Sukses

Jelang Upacara HUT RI ke-79, Waskita Karya Pastikan Jalan Menuju IKN Siap Digunakan

Terdapat 12 proyek IKN senilai Rp 7,7 triliun yang dikerjakan Waskita Karya.

Liputan6.com, Jakarta PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) turut memastikan kelancaran Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Indonesia di IKN untuk pertama kalinya.

Terdapat 12 proyek IKN senilai Rp 7,7 triliun yang dikerjakan Waskita Karya. Sebanyak tujuh di antaranya telah mencapai realisasi pembangunan di atas 50 persen, bahkan jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 dan Multi Utility Tunnel 01 (MUT) atau Terowongan Multi Utilitas yang berada di bawah tanah sudah rampung dikerjakan.

Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan, dengan selesainya pekerjaan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 sepanjang 4,45 Kilometer (Km), maka sudah lengkap dukungan konektivitas jalan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Ini berarti akses ke lokasi upacara sudah siap digunakan.

"Kami berkomitmen mendukung kelancaran Upacara HUT Kemerdekaan perdana di IKN dengan menyelesaikan proyek secara tepat waktu. Maka, beberapa proyek garapan Waskita sudah siap digunakan pada 17 Agustus besok," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (16/8/2024).

Pembangunan Jalan Feeder IKN

Ermy menambahkan, pembangunan Jalan Feeder District di KIPP IKN pun telah terealisasi 83,8 persen, lalu Jalan Tol IKN Segmen 5A pembangunannya mencapai 90,68 persen per 16 Agustus 2024. Nantinya, kedua jalan itu turut difungsikan sebagai akses menuju tempat pelaksanaan upacara.

Komitmen Waskita juga terlihat pada pembangunan Gedung Kementerian Koordinator 3 dan Kementerian Koordinator 4. Progres masing-masing sebesar 89 persen dan 92,33 persen.

"Pembangunan Gedung Sekretariat Presiden yang Waskita kerjakan juga hampir selesai. Realisasi pembangunannya mencapai 96 persen," jelas Ermy.

Adapun kemajuan pembangunan proyek IKN Waskita lainnya yaitu Rumah Susun ASN 3 sebesar 69,27 persen serta Jalan Akses VVIP 49,4 persen. Ada pula Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 123 dengan progress 34,07 persen dan Jalan Lingkar 6C 63,8 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Upacara

Ermy menegaskan, perseroan memang mengejar pembangunan sejumlah proyek tersebut, karena menjelang Hari Kemerdekaan, terdapat beberapa persiapan yang akan dilakukan di IKN.

Persiapan itu mencakup penghentian mobilisasi material konstruksi, peralatan, kendaraan berat, dan suplai beton dari batching plant ke seluruh paket pekerjaan di KIPP IKN dari 10-17 Agustus 2024.

Sejalan dengan konsep Future Smart Forest City of Indonesia yang diusung IKN, Waskita berkomitmen terhadap keberlangsungan dan penyelamatan lingkungan ekosistem alam. Perusahaan secara konsisten mendorong pengembangan green construction saat pelaksanaan konstruksi.

Penerapan green construction yang merupakan bagian dari aspek green building adalah salah satu upaya perseroan dalam meningkatkan dan melindungi keragaman ekosistem. Ini sekaligus upaya memperbaiki kualitas udara, mereduksi limbah serta konservasi sumber daya alam.

“Akselerasi pembangunan telah dilakukan oleh tim proyek dengan menerapkan sejumlah inovasi dan mengedepankan Quality, Health, Safety, dan Environment (QHSE). Waskita berkomitmen untuk selalu memperhatikan aspek lingkungan demi keberlanjutan ekosistem alam,” tutup Ermy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini