Sukses

Daftar CPNS 2024 Lewat Sscasn.bkn.go.id, Kuota Tak Jadi 600.000 Formasi

Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, tahap seleksi per Agustus ini masih akan difokuskan pada perekrutan CPNS 2024

 

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan segera membuka proses pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) maupun CPNS 2024 pada 20 Agustus 2024 mendatang. Proses pendaftaran akan dilaksanakan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, tahap seleksi per Agustus ini masih akan difokuskan pada perekrutan CPNS 2024.

"Jadi yang Agustus ini fokus ke CPNS. Kita beresin CPNS," ujar Anas di kawasan Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Anas mengungkapkan, pemerintah telah menetapkan alokasi 600.000 formasi untuk CPNS 2024. Sayangnya, ia memperkirakan jumlah formasi yang akan tersedia nantinya tidak mencapai angka tersebut.

"Tapi ternyata formasi 600.000 ini mungkin tidak terpenuhi, tidak sampai 400.000 dari formasi yang diusulkan oleh KL dan pemerintah daerah," kata Anas.

Masih Banyak Usulan Kurang Tepat

Alasannya, banyak usulan formasi yang diajukan kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah masih banyak berkutat pada persoalan tugas administratif.

"Kenapa tidak terpenuhi? Ada banyak formasi yang diusulkan kepada kami, tapi kami tidak bisa penuhi, kami coret. Contohnya, formasi teknis administratif, itu kan akan terdisrupsi oleh teknologi, maka itu tidak boleh dibuka formasinya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anas turut mengutarakan bahwa persoalan usulan formasi tersebut turut menyebabkan proses pendaftaran seleksi CPNS 2024 terlambat dari jadwal awal.

"Pertanyaannya, kenapa ini terlambat lebih dari 2 bulan? Ini karena kami menunggu pemenuhan formasi dari kementerian/lembaga yang belum tuntas, dan bahkan yang sudah masuk pun kami verifikasi supaya formasinya sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Syarat Daftar CPNS 2024?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya memastikan jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2024 diumumkan melalui akun instagram resmi BKN RI. "H-6 sebelum pendaftaran di portal SSCASN BKN dibuka‼️," tulis caption akun @bkngoidofficial, dikutip Kamis, (15/8/2024).

"Pendaftaran Seleksi Formasi CPNS 2024 Dibuka 20 Agustus 2024. Siapkan Diri Kalian!," tulis pengumumannya.

Selain itu, BKN juga merilis jadwal lengkap untuk seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Jadwal seleksi ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi seluruh instansi pemerintah dalam menjalankan proses seleksi CPNS 2024.

Selain jadwal, ada juga sejumlah syarat yang harus dipersiapkan oleh peserta CPNS 2024. Meski belum resmi apa saja syarat-syarat pendaftaran untuk pelamar CPNS, tetapi dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (kemenpan-RB) Nomor 27 Tahun 2021, disebutkan syarat pendaftaran CPNS. Apa sajakah itu?

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena tindak pidana kejahatan
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD, atau tidak pernah diberhentikan karena pelanggaran hukum bagi pegawai swasta
  • Tidak sedang menjabat sebagai CPNS atau PNS, anggota TNI/Polri, atau siswa sekolah ikatan dinas pemerintah
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar
  • Tidak memiliki ketergantungan pada narkoba.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau di negara lain yang ditentukan pemerintah
  • Merupakan lulusan minimal D3 dengan IPK sesuai persyaratan formasi pendaftaran
  • Usia pelamar minimal 18 tahun. 
3 dari 3 halaman

Dokumen yang Disiapkan

Berikut adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya perlu dipenuhi oleh calon peserta CASN, berdasarkan informasi dari berbagai sumber:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Kartu Keluarga (KK)

3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

4. Ijazah

5. Transkrip Nilai

6. Pas Foto

7. Swafoto atau Selfie

8. Dokumen Tambahan

Persiapkan dokumen lain yang sesuai dengan ketentuan jenis seleksi CPNS 2024 dan instansi yang Anda lamar. Pastikan semua dokumen tersebut lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan untuk meningkatkan peluang Anda dalam seleksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.