Sukses

Petani Sekitar PSN Hilirisasi Nikel di Kolaka Dapat Bantuan 3,2 Ton Pupuk

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) pada hilirisasi nikel, Arifin mendorong PT Ceria agar terus memberikan manfaat besar bagi bangsa dan negara

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengapresiasi langkah perusahaan pertambangan dan pemurnian nikel nasional, PT Ceria Nugraha Indotama yang telah mengimplementasikan prinsip Environmental, Social dan Governance (ESG) pada seluruh rantai industrinya.

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) pada hilirisasi nikel, Arifin mendorong PT Ceria agar terus memberikan manfaat besar bagi bangsa dan negara, khususnya di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Selain pada dimensi ekonomi, Arifin juga mendukung tumbuhnya ekosistem hijau dan ketahanan pangan di kawasan pertambangan PT Ceria yang digerakkan oleh komunitas petani lokal di lingkar tambang.

"Pertanian dilingkar tambang harus terus berkembang. Pertambangan dan ketahanan pangan harus saling menyokong," kata Arifin dalam saat mengunjungi PSN Smelter Merah Putih di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu, dikutip Jumat (16/8/2024).

Untuk mendukung ketahanan pangan di kawasan PSN Ceria secara berkelanjutan, Arifin berkomitmen memberikan bantuan pupuk secara gratis kepada gabungan kelompok tani binaan PT Ceria di Kecamatan Wolo.

"Alhasil, bantuan pupuk tersebut telah disalurkan langsung kepada para petani pada Kamis, 15 Agustus 2023 yang difasilitasi oleh PT Petrokimia Gresik bekerjasama dengan PT Ceria Nugaraha Indotama," ungkap Direktur Operasional PT Ceria Nugraha Indotama, Yusram Rantesalu melaporkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Adapun PT Petrokimia Gresik menyerahkan pupuk sebanyak 3,2 ton. Sementara PT Ceria Nugraha Indotama menyerahkan sejumlah alat pertanian berupa sprayer.

Senior Vice President (SVP) Transformasi Bisnis PT Petrokimia Gresik, Eko Suroso, turut mengapresiasi kemajuan petani di daerah itu.

Ia pun optimistis kolaborasi antara Petrokimia Gresik dan PT Ceria Nugraha Indotama bisa berkonstribusi besar dalam memajukan sektor pangan di daerah itu pada masa mendatang.

"Kami bangga PT Petrokimia Gresik bisa berkolaborasi dengan PT Ceria. Dengan melihat langsung hamparan sawah di daerah ini, ini menjadi bukti bahwa PT Ceria beroperasi dengan mengikuti kaidah Good Mining Practice," kata Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini