Sukses

Gelar Upacara 17 Agustus di Tempat Tertinggi, Freeport Indonesia Pecahkan Rekor MURI

PT Freeport Indonesia (PTFI) telah memecahkan rekor pada momen HUT ke-79 Republik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Freeport Indonesia (PTFI) telah memecahkan rekor pada momen HUT ke-79 RI. Rekor tersebut berhasil dicatatkan setelah menggelar upacara 17 Agustus di elevasi tertinggi, tepatnya di Tembagapura, Papua.

Jumlah peserta yang terlibat dalam upacara HUT ke-79 RI tersebut bahkan diikuti oleh 1.000 peserta. Secara bersamaan pula PTFI menggelar upacara di berbagai titik operasional perusahaan.

"Upacara ini meraih Rekor MURI untuk Upacara HUT RI di lokasi dengan Elevasi Tertinggi," tulis keterangan yang diterima Liputan6.com, Sabtu (17/8/2024).

Bagi PT Freeport Indonesia, ini menjadi upacara yang ke-51 sejak pertama diselenggarakan pada tahun 1973 di Tembagapura. Upacara di PTFI dilaksanakan di 4 lokasi, 3 provinsi secara serentak yaknk, Papua, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Upcara di Tembagapura dipimpin langsung oleh Direktur Utama PTFI, Tony Wenas. Pada upacara HUT ke-79 RI di elevasi tertinggi ini turut dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan service award, tarian kolosal, hingga hiburan musik. Tony Wenas memberikan penghargaan kepada 47 karyawan PTFI yang telah memberikan kontribusi selama 25 tahun, 30 tahun dan 35 tahun masa kerja.

Upacara Pengibaran Bendera

Upacara Pengibaran Bendera ditutup dengan penampilan spesial Tarian Nusantara yang dipersembahkan oleh 140 karyawan dan karyawati PTFI mewakili berbagai Divisi dan Paguyuban Kedaerahan yang ada di PTFI. Tarian Nusantara menjadi gambaran Kota Tembagapura yang merepresentasikan Indonesia dengan menampilkan Tarian daerah mulai dari Sabang sampai Merauke.

"Semarak pesta kemerdekaan RI sudah berlangsung sejak pertengahan tahun ini ditandai dengan diselenggarakannya berbagai perlombaan dan kompetisi antar divisi dan antar karyawan. Diantaranya ada Olimpiade Tembagapura dan Freeport Got Talent," seperti dikutip.

Olimpiade Tembagapura merupakan kompetisi antar Divisi yang ada di PTFI dengan melibatkan perwakilan-perwakilan karyawan bertanding dalam 18 cabang olahraga. Sedangkan Freeport Got Talent merupakan kompetisi antar karyawan yang ada di Freeport Indonesia untuk menunjukkan bakat unik yang dimiliki karyawan, diantaranya: Menyanyi, Dance, Stand-up comedy, Magician, Penampilan Band, Bela Diri, dan masih banyak lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lambangkan Integrasi Hulu-Hilir

Upacara di area PT Freeport Indonesia (PTFI) Tembagapura (8.45 WIT) dilakukan secara bersamaan dengan upacara Smelter Gresik (6.45 WIB).

Hal ini menggambarkan saat ini PTFI sudah beroperasi secara terintegrasi dari hulu (proses penambangan dan pengolahan) di Tembagapura hingga hilir (proses pemurnian) di Smelter Gresik, Jawa Timur.

Secara bersamaan upacara juga berlangsung di Alun-alun Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah, dan Kantor PTFI di Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Upacara 17 Agustus di Wilayah Lain

Upacara di kawasan PTFI di Gresik melibatkan 300 karyawan. Karyawan PTFI beserta kontraktor di Smelter, KEK, Gresik mengikuti upacara melalui live stream dengan Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Kemudian, upacara di kawasan Kuala Kencana. Peserta upacara perwakilan dari seluruh divisi di PT Freeport Indonesia area dataran rendah, terdiri dari pegawai PT Freeport Indonesia dan kontraktor sebanyak 400 peserta.

Selanjutnya, upacara HUT ke-79 RI di Jakarta yang melibatkan 300 orang pekerja. Rangkaian kegiatan upacara mencakup penyerahan Service Award (penghargaan masa kerja kepada karyawan), permainan tradisional, hiburan musik. Karyawan melakukan performing act/yel-yel dengan tema nusantara dan selama upacara akan menggunakan baju daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.