Sukses

Kenakan Jas Hitam, Prabowo Tiba Kompleks DPR RI Jelang Sidang Tahunan MPR 2024 dan Nota Keuangan

Presiden Terpilih Prabowo Subianto tiba di kompleks parlemen menjelang Sidang Tahunan MPR 2024 dan Nota Keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Terpilih Prabowo Subianto tiba di kompleks parlemen menjelang Sidang Tahunan MPR 2024 dan Nota Keuangan.. Menteri Pertahanan itu tiba sekitar 08.46 WIB. Prabowo terlihat mengenakan setelan jas resmi berwarna hitam.

Setelan jas itu membalut kemeja resmi berwarna putih. Ditambah dengan kesan dasi berwarna biru. Sesaat tiba di konpleks parlemen, Prabowo melambaikan tangan ke arah awak media.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato Rancangan Undang-Undang APBN Tahun 2025 beserta Nota Keuangannya. Sejumlah pejabat negara sudah mulai tiba di Kompleks DPR RI, Jakarta.

Menurut pantauan di lapangan, Beberapa menteri tiba beriringan di kompleks parlemen. Terlihat ada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, mengenakan setelan jas resmi lengkap.

Dia masuk kompleks parlemen beriringan dengan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Keduanya tiba sekitar pukul 08.26 WIB.

Selanjutnya, ada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto. Keduanya tiba sekitar pukul 08.28 WIB.

Berikutnya, tiba Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono. AHY tiba sekitar 08.28 WIB.

Lalu, tiba Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Keduanya tiba pukul 08.35 WIB.

Tak lama berselang, tiba juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sekitar 08.40 WIB. Lalu, diikuti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang tiba 1 menit setelahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Nota Keuangan

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan melangsungkan Sidang Tahunan 16 Agustus. Sidang tersebut terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI – DPD RI, dan Sidang Paripurna DPR RI dalam Rangka Penyampaian RUU APBN TA 2025.

Sidang 16 Agustus akan terdiri dari tiga agenda, yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang Bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. Di agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan Pengantar Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia Maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada lokasi acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

 

3 dari 3 halaman

Pidato Pertanggungjawaban Terakhir Jokowi

Pada Sidang 16 Agustus ini Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pertanggungjawaban terakhirnya. Diperkirakan akan ada 3.000 tamu undangan yang hadir pada sidang tersebut.

Selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sidang Bersama DPR-DPD yang masih dalam satu rangkaian dengan Sidang Tahunan MPR 2022 juga turut dihadiri sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Kemudian hadir pula pimpinan lembaga negara, serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Adapun untuk pengamanan Sidang Tahunan sendiri juga sama dengan tahun-tahun sebelumnya di mana pengamanan dalam internal DPR akan bekerja sama dengan unsur eksternal, seperti TNI, Polri dan Paspampres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.