Sukses

KAI Commuter Rilis Kartu Multi Trip KRL Edisi Khusus BT21, Tengok Tampilan dan Harganya

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter total bakal merilis 800.000 kartu multi trip (KMT) edisi khusus BT21 dengan 16 desain berbeda sampai Desember 2024.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter total bakal merilis 800.000 kartu multi trip (KMT) edisi khusus BT21 dengan 16 desain berbeda sampai Desember 2024.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan, pengguna bisa membeli KMT edisi khusus BT21 pada loket di tiap-tiap stasiun KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo.

KAI Commuter akan merilis 200.000 kartu pembayaran khusus ini setiap bulannya selama periode Agustus hingga Desember 2024. Kartu ini dijual seharga Rp 60.000, sudah termasuk saldo Rp 10.000.

"Setiap mengeluarkan itu, itu 200.000 kartu. Total nanti akan ada 800.000 kartu multitrip dengan BT21 tadi yang bisa kita sebar ke masyarakat. Harganya Rp 60.000 dengan saldo Rp 10.000," jelas Joni dalam sesi jumpa media di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

"Kartu ini kita akan terus ada inovasi. Jadi di bulan Agustus ini kita ada empat desain yang kita terbitkan itu. Nanti di September akan ada empat desain lagi yang berbeda, Oktober ada lagi empat desain yang berbeda. Terakhir di Desember kita akan luncurkan lagi empat desain yang berbeda," bebernya.

Apa Itu BT21?

Adapun BT21 merupakan karakter digital yang lahir dari hasil kolaborasi antara boy band asal Korea Selatan, BTS dengan perusahaan karakter global, LINE Friends. Menurut Joni, desain KMT BT21 ini sudah sejalan dengan selera pasar anak muda yang juga kerap beraktivitas commute dalam kesehariannya.

"Total nanti akan ada 16 desain yang berbeda dari kartu itu. Jadi teman-teman anak muda yang sangat menggandrungi itu punya banyak pilihan," imbuh dia.

Tak hanya KRL Commuter Line, KMT edisi khusus BT21 ini juga bisa dipakai untuk bertransaksi saat menggunakan moda transportasi lain semisal LRT Jabodebek, MRT Jakarta, TransJakarta, hingga membayar parkir di stasiun area Jabodetabek.

"Ini bisa di LRT, MRT, TransJakarta, Trans Jatim, Trans Jateng, Jaklingko. Maka diharapkan dengan adanya desain kartu yang baru ini bisa memperkaya yang sudah kita produksi," pungkas Joni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keren, Intip Penampakan KRL Buatan PT Inka

PT KAI Commuter memperkenalkan purwarupa atau model awal moda Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line buatan PT Industri Kereta Api (INKA). Sesuai kesepakatan, PT INKA akan memasok sebanyak 16 rangakaian KRL Jabodetabek untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyampaikan pihaknya telah memperoleh gambaran desain awal KRL Jabodetabek buatan PT INKA. Namun, dia tidak merinci waktu penyerahan desain KRL Jabodetabek karya industri dalam negeri tersebut.

"Baru prototype (purwarupa) aja. Jadi kita dipertunjukkan kan prototype," kata Joni dalam Bincang-bincang bersama Media di Kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (15/8).

Dalam kesempatan tersebut, KAI Commuter juga diminta untuk memberikan masukan terhadap KRL Jabodetabek buatan INKA. Joni mengatakan, masukan yang disampaikan pihaknya bersifat minor.

"Nah kemarin sudah kita evaluasi dan kita juga ikut melihat langsung gerbong itu yang sudah jadi itu," ucap dia.

Masukan yang disampaikan KAI Commuter  meliputi fasilitas di kabin masinis hingga penumpang. Selain itu, KAI juga memberikan masukan ruang komersial di area ruang penumpang.

"Cuma ada beberapa yang kita evaluasi. Yang minor lah. Misalnya gini, spek yang harus kita desain di dalam. Yang bisa mengakomodir. Misalnya tidak hanya untuk public interest. Tapi juga untuk misalnya keperluan komersial," beber dia.

Meski demikian, model angkutan KRL Jabodetabek yang diperkenalkan PT INKA ini masih bersifat rancangan awal. Dengan ini, tampilan KRL Jabodetabek dalam negeri tersebut masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

"Tapi dalam prototype belum final. Itu nanti baru. Baru buat banget," tegas dia.

 

3 dari 3 halaman

Kontrak Pengadaan 16 Rangkaian KRL

Sebelumnya, PT INKA (Persero), PT KAI (Persero), dan PT KCI atau KAI Commuter menandatangani kontrak pengadaan 16 rangkaian kereta (trainset) KRL produksi lokal.

Penandatanganan dilakukan bersamaan dengan peresmian workshop PT INKA (Persero) Banyuwangi oleh Wakil Menteri (Wamen) II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Kamis, 9 Maret 2023.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Eko Purwanto menyampaikan, kerjasama ini merupakan momentum untuk kebangkitan perkeretaapian nasional dan sebuah bentuk kolaborasi anak bangsa yakni PT INKA (Persero), PT KAI (Persero) dan KAI Commuter.

"Sinergi seperti ini sudah terjalin pada kesempatan-kesempatan sebelumnya dan akan terus kami lanjutkan. Sebagai operator, baik PT KAI maupun KAI Commuter tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik," ujarnya, Kamis (9/3/2023).

Adapun untuk pengadaan 16 trainset kereta baru KAI Commuter menyiapkan anggaran hampir Rp 4 Triliun yang akan selesai pada tahun 2025-2026.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini