Sukses

Jasindo Prediksi Klaim Asuransi Kredit 2024 Capai Rp 217 Miliar

Klaim asuransi kredit oleh Jasindo hingga Juni 2024 mencapai Rp116,36 miliar, atau rata-rata Rp19,3 miliar per bulan

 

Liputan6.com, Jakarta PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) memproyeksikan bahwa pembayaran klaim asuransi kredit hingga akhir tahun 2024 akan mencapai Rp217,17 miliar.

Prediksi ini muncul di tengah meningkatnya tantangan yang dihadapi oleh industri asuransi, terutama dengan lonjakan Non-Performing Loan (NPL) di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Direktur Pengembangan Bisnis Jasindo, Diwe Novara menegaskan meskipun pembayaran klaim asuransi kredit oleh Jasindo hingga Juni 2024 mencapai Rp116,36 miliar, atau rata-rata Rp19,3 miliar per bulan, ada kecenderungan penurunan klaim dalam beberapa tahun terakhir.

"Penurunan ini dikaitkan dengan keberhasilan program restrukturisasi asuransi kredit yang telah dijalankan perusahaan," katanya kepada wartawan, Jumat (16/8/2024).

Namun, data nasional menunjukkan adanya lonjakan klaim asuransi kredit sebesar 29,75% pada Juni 2024, dengan total klaim mencapai Rp2,09 triliun.

Kenaikan klaim ini berhubungan erat dengan meningkatnya NPL di sektor UMKM, yang mencapai level 4,04%, mendekati ambang batas 5% yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dampak Pencabutan Relaksasi Kredit

Diwe menjelaskan bahwa dampak pencabutan relaksasi kredit yang diberikan selama pandemi Covid-19 masih sangat terasa pada tahun 2024 ini. Situasi ini tidak hanya mempengaruhi industri perbankan, tetapi juga berpotensi meningkatkan klaim asuransi kredit, khususnya dari nasabah UMKM.

"Perusahaan asuransi yang menjamin kredit harus bersiap-siap menghadapi kemungkinan lonjakan klaim asuransi kredit akibat pencabutan relaksasi kredit, terutama dari nasabah UMKM," kata Diwe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Antisipasi

Sebagai langkah antisipatif, Jasindo dan perusahaan asuransi lainnya telah membuat kesepakatan cicilan klaim dengan mitra untuk menjaga stabilitas arus kas perusahaan.

Langkah ini juga memberikan keuntungan bagi perbankan dalam bentuk pengurangan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN), memungkinkan kedua sektor untuk saling mendukung dalam mengatasi tantangan peningkatan klaim asuransi kredit.

"Dengan strategi antisipatif ini, kami berharap industri asuransi dapat tetap stabil meskipun ada peningkatan klaim asuransi kredit, sementara perbankan mendapatkan kepastian penyelesaian pembayaran klaim," tutup Diwe.

Prediksi kenaikan klaim asuransi kredit ini menunjukkan perlunya langkah-langkah strategis yang lebih kuat dari sektor asuransi dan perbankan dalam menghadapi kondisi ekonomi yang penuh tantangan pada tahun 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Asuransi Jasa Indonesia atau disingkat Asuransi Jasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jasa.

    Asuransi Jasindo

  • Kredit adalah pinjaman uang dengan pembayaran pengembalian secara mengangsur.

    Kredit

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Restrukturisasi adalah penataan kembali (supaya struktur atau tatanannya baik).

    restrukturisasi

  • PT Asuransi Jasa Indonesia atau disingkat Asuransi Jasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jasa.

    Jasindo

  • Klaim Asuransi

Video Terkini