Sukses

Sidang Tahunan MPR 2024, Jokowi Pamer 99% Wilayah Indonesia Dialiri Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer sudah hampir seluruh wilayah Indonesia telah dialiri listrik. Bahkan, dalam persentasenya mencapai 99 persen hingga 2024 ini.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer sudah hampir seluruh wilayah Indonesia telah dialiri listrik. Bahkan, dalam persentasenya mencapai 99 persen hingga 2024 ini.

Hal ini disampaikan dalam Pidato Presiden dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dia mengungkapkan, angka elektrifikasi sudah menjangkau hingga 99 persen wilayah Indonesia. Diketahui, ini mencakup pada daerah-daerah terpencil.

"Cakupan elektrifikasi terus kita perluas hingga mencapai 99 persen di tahun 2024, tahun ini," kata Jokowi dalam pidatonya, di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Didamping cakupan listrik, Kepala Negara itu juga menyampaikan sambungan internet sudah bisa diakses ke mayoritas wilayah di Indonesia. Angkanya mencapai 79 persen wilayah Tanah Air.

"Demikian juga dengan cakupan internet yang terus kita tingkatkan hingga mencapai 79 persen di tahun 2024," ucapnya.

Bukan tanpa alasan, Jokowi bilang elektrifikasi dan sambungan internet ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk meningkatkan kelas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia.

"Ini akan menjadi ekosistem yang baik untuk mendorong digitalisasi UMKM dan pengembangan start up Indonesia," ujarnya.

"Sehingga akan melahirkan semakin banyak entrepreneur muda yang berkualitas di negeri ini," sambung Presiden Joko Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini