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial dan nonfinansial para petani tebu, agar dapat dengan mudah mengelola keuangan harian seperti pembayaran, transfer uang, top-up e-wallet, pembukaan rekening, dan ragam fitur unggulan lainnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini