Sukses

Pesan Erick Thohir di Momen HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir menyisipkan pesan penting dalam peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Menurutnya, ini menjadi hari bersejarah bagi perjalanan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menyisipkan pesan penting dalam peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Menurutnya, ini menjadi hari bersejarah bagi perjalanan Indonesia.

"Dirgahayu ke-79 Republik Indonesia!," tulis Erick dalam di Instagram @erickthohir, membuka unggahannya.

Dia menyampaikan, 17 Agustus menjadi satu hari penting untuk diperingati. Utamanya dalam mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu.

Tal berhenti disitu, momen peringatan kemerdekaan Indonesia menjadi penting untuk kedepannya.

"Hari bersejarah untuk negara yang kita cintai. Hari pengingat bagi kita untuk selalu mengenang jasa pahlawan sekaligus melajutkan perjuangan bangsa dengan selalu memberikan yang terbaik untuk Indonesia tercinta," tulisnya.

"Merdeka!," tutup Erick Thohir.

Diketahui, dalam unggahan tersebut, Erick menampilkan sebuah gambar dengan dominan warna merah. Pada latar depan, terlihat gambar berwajah Erick Thohir.

Sementara itu, pada latar belakang ada segerombolan orang sedang mengikuti lomba-lomba tradisional. Kemudian, paling belakang ada ikon Ibu Kota Nusantara (IKN). Mengingat lagi, upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia digelar perdana di IKN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenang Jasa Pahlawan

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir membagikan momen saat malam sebelum upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada sebuah tempat di Ibu Kota Nusantara (IKN) jadi tempat untuk merenungkan jasa pahlawan terdahulu.

Titik itu adalah Taman Kusuma Bangsa di IKN. Erick bilang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) untuk mengenang para pahlawan.

"Malam ini mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), Taman Kusuma Bangsa di IKN tepat tanggal 17 Agustus pukul 00:00 WITA," kata Erick, mengutip akun Instagram @erickthohir, Sabtu (17/8/2024).

"Ini pertama kali AKRS dilaksanakan di IKN untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk Indonesia," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Pejabat Negara Terbang ke IKN

Diketahui, sejumlah menteri dan pejabat negara sudah terbang ke IKN untuk ikut upacara kemerdekaan RI perdana di ibu kota baru tersebut. Erick membagikan spesialnya Taman Kusuma Bangsa itu.

Beberapa hal menariknya termasuk dua patung proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta. Keduanya nampak semacam dinaungi oleh bentangan patung sayap di sisi kanan dan kiri.

"Di Taman Kusuma Bangsa perjuangan panjang kemerdekaan Indonesia digambarkan dengan patung Proklamator Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta. Serta sayap burung garuda setinggi 17 meter, tiang bendera setinggi 79 meter dan api abadi sebagai simbol semangat juang yang tidak pernah padam," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.